fbpx
BerandaMakanan SehatObat Herbal untuk Meredakan Asam Urat, Memangnya Ada?

Asam urat ialah peradangan pada persendian, biasanya di tangan dan kaki. Kondisi ini terjadi karena kadar asam urat dalam darah terlampau tinggi. Hal tersebut menyebabkan penumpukan kristal monosodium urat (MSU) di sendi. Penumpukan kristal itulah yang menyebabkan munculnya gejala penyakit gout—yang lebih dikenal dengan asam urat, yaitu radang serta nyeri sendi. Umumnya, kondisi ini bisa diatasi dengan obat dari dokter. Tetapi, banyak orang yang memanfaatkan obat herbal untuk meringankan gejala asam urat. Lantas, apa saja tanaman herbal tersebut?

obat-herbal-asam-urat

Obat asam urat yang biasa diresepkan dokter

Penyakit gout, alias asam urat, memang tidak bisa disembuhkan secara total. Namun, kondisi ini sangat bisa dikendalikan, asalkan dengan penanganan yang tepat. Biasanya, dokter akan meresepkan beberapa obat yang bisa membantu mengatasi asam urat.

Jenis obat-obatan yang diberikan untuk meredakan gejala serta mencegah kambuhnya serangan adalah colchicine dan obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS). Sedangkan, untuk menurunkan kadar asam urat yang tinggi, dokter akan memberikan allopurinol, rasburicase, dan probenecid.

Obat herbal asam urat yang bisa Anda dapatkan di dapur

Sejak dulu, tanaman herbal tradisional seringkali dijadikan solusi untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan, termasuk asam urat. Meski begitu, penelitian yang ada masih menunjukkan hasil yang berbeda-beda terkait efektivitas obat herbal terhadap gejala asam urat.

Kendati demikian, di bawah ini ada beberapa contoh obat herbal yang, berdasarkan penelitian, dapat dikonsumsi untuk membantu mengatasi asam urat, meliputi:

1. Kopi

Dilansir dari laman Mayo Clinic, konsumsi kopi—yang tidak berlebihan—dipercaya dapat mengurangi risiko asam urat. Kandungan mineral dan polifenol-nya dikatakan mampu menurunkan kadar asam urat dalam darah dengan meningkatkan pembuangannya lewat urin.

Untuk Anda yang memiliki masalah kesehatan tertentu, misalnya maag dan asam lambung, sebaiknya mencari alternatif tanaman herbal lain.

Sayangnya, efektivitas kopi dalam mengatasi gejala asam urat masih harus diteliti lebih lanjut. Seperti yang dikemukakan sebuah penelitian meta-analisis tahun 2016, hingga kini belum ada cukup bukti yang menghubungkan konsumsi kopi dan penurunan kadar asam urat.

2. Jahe

Bukan cuma menyedapkan masakan, rempah satu ini juga memiliki banyak khasiat untuk kesehatan, termasuk mengatasi asam urat. Senyawa aktif yang terkandung di dalamnya, terutama gingerol dan shogaol, mampu meredakan gejalanya.

Bahkan, menurut satu studi, efek antiinflamasi yang dimiliki jahe lebih baik daripada obat anti-inflamasi nonsteroid (NSAID) seperti paracetamol atau ibuprofen. Obat NSAID hanya dapat menghambat pembentukan senyawa peradangan prostaglandin dan leukotrien. Sementara jahe diyakini mampu menghalangi pembentukan senyawa tersebut sekaligus mengurangi radang serta kadar asam di cairan sendi.

Cobalah minum air rebusan jahe sebanyak 2 – 3 gelas per hari untuk meredakan rasa nyeri, pembengkakan, serta kekakuan pada sendi.

3. Kunyit

Berkat kandungan curcumin yang bersifat antiinflamasi, kunyit ikut dimanfaatkan sebagai obat asam urat alami. Senyawa ini disebut-sebut dapat meredakan peradangan dengan menekan protein yang disebut faktor nuklir-kappa B (NF-kappa B).

Hal yang sama juga disebutkan dalam Open Journal of Rheumatology and Autoimmune Diseases. Zat fexofytol yang didapat setelah memurnikan ekstrak curcumin, terbukti efektif memblokir NF-kappa B.

Untuk mencegah timbulnya efek samping, konsultasikan dengan dokter atau nutrisionis Anda sebelum mengonsumsi kunyit.

