fbpx

Pentingnya Peran Vitamin C untuk Anak

by | Jul 17, 2020 | Vitamin & Suplemen | 0 comments

Vitamin C, atau asam askorbat, sudah lama dikenal memiliki segudang manfaat, diantaranya adalah membantu penyerapan mineral zat besi dari makanan dan kemampuannya melawan penyakit flu. Diketahui memiliki antioksidan tinggi dan kemampuannya memelihara serta meningkatkan kekebalan tubuh, vitamin C menjadi esensial untuk anak dalam masa perkembangannya. 

Kebutuhan vitamin C harian yang tercukupi akan membantu menjaga dan meningkatkan sistem pertahanan alami dalam tubuh anak. Apalagi di masa pandemi ini, penting bagi orang tua untuk memenuhi kebutuhan nutrisi vitamin C anak agar kesehatannya tetap terjaga.

 

Vitamin C sebagai antioksidan

Vitamin C bekerja sebagai zat antioksidan di dalam tubuh yang membantu melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Komponen radikal bebas dapat terbentuk dari paparan zat-zat kimia berbahaya di lingkungan—asap rokok, sinar ultraviolet, dan polusi udaradan juga melalui proses alami dalam tubuh. Peran vitamin C ini adalah menetralisir radikal bebas dengan mengurangi kadarnya serta menangkal dampaknya bagi sel-sel di dalam tubuh.

Kelvin Halim, nutritionist Jovee, mengatakan bahwa, “Selain itu, sudah kita ketahui pula bahwa vitamin C merupakan salah satu jenis antioksidan. Hal ini menunjukkan bahwa vitamin C dapat berfungsi menjaga struktur dan fungsi sel dari kerusakan akibat radikal bebas.”

 

Vitamin C membantu meningkatkan kekebalan tubuh

Vitamin C memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Vitamin ini banyak ditemukan di dalam sel-sel imun. Tidak heran vitamin C dikenal sebagai salah satu nutrisi penting yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh. 

Agar sistem imun bekerja sesuai dengan fungsi normalnya, tubuh memerlukan asupan vitamin C. Vitamin satu ini menjaga respon tubuh dalam melindungi dari virus, bakteri, parasit, dan jamur penyebab penyakit. Selain itu, zat antioksidan yang terkandung dalam vitamin C berfungsi menjaga struktur dan fungsi sel dari kerusakan akibat radikal bebas.

Asam askorbat juga disebut-sebut bisa membantu menyembuhkan dan mengurangi gejala flu jika dikonsumsi secara rutin. Namun dari berbagai penelitian yang pernah dilakukan, belum ada bukti kuat yang menunjukkan vitamin C mampu mencegah dan menyembuhkan penyakit flu.

Meskipun begitu, temuan yang ada memperlihatkan kemampuan asam askorbat ini dalam mempercepat proses penyembuhan penyakit flu. Konsumsi suplemen vitamin C tidak akan mengurangi kemungkinan anak Anda terserang flu ataupun mengurangi keparahannya.

 

Vitamin C membantu proses penyembuhan luka dan menjaga kesehatan tulang

Tubuh membutuhkan vitamin C untuk pembentukan kolagen. Kolagen inilah yang berperan dalam memelihara jaringan dan membantu proses penyembuhan luka, serta menjaga kesehatan tulang, otot, pembuluh darah, gigi, serta gusi. Dengan memenuhi kebutuhan asupan vitamin C harian pada anak, pertumbuhan dan perkembangan tulang serta giginya akan berjalan optimal.

 

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Vitamin C untuk Bayi : Keamanan, Khasiat, dan Dosis
Pentingnya Gizi 4 Sehat 5 Sempurna Bagi Anak
Manfaat Omega 3 Untuk Tumbuh Kembang Anak
Apa Saja Isi Vitamin C Untuk Anak
5 Vitamin dan Mineral Untuk Daya Tahan Tubuh Anak


Berapa banyak vitamin C yang dibutuhkan anak setiap harinya?  

Karena tidak diproduksi oleh tubuh, cara paling mudah mendapatkan asupan vitamin C ini dari makanan. Antioksidan satu ini dapat ditemukan di buah-buahan dan sayur-mayur. Sumber vitamin C paling banyak terdapat di buah jeruk, lemon, paprika hijau, stroberi, tomat, brokoli, kentang, dan ubi.

Di dalam Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. 28 Tahun 2019, angka kecukupan gizi (AKG) vitamin C untuk anak yaitu sebagai berikut:

  • 0-5 bulan: 40 miligram (mg)
  • 6-11 bulan: 50 mg
  • 1-3 tahun: 40 mg
  • 4-9 tahun: 45 mg
  • 10-12 tahun: 50 mg
  • 13-15 tahun: 65 mg (pria) dan 75 mg (wanita)
  • 16-18 tahun: 90 mg (pria) dan 75 mg (wanita)

Peran vitamin C sangat penting bagi kesehatan dan tumbuh kembang anak. Kekurangan vitamin ini bisa menyebabkan sistem imun menjadi lemah sehingga anak menjadi mudah sakit. Untuk memastikan kebutuhan vitamin C anak tercukupi, biasakan anak untuk mengonsumsi sayuran dan buah-buahan yang kaya akan nutrisi ini. Anda juga bisa menambahkan suplemen vitamin C sebagai pelengkap, jika diperlukan. Tetapi, perlu ditekankan bahwa konsumsi suplemen untuk anak harus disertai dengan anjuran dokter.

Untuk memenuhi kebutuhan vitamin harian Anda dan anak, Anda bisa mengunduh aplikasi Jovee. Jovee adalah aplikasi yang dapat merekomendasikan suplemen sesuai dengan kebutuhan personal. Aplikasi Jovee tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Gunakan kode promo BOBOCWJV di aplikasi Jovee dan dapatkan diskon 10% untuk setiap pembelian produk Jovee. Berlaku dari 25 Juli 2020 – 31 Agustus 2020.

Ditulis oleh: Alifia Daariy

 

Referensi:

  1. Cenovis. 2017. Benefits of Vitamin C for Children.
  2. Brauer. 2018. Vitamin C: The 6 Best Benefits for Kids.
  3. Cleveland Clinic. 2017. The Benefits of Vitamin C: Why Your Child Needs It.
  4. Kathleen M. Z. 2010. The benefits of vitamin C.
  5. Peraturan Menteri Kesehatan No. 28 Tahun 2019.

Brands