Omega 3

Thriple Threat

Apa itu Omega 3?

Omega-3 adalah salah satu asam lemak esensial yang dibutuhkan tubuh dan berperan penting dalam perkembangan janin, fungsi otak, kesehatan jantung, serta sistem kekebalan tubuh.

Ada 3 jenis omega 3 utama, yakni asam alpha-linolenic (ALA), asam eicosapentaenoic (EPA), dan asam docosahexaenoic (DHA). ALA banyak ditemukan di produk nabati, seperti minyak sayur, kacang-kacangan, biji-bijian, dan sejumlah sayuran. Namun ALA harus diubah menjadi bentuk aktifnya terlebih dahulu, yaitu DHA dan EPA, agar dapat menjalankan fungsinya.

Manfaat Omega 3

Omega 3 berfungsi menjaga struktur dan fungsi sel, karena sel juga terbentuk dari lipid yang didapat dari asam lemak ini. Omega 3 berperan dalam memelihara sel otak, sel tubuh, dan sel saraf, sehingga fungsinya dapat terjaga dan menjadi lebih optimal, terutama pada anak.

Sedangkan pada usia dewasa dan lansia, omega 3 dikenal dengan kemampuannya menurunkan tekanan darah serta mengontrol kadar trigliserida dalam darah sehingga mampu mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke. Asam lemak ini juga berperan dalam memperlambat pembentukan plak pada pembuluh darah arteri.

Manfaat lain dari omega 3 adalah mengurangi nyeri menstruasi, meredakan peradangan sendi, melindungi dari risiko osteoporosis, hingga membantu mengurangi kecemasan dan stres.


Dimana kamu dapat menemukan Omega 3?

Asam lemak ini karena tidak dapat diproduksi dalam tubuh dan hanya bisa diperoleh dari makanan. Sumber omega 3 terbanyak terdapat pada ikan berlemak, termasuk salmon, makarel, tuna, rumput laut, dan udang.

Kedua jenis asam lemak ini juga bisa dijumpai dalam minyak zaitun dan sejumlah sayuran berdaun hijau. Produk makanan olahan yang telah ditambahkan minyak rumput laut pun bisa menjadi sumber DHA yang baik. Omega 3 juga bisa ditemukan dalam bentuk susu, jus, roti, telur, dan minyak yang difortifikasi, serta suplemen seperti minyak ikan.

Defisiensi Omega 3?

Kekurangan omega 3 dalam tubuh berisiko terhadap obesitas dan kerusakan jantung. Selain itu, defisiensi asam lemak ini dapat menyebabkan rambut rontok, kelelahan, penurunan fungsi kognitif, kulit menjadi kasar, bersisik dan merah, bengkak, serta gatal. Konsumsi omega 3 yang disarankan ialah 1,5-3 gram bagi orang dewasa, dan 0,5-1,5 gram untuk anak.

Efek Samping dan Overdosis Omega 3

Konsumsi omega 3 sehari-hari dengan suplemen omega 3 yang sesuai biasanya tidak memberi efek samping dan overdosis. Konsumsi suplemen omega 3 berlebihan sebanyak 6 butir sehari bisa menimbulkan efek samping pada beberapa orang, misalnya sakit perut, diare, dan kembung. Efek ini akan bertambah parah jika dosis omega 3 yang dikonsumsi makin tinggi. Konsumsi omega 3 disertai dengan konsumsi omega 6 dan vitamin E yang berlebihan juga dapat meningkatkan risiko perdarahan.

Reaksi alergi yang bisa muncul dari konsumsi omega 3 diantaranya adalah ruam pada kulit, tenggorokan gatal dan bengkak, pusing, serta kesulitan bernapas.

Kebutuhan omega 3 bisa didapat dari makanan dan suplemen. Tetapi sebelum mengonsumsi omega 3, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter Anda. Jovee bisa membantu merekomendasikan suplemen sesuai kebutuhan Anda. Tim dokter dan nutrisionis akan menyarankan suplemen berdasarkan keluhan penyakit, riwayat kesehatan, dan gaya hidup Anda setiap harinya.

Untuk memenuhi kebutuhan vitamin harianmu, anda juga bisa mengunduh aplikasi Jovee. Jovee adalah aplikasi yang dapat merekomendasikan suplemen sesuai dengan kebutuhan personal. Aplikasi Jovee tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Tersedia di Jovee shop

Good Heart Forte – CoQ10 dan Omega 3 untuk Kesehatan Jantung (Paket 30 Hari)

Focus Basic - Huperizine & Magnesium untuk meningkatkan fokus

Liver Help – Omega, Mulltivitamin & Mineral Menjaga kesehatan hati (Paket 30 Hari)

Liver Help - Omega, Mulltivitamin & Mineral Menjaga kesehatan hati

Joint Care – Omega 3 & Glucosamine menjaga kesehatan persendian dan asam urat (Paket 30 Hari)

Joint Care - Omega 3 & Glucosin menjaga kesehatan dan bantalan sendi

Ingin rekomendasi khusus atau cari suplemen lain?

Beli di Aplikasi Jovee

Aplikasi Jovee berbasis data science.
Cukup jawab beberapa pertanyaan, dan Jovee akan merekomendasikan beberapa paket sesuai kebutuhan dan gaya hidup Anda

Belanja di Jovee Shop

Jovee Shop menawarkan paket suplemen dalam bentuk sachet untuk konsumsi 30 hari atau 7 hari. Suplemen dari Jovee adalah suplemen terbaik, asli dan berlisensi dari partner domestik dan internasional

Solusi Nyeri Sendi Kamu

Diskon 10% Joint Care
Berlaku dari 15 Juli - 15 Agustus 2020
Kode promo: joveepop10

Gunakan kode promo sekarang

You have Successfully Subscribed!