Pentingnya Manganese untuk Kesehatan Tubuh Manusia

by | May 15, 2020 | Vitamin | 0 comments

Ditinjau oleh: Kelvin Halim, S. Gz.

Dalam tubuh manusia terkumpul beberapa nutrisi yang masing-masing memiliki peran yang berbeda-beda. Selain itu, di setiap nutrisi dalam tubuh memiliki jumlah atau porsi yang berbeda-beda. Salah satu nutrisi yang penting untuk kesehatan yaitu manganese atau lebih dikenal dengan sebutan mangan. Mangan yang bidang medis disimbolkan dengan Mn ini merupakan suatu mineral yang penting untuk tubuh namun, sekaligus beracun pada tubuh. 

Bagaimana bisa? Mangan selain penting untuk tubuh apabila konsentrasinya terlalu tinggi justru akan menjadi racun berbahaya untuk kesehatan. Maka dari itu, porsi yang dibutuhkan pun harus benar-benar pas. Mangan ini sendiri sangat mudah sekali ditemukan lantaran terkandung di dalam makanan yang dikonsumsi sehari-hari seperti bayam, telur, minyak zaitun, kacang hijau, dan masih banyak lainnya. 

Manfaat untuk Kesehatan

Manganese ini nyatanya memiliki manfaat yang penting untuk kesehatan tubuh. Tak pelak kebutuhan akan mangan juga wajib terpenuhi meski dalam porsi yang lebih kecil. Untuk orang dewasa berdasarkan penelitian, membutuhkan mangan sekitar 15-20 mg tiap harinya. Karena porsi atau kadarnya yang sedikit tentu memudahkan Anda untuk memenuhinya. Apalagi banyak makanan yang mengandung mangan tersebut. Nah, berikut ini manfaat mangan untuk kesehatan. 

Baik untuk Kesehatan Tulang

Manfaat pertama mangan untuk kesehatan adalah baik untuk tulang. Mangan merupakan sejenis mineral yang sangat erat kaitannya dengan kepadatan. Tak heran jika mangan ini mineral yang efektif untuk membantu pertumbuhan tulang secara optimal. Dan ini juga merupakan kabar baik bagi Anda yang menopause karena sering mengalami sakit di bagian persendian tulang akibat keropos. 

Membantu Menangkal Radikal Bebas

Manfaat lain dari mangan ini adalah bisa bertindak sebagai antioksidan. Tubuh seringkali tak mampu menangkal serangan radikal bebas yang bisa merusak sel. Untuk itu tubuh pun memerlukan sebuah perlindungan. Salah satu caranya adalah dengan memenuhi asupan mangan di dalam tubuh. Dengan begitu tubuh pun tidak mudah terkena penyakit. 

Membantu Metabolisme Tubuh dan Energi

Manfaat utama lainnya dari mangan sendiri adalah membantu metabolisme dalam tubuh. Mangan merupakan salah satu zat yang berperan dalam metaloenzim, yakni enzim dalam tubuh yang menggunakan zat metal seperti mangan, tembaga, dan zinc. Enzim ini membantu dalam pembentukan energi dan pemecahan zat gizi makro seperti karbohidrat, protein, dan lemak.

Membantu dalam Pencernaan dan Penyerapan Vitamin

Tubuh memerlukan sistem metabolisme yang lancar sehingga proses penyerapan vitamin oleh tubuh bisa maksimal. Adanya mangan dalam tubuh sangatlah penting mengingat mangan memiliki peran dalam proses reaksi enzimatik yang mana berfungsi untuk menyerap vitamin untuk kemudian dimanfaatkan oleh tubuh. 

Selain itu, sistem pencernaan menjadi bagian tubuh yang sangat rawan mengalami gangguan. Tak pelak sistem pencernaan menjadi penting untuk dijaga kesehatannya. Karenanya konsumsi mangan menjadi penting agar proses pencernaan menjadi lebih lancar dan optimal sehingga nutrisi lain bisa terserap dengan baik. 

