fbpx

Pentingnya manfaat Elektrolit Chloride bagi Tubuh

by | May 27, 2020 | Vitamin | 0 comments

Ditinjau oleh: Kelvin Halim, S. Gz.

Chloride atau sering disebut sebagai klorida merupakan salah satu elektrolit yang dibutuhkan oleh tubuh. Elektrolit klorida ini diperoleh dalam bentuk senyawa Magnesium klorida atau Natrium klorida. Kedua bentuk senyawa klorida ini adalah garam yang larut dalam air dan memiliki rasa antara asin dan pahit. 

Peranan magnesium klorida bagi tubuh adalah mengembalikan keseimbangan antara natrium dan kalium, serta manfaat kesehatan lainnya. Namun, masih ada beberapa kontradiksi yang harus Anda ketahui untuk mengantisipasi timbulnya efek samping. Simak beberapa informasi kesehatan terkait peran elektrolit klorida.

Manfaat Magnesium Klorida bagi Tubuh

Sesuai namanya, senyawa magnesium klorida ini tersusun atas dua elektrolit yaitu magnesium dan klorida. Tentu saja, kedua elektrolit ini bermanfaat bagi tubuh. Perlu Anda tahu, sebagian besar Magnesium yang ada dalam tubuh manusia, hampir 60 persen ada di tulang dan 26 persen lainnya berada di otot. Sedangkan sisa magnesium lainnya ditemukan di jaringan lunak dan cairan tubuh.

Salah satu peran magnesium itu sendiri adalah menyingkirkan kalsium yang terakumulasi di beberapa titik tubuh dan mengumpulkannya di tulang, dimana tempat dibutuhkannya kalsium. Manfaat magnesium lainnya adalah memperkuat tulang dan sendi dengan adanya kalsium yang dikumpulkannya. Senyawa ini juga dikatakan efektif untuk mengatasi sklerosis atau radang otak. Lebih lanjut, magnesium mampu memurnikan darah dan mencegah terjadinya luka. Manfaat magnesium lain yaitu mengembalikan fungsi organ vital, mengaktifkan ginjal, dan membantu menghilangkan asam urat.

Magnesium juga mampu mengembalikan fokus, memperbaiki ketidakseimbangan mineral dalam tubuh, hingga meminimalisir ketegangan otot. Ketika usia sudah mencapai 40 tahun, magnesium ini menjadi salah satu mineral yang sangat penting. Pasalnya, tubuh akan kurang mampu menyerap nutrisi dari makanan sehingga kekurangan nutrisi akan berakibat timbulnya beberapa penyakit. Apalagi magnesium ini terkonsentrasi di hati, jantung, otak, dan ginjal sehingga kekurangan mineral ini akan menyebabkan berbagai penyakit. Sementara, magnesium berfungsi menangkal beberapa penyakit.

Contoh penyakit yang bisa dicegah karena senyawa magnesium klorida adalah kanker kolorektal, diabetes, kardiovaskular, artritis, masalah prostat, dan gangguan pencernaan. Bahkan, senyawa ini juga mampu memperbaiki penyakit seperti Alzheimer, asma, aritmia, hipertensi, depresi, dan kelelahan.

Manfaat Elektrolit Klorida bagi Tubuh

Elektrolit adalah komponen yang bermuatan positif atau negatif ketika larut dalam cairan tubuh. Inilah yang membuat komponen tersebut memiliki aliran listrik dan bergerak berdasarkan muatan dan sinyal di dalam tubuh. Muatan-muatan memiliki fungsi penting untuk membuat Anda tetap hidup, seperti aktivitas otak, saraf, dan pembuatan jaringan baru dalam tubuh. Klorida adalah salah satu elektrolit yang bermuatan negatif ketika larut dengan cairan tubuh. Tidak hanya klorida, masih ada lagi elektrolit lain dengan fungsinya masing-masing.

Fungsi Klorida (Cl-)

Elektrolit klorida ini berperan penting dalam sistem pencernaan serta membantu menyeimbangkan keasaman dan kebasaan tubuh, sehingga pH tetap normal. Selain itu, klorida  juga membantu menyeimbangkan elektrolit dalam tubuh.