Selain dalam bentuk alaminya, Anda juga bisa mengonsumsi suplemen kunyit guna mengurangi gejala asam urat. Salah satu suplemen tersebut adalah Sido Muncul Sari Kunyit. Ekstrak kunyit di dalamnya membantu pengeluaran toksin dalam tubuh, termasuk asam urat.

Kandungan antioksidan-nya pun dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas serta menjaga kesehatan pencernaan Anda. Anda bisa mendapatkan Sidomuncul Sari Kunyit (Tumeric) (Rp68.000) di Jovee.

4. Cuka apel

Cuka apel yang asam justru diduga dapat membantu mengurangi rasa nyeri akibat peradangan sendi pada asam urat. Temuan Aya Kanbara dan rekan-rekannya menunjukkan bahwa cuka apel dapat meningkatkan kebasaan tubuh yang memengaruhi kadar pH urin.

Perubahan kadar pH urin yang kini jadi lebih basa, diyakini efektif untuk membuang kelebihan asam urat dari dalam tubuh.

Cara alami lain untuk mengatasi gejala asam urat

Selain mengonsumsi bahan-bahan di atas, sejumlah cara berikut ini juga dapat membantu untuk mengatasi gejala asam urat.

1. Banyak minum air putih

Tubuh membutuhkan cairan untuk bisa melakukan fungsi serta kerjanya dengan baik. Hampir seluruh tubuh manusia terdiri dari cairan.

Apabila Anda memiliki kondisi asam urat, pastikan kebutuhan cairan Anda selalu tercukupi. Pasalnya, air putih berguna untuk membantu mengurangi penumpukan asam urat di dalam tubuh. Dengan banyak minum air, urin yang dikeluarkan tubuh lebih banyak sehingga kadar asam urat yang terbuang juga banyak.

2. Perbanyak konsumsi vitamin C

Menurut sejumlah penelitian, mengonsumsi makanan dan minuman kaya vitamin C bisa membantu menurunkan kadar asam urat dalam darah. Vitamin C akan meningkatkan kerja ginjal untuk membuang asam urat melalui urin.

Sumber vitamin C bisa didapatkan dari jambu biji, jeruk, kiwi, mangga, pepaya, nanas, semangka, bayam, kembang kol, brokoli, kentang, tomat, serta paprika. Anda juga bisa mengonsumsi vitamin C dalam bentuk suplemen.

Kesimpulannya, untuk mengatasi dan meredakan gejala asam urat, Anda bisa memanfaatkan beberapa obat herbal disamping obat dari dokter. Akan tetapi, Anda perlu ingat bahwa tidak semua tanaman herbal ini aman untuk dikonsumsi. Maka dari itu, selalu konsultasikan ke dokter sebelum menggunakan bahan-bahan herbal ini.

Agar pengobatan asam urat lebih efektif, Anda juga dianjurkan untuk menerapkan gaya hidup sehat, termasuk menghindari makanan tinggi purin, rajin olahraga, serta menjaga berat badan ideal. Beberapa makanan tinggi purin, yakni kangkung, bayam, sayur berdaun hijau tua, jeroan, makanan berpengawet, soda, dan alkohol. Anda juga dapat mengonsumsi suplemen untuk asam urat seperti Blackmores Celery 30 Kapsul (Rp162.000) yang mengandung minyak biji seledri, flavonoid, senyawa limonene, dan selinene.

Ingin mengetahui informasi kesehatan terpercaya? Simak selengkapnya di Jovee. Untuk mendapatkan suplemen dan vitamin spesial buat anda, unduh aplikasi Jovee. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

Pilihan Rekomendasi Vitamin untuk Ibu Menyusui

Vitamin & Suplemen   27/02/2023
vitamin-untuk-paru-paru

4 Vitamin untuk Memelihara Kesehatan Paru-paru

Vitamin & Suplemen   28/11/2022
buah-jujube-adalah

Buah Jujube, Buah Merah Kaya Manfaat untuk Kesehatan

Makanan Sehat   17/11/2022
manfaat-sirih-cina

6 Manfaat Sirih Cina untuk Kesehatan

Makanan Sehat   15/11/2022
contoh-makanan-vegetarian

7 Contoh Makanan Vegetarian untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Makanan Sehat   04/10/2022