fbpx
BerandaKesehatan LainnyaObat Ampuh Penurun Panas pada Anak

Ditinjau oleh: dr. Irma Lidia

Anak kecil yang berusia di bawah 11 tahun, umumnya masih rentan terserang penyakit, yang kadang ditandai dengan demam atau panas tubuh yang berada di atas suhu yang normal. Hal tersebut banyak membuat para ibu khawatir, sehingga pemberian obat pun dilakukan. Namun perlu diketahui, bahwa obat panas untuk anak tidak boleh sembarangan diberikan.

Hal itu karena nantinya dikhawatirkan dapat memberikan efek samping pada anak. Maka perlu berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter terkait dengan gejala panas yang diderita pada anak, atau dapat juga mengetahui informasi seputar obat efektif yang dapat menurunkan panas pada anak pada artikel mengenai kesehatan.

Penyebab Panas Tinggi

Pada saat suhu tubuh anak berada di atas suhu normal yakni 37,5 derajat Celcius, hal tersebut menjadi penanda bahwa ada yang tidak beres pada kondisi kesehatan anak. Orang tua pun perlu mengetahui apa yang menjadi penyebab suhu tubuh anak menjadi tinggi, sehingga mengakibatkan panas pada tubuh atau demam.

Adapun, yang menjadi penyebab dari demam tersebut cukup beragam. Berikut beberapa penyebab dari demam yang terjadi pada anak.

  •         Influenza
  •         Roseola, yang merupakan infeksi ringan yang disebabkan oleh adanya virus herpes yang menyerang tubuh  khususnya pada anak balita
  •         Peradangan pada kelenjar amandel di rongga mulut
  •         Infeksi pada telinga
  •         ISPA atau infeksi saluran pernapasan akut
  •         Infeksi pada saluran kemih

Obat Penurun Panas

Ketika didapati anak terkena demam yang mengakibatkan suhu tubuh meningkat, orang tua dapat memberikan obat panas untuk anak yang aman untuk menurunkan panas, seperti:

  •         Ibuprofen

Ibuprofen merupakan salah satu obat yang bekerja secara efektif untuk menghambat zat alami yang berada pada tubuh yang menjadi pemicu peradangan. Namun, orang tua perlu memperhatikan pada pemberian obat yang sebaiknya tidak dilakukan pada anak yang usianya masih berada di bawah 6 bulan tanpa adanya rekomendasi dari dokter.

Adapun dosis konsumsi obat ibuprofen bagi anak pada saat demam yakni usia 6 bulan – 12 tahun dosisnya 5-10 mg/kg breat badan yang diminum 6-8 jam per hari sesuai kondisi dari anak. Perlu diketahui bahwa pemberian obat yang mengandung aspirin tidak diperkenankan, karena hal tersebut dapat memicu timbulnya sindrom Reye pada anak yang akibatnya cukup serius.

Salah satu obat bebas yang mengandung Ibuprofen dan dapat dikonsumsi adalah Proris Suspensi 60ml (Rp 34.700). Proris suspensi mengandung Ibuprofen 100mg yang efektif bekerja sebagai analgesik, antipiretik, dan anti-inflamasi. Proris dapat diberikan untuk anak-anak di atas usia 1 tahun dengan rasa jeruk yang enak. 

  •         Paracetamol

Obat ini bekerja untuk mengurangi rasa sakit yang mana penggunaannya juga dapat dilakukan untuk menurunkan panas anak ketika demam. Obat ini sendiri dapat tersedia pada bentuk sirup maupun tablet yang diminum sesuai dengan dosis yang telah ditentukan.

Adapun dosis pemberian obat paracetamol ini dapat dibagi menjadi 3 kategori, di antaranya:

  •         Bayi dosisnya yakni 10-15 mg/kg berat badan setiap 6 jam, di mana konsumsi maksimal dalam seharinya yakni 90 mg. Orang tua wajib terlebih dahulu untuk berkonsultasi pada dokter yang terkait.
  •         Balita hingga anak usia 12 tahun dosisnya 10-15 mg/kg berat badan setiap 4-6 jam ketika diperlukan. Dosis maksimal dalam seharinya yakni 75 mg per hari dan tidak lebih dari 375 mg per hari.
  •         Anak berusia di atas 12 tahun dosisnya 325-650 mg setiap 4-6 jam atau dapat juga sebesar 1000 mg sebanyak 3-4 kali dalam sehari. Adapun dosis hariannya tidak melebihi 4000 mg.

Demikian tadi informasi seputar penyebab dan juga obat panas untuk anak yang dapat diberikan untuk membantu menurunkan demam pada anak. Daya tahan tubuh yang baik juga diperlukan untuk bantu turunkan panas anak. Coba konsumsi vitamin peningkat daya tahan tubuh seperti Blackmores Koala Kids Body Shield – Daya Tahan Tubuh Anak (Rp185.682) yang dapat diperoleh melalui Jovee.

Selalu pastikan untuk akses Jovee untuk kebutuhan multivitamin terbaik. Temukan informasi kesehatan terpercaya lainnya hanya di Jovee. Download aplikasinya juga untuk mendapatkan suplemen dan vitamin personal dalam kemasan praktis. Kamu juga bisa mengetahui vitamin terbaik lewat konsultasi gratis dengan nutrisionis Jovee. 

 

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

Obat Efektif Meringankan Maag Untuk Anak

Kesehatan Lainnya   26/11/2021

Ketahui Fakta Apakah Bronkitis Menular atau Tidak?

Kesehatan Lainnya   16/11/2021
Penyebab_Impotensi

Hindari Penyebab Impotensi Di Usia Muda

Kesehatan Lainnya   07/10/2021
Lutut_Bengkak

Apa Penyebab Lutut Bengkak?

Kesehatan Lainnya   06/10/2021
Cara mengatasi mata bintitan

Cara Cepat Atasi Mata Bintitan

Kesehatan Lainnya   01/10/2021