Sodium (Na+)

Elektrolit natrium ini bermuatan positif apabila bercampur dengan cairan dalam tubuh. Fungsi ion natrium dalam tubuh berguna untuk membantu mengontrol cairan yang berpengaruh terhadap tekanan darah, membantu fungsi otot dan saraf, serta membantu menyeimbangkan elektrolit dalam tubuh.

Kalium (K+)

Ada banyak manfaat yang diperoleh dari ion bermuatan positif kalium, diantaranya membantu fungsi jantung dan tekanan darah, menyeimbangkan elektrolit tubuh, mengirim impuls saraf, kesehatan tulang, dan penting untuk kontraksi otot.

Selain itu, masih ada lagi elektrolit penting lainnya dalam tubuh yang harus dijaga keseimbangannya. Lalu, apa jadinya jika kadar elektrolit dalam tubuh tidak seimbang? Perlu diketahui, cairan dalam tubuh ini tidak hanya terdapat dalam sel, melainkan berada di luar sel. Kedua cairan baik dalam sel maupun di luar sel harus dijaga keseimbangannya supaya tetap konsisten. Rata-rata, dari 60 persen total cairan dalam tubuh, 40 persen berada di dalam sel, dan 20 persen lainnya berada di luar sel. Keseluruhan elektrolit ini membantu tubuh untuk mempertahankan jumlah cairan tersebut dan mengontrol supaya tetap seimbang.

Sedangkan, perubahan kadar elektrolit dalam tubuh adalah hal yang wajar terjadi. Namun, ada juga beberapa hal yang menyebabkan elektrolit dalam tubuh tidak seimbang, bisa karena tubuh mengandung terlalu banyak elektrolit atau kekurangan elektrolit. Nah, apabila Anda mengalami ketidakseimabngan elektrolit, harus segera hubungi dokter supaya tidak membahayakan nyawa Anda. 

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Peran Molybdenum Bagi Kesehatan Tubuh
Pentingnya Manfaat Tembaga atau Copper untuk Kesehatan
Vitamin B12: Manfaat dan Sumber Vitamin
Selenium, Senyawa Baik untuk Kesehatan
Apa itu Ca Pantothenate? Ini Manfaat yang Perlu Diketahui
Yuk Kenalan Dengan Copper yang Berperan Besar untuk Tubuh
Kenali Efek Manganese Bagi Kesehatan Tubuh
Peran dan Fungsi Zinc Bagi Kesehatan Tubuh
Manfaat Vitamin E untuk Kesehatan Tubuh dan Dosisnya

Beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menjaga supaya elektrolit tetap seimbang adalah minum air putih lebih banyak dan mengonsumsi buah-buahan juga sayur-sayuran. Kedua makanan ini adalah sumber terbaik untuk menggantikan natrium dan kalium dalam tubuh. Anda juga bisa mendapatkan asupan mineral dan vitamin lengkap dari multivitamin.

Multivitamin ini baik untuk memelihara kesehatan tubuh dari berbagai penyakit, menjaga daya tahan tubuh, dan menjaga daya ingat. Jadi, sudahkah Anda mengontrol pola hidup sehat untuk mempertahankan elektrolit dalam tubuh yang seimbang?

Jadi, itulah manfaat elektrolit bagi tubuh. Semoga bermanfaat! Anda juga bisa personalisasikan kebutuhan vitamin dengan Jovee. Unduh aplikasi Jovee melalui Google Play Store maupun App Store sekarang.

Beli di Aplikasi Jovee

Aplikasi Jovee berbasis data science.
Cukup jawab beberapa pertanyaan, dan Jovee akan merekomendasikan beberapa paket sesuai kebutuhan dan gaya hidup Anda

Belanja di Jovee Shop

Jovee Shop menawarkan paket suplemen dalam bentuk sachet untuk konsumsi 30 hari atau 7 hari. Suplemen dari Jovee adalah suplemen terbaik, asli dan berlisensi dari partner domestik dan internasional