fbpx
BerandaKesehatan KulitBintik-bintik Merah pada Kulit, Gejala Penyakit Apa?

Apakah kamu pernah atau sedang mengalami munculnya bintik-bintik merah pada kulit? Tak jarang bintik-bintik merah pada kulit ini muncul samar sehingga kita tidak menyadarinya sampai kita memerhatikannya lebih teliti. Lantas, bintik-bintik merah pada kulit gejala penyakit apa ya?

bintik merah pada kulit

Mengidentifikasi bintik merah pada kulit tanda penyakit apa perlu memerhatikan gejala-gejala lain yang menyertainya. Ada banyak faktor yang melatarbelakangi penyebab penyakit bintik-bintik merah pada kulit sehingga seringkali sulit untuk mengatakan dengan tepat apa penyebab yang mendasarinya. Iritasi kulit dapat berasal dari beberapa penyebab, seperti infeksi akut atau kondisi kronis.

Berikut ini Jovee merangkum penyebab penyakit bintik-bintik merah pada kulit yang penting kamu ketahui:

1. Pityriasis rosea

Pityriasis rosea adalah kondisi peradangan kulit yang menghasilkan ruam berwarna kemerahan. Penyebab pastinya masih belum diketahui. Tetapi para peneliti menduga kemunculannya berasal dari infeksi virus.

Ruam ini juga dikenal dengan nama ruam pohon Natal karena biasanya kemunculannya dimulai dengan ruam besar merah berbentuk oval yang kelamaan akan menyebar dan membentuk pola menyerupai pohon Natal.

Bintik-bintik merah yang muncul terkadang bersisik dengan batas menonjol yang mirip dengan kurap.

2. Biang keringat

Biang keringat terbentuk saat pori-pori kulit tersumbat ketika kamu berkeringat. Hal ini bisa terjadi saat kamu berolahraga atau saat kamu berada di cuaca yang panas dan lembap.

Jika keringat terhalang untuk keluar dari permukaan kulit, bintik-bintik merah yang terlihat seperti lepuh bisa terbentuk. Bintik-bintik merah pada kulit ini bisa mengeluarkan cairan berwarna bening, terasa gatal, atau pun nyeri.

3. Dermatitis kontak

Kulit dapat bereaksi ketika bersentuhan dengan sesuatu yang merupakan alergen atau iritan. zat Dermatitis kontak adalah ruam yang terjadi setelah kamu menyentuh zat atau benda yang membuat kamu alergi. Dermatitis kontak juga mungkin terjadi saat kamu terpapar zat kimia keras pada kulit, seperti produk pembersih yang keras. Reaksi ini dapat terjadi saat pertama kali kamu kontak dengan zat tersebut ataupun muncul setelah beberapa kali kontak

4. Herpes zoster

Herpes zoster adalah salah satu penyebab penyakit bintik-bintik merah pada kulit. Penyakit ini muncul dengan gejala berupa ruam yang menyakitkan dengan lepuh yang berkembang di satu sisi wajah atau tubuh.

Penyakit ini disebabkan karena virus Varicella zoster (VZV), yang merupakan virus yang sama dengan penyebab cacar air. Jika kamu pernah menderita cacar air sebelumnya, virus penyebab cacar akan aktif lagi bertahun-tahun kemudian dan menyebabkan herpes zoster, terutama terjadi jika kita mengalami penurunan daya tahan tubuh.

5. Cercarial dermatitis

Apabila kamu sering berkegiatan di air, mungkin kamu mendapati bintik-bintik merah pada kulit gejala penyakit apa? Cercarial dermatitis atau juga dikenal dengan nama swimmer’s itch adalah ruam yang muncul karena berada di dalam air yang dipenuhi parasit. Penyakit ini dibawa oleh siput yang terinfeksi parasit dan menyebarkannya di kolam, danau, atau pun lautan. Saat seseorang berenang di air yang terkontaminasi infeksi tersebut, parasit bisa menempel pada kulit mereka.

Cercarial dermatitis biasanya hilang dengan sendirinya dalam waktu sekitar satu minggu dan tidak memerlukan tindakan medis serius. Krim antigatal dapat membantu mengurangi gejala.

