fbpx
BerandaSeks & AsmaraPasutri, Ini Cara Memilih Pelumas Seks yang Baik

Pelumas seks biasanya digunakan pada vagina yang kering saat berhubungan intim. Meski begitu, banyak juga lho pasangan yang gunakan pelumas untuk meningkatkan kenyamanan dan gairah saat bercinta. Tersedia berbagai macam jenis dan merek, berikut ini cara memilih pelumas seks yang baik. Yuk, simak selengkapnya sampai akhir!

cara-memilih-pelumas-seks-terbaik

Apa itu pelumas seks?

Normalnya, vagina mengeluarkan cairan pelumas alami saat terangsang. Hanya saja beberapa kondisi seperti menopause membuat produksi pelumas alami ini menurun. Akibatnya, vagina jadi lebih kering sehingga menimbulkan rasa sakit dan tidak nyaman saat berhubungan seks.

Pelumas seks adalah cairan gel pelicin yang digunakan untuk mempermudah penetrasi. Sehingga, rasa sakit saat penetrasi dapat berkurang. Selain sebagai pelumas vagina, pelumas seks juga bisa digunakan pada sex toys.

Pelumas seks dapat digunakan oleh siapa saja, bahkan jika kamu tidak mengalami vagina kering sekalipun. Menggunakan pelumas seks dapat meningkatkan rasa nyaman, dengan mengurangi rasa tidak nyaman saat berhubungan seks.

Jenis pelumas seks

Pelumas seks dibedakan berdasarkan bahan dasar yang digunakan. Cara memilih pelumas seks terbaik dapat dimulai dari memilih bahan pelumas yang cocok.

Bahan dasar air

Pelumas seks berbahan dasar air merupakan pelumas yang paling banyak digunakan dan dijual di pasaran. Punya harga yang terjangkau, jenis ini juga aman digunakan pada kondom.

Bahan dasar silikon

Tidak berbau, licin, dan punya tekstur halus. Pelumas berbahan dasar silikon bisa jadi pilihan yang tepat untukmu. Tak hanya itu, pelumas tipe ini biasanya lebih tahan lama, sehingga tidak perlu diaplikasikan berulang-ulang.

Bahan dasar minyak

Pelumas jenis ini terbagi menjadi dua tipe, yakni berbahan dasar minyak alami dan sintetis. Selain sebagai pelumas penetrasi, pelumas jenis ini juga bisa digunakan untuk memijat. Sayangnya, pelumas berbahan dasar minyak tidak cocok digunakan pada kondom karena dapat merusak bahan latex.

Cara memilih pelumas seks yang baik

Banyaknya merek dan jenis pelumas seks di pasaran mungkin membuat kamu bingung untuk memilih. Terlebih lagi jika kamu belum pernah menggunakan pelumas seks sebelumnya. Berikut ini sejumlah cara memilih pelumas seks terbaik yang bisa kamu pertimbangkan sebelum membeli.

1. Ketahui jenis dan fungsi pelumas

Setiap pelumas seks memiliki jenis dan fungsi yang beragam. Jika kamu gunakan kondom, lebih baik gunakan pelumas berbahan dasar air. Hindari pelumas berbahan dasar minyak karena dapat merusak lapisan kondom.

Selain itu, ada juga pelumas yang mengandung bahan tertentu untuk meningkatkan gairah seks. Misalnya, pelumas yang mengandung asam amino L-arginine. Kebutuhan setiap vagina juga berbeda-beda. Maka dari itu, pastikan untuk mengetahui fungsi, jenis, dan kandungan dari pelumas seks yang akan dibeli.

2. Perhatikan kandungan pH pada pelumas

Vagina memiliki pH asam, yang berfungsi untuk ‘membersihkan’ vagina sekaligus mencegah infeksi. Pelumas dengan pH yang lebih tinggi atau lebih rendah dari pH alami vagina bisa memicu infeksi. Sehingga, pastikan kandungan pH pelumas yang dibeli aman untuk melindungi pertumbuhan bakteri baik vagina.

Jika kamu memiliki vagina yang sangat kering, sebaiknya hindari pelumas dengan kandungan gliserin. Kandungan gliserin membuat vagina kering lebih berisiko infeksi, dan juga lebih cepat kering. Lebih baik gunakan pelumas seks berbahan dasar silikon karena dapat melembabkan dan lebih tahan lama.

3. Lihat tanggal kedaluwarsa

cara-memilih-pelumas-seks-terbaik

Sebelum membeli produk apa pun, perhatikan dengan baik kapan tanggal kedaluwarsa yang berlaku. Jangan sampai kamu membeli pelumas seks yang telah kedaluwarsa. Selain bisa menyebabkan infeksi, pelumas yang telah kedaluwarsa juga bisa membahayakan kesehatan organ intim. Pilihlah pelumas yang telah memiliki standar SNI dan telah mendapatkan izin edar dari Kementrian Kesehatan RI.

4. Hindari pelumas yang mengandung pewangi

Kandungan pewangi dalam pelumas seks bisa menjadi alergen yang memicu gatal dan bengkak. Terlebih lagi jika kamu memiliki vagina yang kering, dimana vagina lebih rentan terkena infeksi dan iritasi.

Baca juga: Cara Pakai Lubricant untuk Vagina Kering

5. Sesuaikan harga

cara-memilih-pelumas-seks-terbaik

Pelumas seks yang bagus tidak harus mahal lho, Jovians. Tersedia banyak merek dan jenis pelumas seks dengan berbagai macam harga di pasaran. Bagi pemula, kamu bisa memilih pelumas seks berbahan dasar air. Selain punya harga yang terjangkau, pelumas jenis ini juga lebih banyak dan mudah ditemukan.

Itulah cara memilih pelumas seks terbaik untuk kebutuhan kamu. Jika ragu mengenai pelumas jenis apa yang cocok untukmu, kamu bisa lakukan konsultasi pada tenaga kesehatan. Perlu diperhatikan, menggunakan pelumas seks bisa saja menimbulkan efek samping tertentu. Jika alami hal ini, segera hentikan penggunaan dan periksakan diri ke dokter, ya.

Simak informasi mengenai kesehatan organ intim lainnya hanya di Jovee, pusat vitamin harian personalmu. Follow juga media sosial Jovee, @jovee.id di Instagram dan Tiktok untuk dapatkan promo menarik dan informasi kesehatan lainnya.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

infeksi-jamur-pada-kelamin-wanita

Hati-hati, Kenali Gejala Infeksi Jamur pada Kelamin Wanita

Seks & Asmara   15/12/2022
membersarkan-mr-p

Apakah Membesarkan Mr P Bisa Secara Medis?

Seks & Asmara   02/12/2022
pasangan-manipulatif-adalah

6 Ciri-ciri Pasangan Manipulatif & Cara Menghadapinya

Seks & Asmara   24/11/2022
berhubungan-intim

Berhubungan Intim Berapa Kali yang Ideal dalam Seminggu?

Seks & Asmara   15/09/2022
pentingnya-kesehatan-seksual

Mengapa Pengetahuan Kesehatan Seksual Sangat Penting?

Seks & Asmara   03/09/2022