Menjaga Kesehatan Otak Otot, dan Saraf

Selain bermanfaat untuk mencegah tulang dari kekeroposan, manganese juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan otak, otot, hingga sistem saraf. Hal ini penting mengingat fatalnya akibat jika ketiga bagian tersebut mengalami gangguan. Dalam memainkan peran menjaga kesehatan mangan ini akan mengikat bersama dengan neurotransmitter serta merangsang adanya transmisi impuls listrik menjadi lebih cepat dan efisien. 

Mengurangi Gangguan Saat PMS

Menstruasi tiap bulannya merupakan kebiasaan yang wajar seorang wanita. Di saat PMS para wanita seringkali mengeluhkan beberapa gangguan seperti sakit kepala, sakit perut, perubahan mood yang mendadak, hingga meningkatnya emosi. 

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa kekurangan mineral dalam tubuh meski dalam jumlah sedikit sangat berpengaruh terhadap munculnya gangguan saat PMS. Maka dari itu, ada baiknya untuk mengonsumsi suplemen yang mengandung mangan saat PMS. 

Efek Samping Jika Kelebihan Manganese dalam Tubuh

Segala sesuatu harus dalam porsi pas tidak lebih atau kurang. Seperti halnya manganese ini harus terpenuhi dalam jumlah yang pas. Lantas apa yang terjadi jika tubuh kelebihan mangan? Berikut ini efek samping yang timbul tatkala tubuh kelebihan mangan. 

  1. Tidur menjadi terganggu

Efek samping pertama yang timbul jika tubuh kelebihan mangan adalah adanya gangguan saat tidur. Gangguan tidur ini sangat mirip dengan penderita parkinson. Maka upayakan untuk memenuhi kebutuhan mangan setiap harinya dengan kadar yang pas. 

  1. Dapat mengganggu kesehatan jantung dan menurunkan fungsi pembuluh darah

Kelebihan mangan ternyata sangatlah berbahaya untuk kesehatan lantaran bisa mengganggu kesehatan jantung bahkan bisa menurunkan fungsi pembuluh darah. Selain itu, kelebihan mangan juga berefek buruk pada munculnya hipotensi atau tekanan darah rendah akibat dari proses induksi. 

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Peran Molybdenum Bagi Kesehatan Tubuh
Pentingnya Manfaat Tembaga atau Copper untuk Kesehatan
Vitamin B12: Manfaat dan Sumber Vitamin
Selenium, Senyawa Baik untuk Kesehatan
Apa itu Ca Pantothenate? Ini Manfaat yang Perlu Diketahui
Yuk Kenalan Dengan Copper yang Berperan Besar untuk Tubuh
Kenali Efek Manganese Bagi Kesehatan Tubuh
Peran dan Fungsi Zinc Bagi Kesehatan Tubuh
Manfaat Vitamin E untuk Kesehatan Tubuh dan Dosisnya

  1. Bisa menyebabkan asma

Efek samping yang muncul selanjutnya adalah bisa berakibat munculnya asma. Meski belum banyak penelitian yang memastikan ini namun, sejauh ini terdapat satu kasus yang mengindikasikan bahwa terjadinya asma lantaran kelebihan mangan. 

Bagi Anda yang mungkin membutuhkan suplemen khususnya yang mengandung manganese maka membeli di Jovee adalah pilihan yang tepat. Pasalnya semua suplemen yang ada di Jovee terbukti aman untuk kesehatan dan telah mendapat ijin edar dari BPOM. Tak perlu khawatir karena sebelum membeli Anda diharuskan menjawab beberapa pertanyaan sehingga keluar hasil rekomendasi termasuk rekomendasi suplemen apa yang cocok untuk Anda. Pun juga berapa kadar yang seharusnya dikonsumsi. jadi tunggu apalagi segera downlod aplikasinya dan nikmati kelebihan membeli suplemen hanya di Jovee.