6. Kurap

Penyebab penyakit bintik-bintik merah pada kulit selanjutnya adalah kurap. Kurap adalah ruam merah yang memiliki batas menonjol dalam pola melingkar di sekitarnya yang terlihat lebih merah dibandingkan dengan bagian tengahnya. Penyakit ini disebabkan oleh jamur dan dapat muncul di bagian tubuh mana saja, terutama bagian tertutup dan lembap.

Perlu diketahui, kurap adalah penyakit menular. Sebaiknya periksakan diri ke dokter agar mendapatkan perawatan dan pengobatan berupa obat antijamur untuk membantu mengobatinya.

7. Dermatitis atopik

Dermatitis atopik adalah jenis eksim yang banyak diderita orang di seluruh dunia. Penyakit ini seringkali muncul di usia bayi dan bisa hilang dengan sendirinya seiring bertambahnya usia anak. Di sisi lain, dermatitis atopik juga bisa kambuh sepanjang masa dewasa.

Dermatitis atopik bisa terasa gatal dan nyeri. Kulit menjadi kering, memerah, dan pecah-pecah. Jika terlalu sering digaruk maka bisa terinfeksi yang menyebabkan lepuh yang mengeluarkan cairan berwarna kuning.

Dokter dapat meresepkan obat-obatan untuk membantu mengatasi gejala dermatitis atopik.

8. Psoriasis

Kalau kamu bertanya-tanya bintik-bintik merah pada kulit gejala penyakit apa, mungkin psoriasis adalah salah satu penyebabnya. Psoriasis adalah penyakit autoimun yang menyebabkan bercak bersisik dan gatal yang terbentuk di kulit siku, lutut, kulit kepala, atau bagian tubuh lainnya yang mudah sekali bersentuhan atau mengalami gesekan.

Psoriasis menyebabkan sel-sel kulit tumbuh lebih cepat dari biasanya. Inilah yang menyebabkan penumpukan yang tebal pada kulit. Akibatnya kulit terasa sangat tidak nyaman, gatal, dan terasa sensasi terbakar.

Itulah beberapa penyebab penyakit bintik-bintik merah pada kulit. Periksakan ke dokter apabila kamu mendapati gejala-gejala di atas.

Cek artikel seputar kesehatan lainnya hanya di Jovee. Follow juga media sosial Jovee, @jovee.id di Instagram dan Tiktok untuk dapatkan promo menarik dan informasi kesehatan lainnya.

Apa Itu Jovee?

Jovee adalah pusat suplemen dan vitamin yang menawarkan produk original, lengkap, dengan harga yang murah. Kamu bisa temukan vitamin dan suplemen berdasarkan kebutuhan nutrisi tubuh dengan harga yang lebih murah dan gratis ongkir.

Setiap vitamin dan suplemen yang dijual di Jovee telah mendapatkan nomor BPOM, sehingga dijamin keaslian produknya. Jovee menawarkan pengalaman beli vitamin dan skincare yang mudah, hemat, dan gratis ongkir.

Kamu bisa membeli vitamin dan kebutuhan kesehatan melalui Jovee Official Store di Shopee, Tokopedia, dan Lazada. Nikmati belanja lebih mudah, promo lebih banyak, serta gratis ongkir hanya di Jovee Official Store melalui platform e-commerce ternama dan terbesar di Indonesia.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

Macam-macam Penyakit Kulit di Area Paha yang Penting Diketahui

Kesehatan Kulit   27/01/2023

Kulit Wajah Menghitam, Tanda Penyakit Apa?

Kesehatan Kulit   27/01/2023

Penyakit Kulit di Tangan Bernanah, Apa Penyebabnya?

Kesehatan Kulit   26/01/2023

Macam-macam Penyakit Kulit di Area Paha yang Penting Diketahui

Kesehatan Kulit   25/01/2023

Jenis Penyakit Kulit di Kaki dan Penyebabnya, Wajib Kamu Ketahui!

Kesehatan Kulit   24/01/2023