fbpx
BerandaKesehatan KulitPenyakit Kulit di Tangan Bernanah, Apa Penyebabnya?

Tak jarang tangan kita mengalami luka akibat aktivitas atau kemunculannya yang tidak disadari. Luka pada tangan perlu segera dibersihkan agar tidak menimbulkan infeksi. Jika luka pada tangan tidak dibersihkan, maka bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Salah satunya adalah munculnya nanah. Penyakit kulit bernanah di tangan umumnya disebabkan karena masuknya bakteri yang menginfeksi area yang terluka.

Apabila saat ini kamu sedang mengalami kondisi di atas, berikut ini informasi yang penting kamu ketahui seputar penyakit kulit bernanah di tangan dan bagaimana cara mengobatinya:

Penyebab Munculnya Nanah

Secara umum, nanah disebabkan karena bakteri atau jamur yang memasuki tubuh melalui luka terbuka dan atau kebersihan diri yang buruk.

Saat tubuh mendeteksi adanya infeksi, tubuh mengirimkan neutrofil, yaitu sejenis sel darah putih yang bertugas untuk menghancurkan jamur atau bakteri. Selama proses ini, beberapa neutrofil dan jaringan di sekitar area yang terinfeksi akan mati. Nanah adalah akumulasi dari jaringan dan sel darah putih (sel radang) yang mati ini.

Ada beberapa jenis infeksi yang dapat menyebabkan nanah. Infeksi yang melibatkan bakteri Staphylococcus aureus atau Streptococcus pyogenes sangat rentan terhadap nanah. Kedua bakteri ini melepaskan racun yang merusak jaringan, menghasilkan nanah.

Penyakit Kulit Bernanah di Tangan

Penyakit kulit bernanah di tangan tentu membuat penderitanya merasa tidak percaya diri saat bertemu dengan orang lain. Lebih dari itu, yang perlu lebih diperhatikan adalah masalah kesehatan yang memicu munculnya nanah pada tangan yang harus segera ditangani.

Ada beberapa penyebab penyakit kulit bernanah di tangan, antara lain:

Pustulosis palmoplantar

Pustulosis palmoplantar adalah kondisi kulit autoimun yang langka. Lepuh dan benjolan berisi nanah, yang dikenal dengan sebutan pustulan, muncul di telapak tangan dan telapak kaki. Penyakit pustulosis palmoplantar ini tergolong penyakit kronis yang lebih banyak terjadi pada perokok atau mantan perokok.

Pustulosis palmoplantar termasuk kondisi yang jarang terjadi dengan prevalensi hanya sekitar 0,01% hingga 0,05% dari populasi. Ketika penyakit ini berkembang, maka dapat memengaruhi kualitas hidup penderitanya karena penderitanya mungkin merasakan rasa sakit, meliputi gatal-gatal dan kulit pecah-pecah yang dapat membuat penderitanya mengalami kesulitan berjalan dan aktivitas lainnya.

Felon finger

Felon finger adalah infeksi bakteri pada bantalan ujung jari yang kebanyakan didahului oleh luka atau trauma di daerah tersebut. Penyakit ini menyebabkan rasa sakit, pembengkakan, dan kemerahan pada kulit. Apabila tidak segera ditangani, felon finger dapat menyebabkan terbentuknya kantung berisi nanah atau abses.

Felon finger tahap awal biasanya dapat diobati dengan antibiotik. Begitu abses terbentuk, felon finger perlu mendapatkan tindakan medis berupa pembedahan minor (kecil).

Paronychia (cantengan)

Paronychia, atau yang lebih umum disebut dengan cantengan di Indonesia, adalah infeksi yang dapat terjadi pada kuku jari tangan dan kaki. Cantengan terjadi akibat pertumbuhan kuku yang tidak normal sehingga kuku menekan jaringan kulit serta daging yang ada di sekitarnya. Jaringan yang terdapat pada tepi jari dekat akar kuku merupakan tempat yang sempurna bagi bakteri untuk masuk dan berkembangbiak di sana.

Cantengan adalah infeksi tangan paling umum. Gejalanya antara lain adalah rasa nyeri saat disentuh atau mendapat tekanan, kulit yang membengkak, memerah, dan mengeras. Jika tidak segera ditangani, maka bisa menyebabkan infeksi yang ditandai dengan keluarnya nanah atau darah dari kulit dekat kuku.

Cantengan relatif tidak berbahaya selama penderitanya bukan penderita diabetes atau memiliki gangguan aliran darah. Tindakan operasi kecil mungkin diperlukan untuk kasus yang parah dengan tujuan mengeluarkan nanah.

Impetigo

Secara umum impetigo merupakan infeksi ringan yang dapat terjadi di bagian tubuh manapun. Tetapi impetigo paling sering memengaruhi kulit yang terbuka, seperti:

  • Di sekitar hidung dan mulut
  • Di lengan, tangan, atau kaki

Gejala impetigo berupa luka merah dan gatal yang pecah dan mengeluarkan cairan kekuningan atau nanah selama beberapa hari. Selanjutnya, keropeng berwarna kuning kerak terbentuk di atas luka, yang kemudian sembuh tanpa atau pun dengan bekas luka.

Pengobatan Penyakit Kulit Bernanah di Tangan

Secara umum, pengobatan penyakit kulit di tangan bernanah dilakukan dokter berdasarkan apa penyebabnya. Infeksi yang disebabkan karena bakteri biasanya dirawat dengan antibiotik, yang bisa berbentuk krim topikal yaitu salep untuk mengurangi gatal dan menyembuhkan infeksi bakteri di area luka. Tak hanya dengan pemberian salep gatal bernanah di tangan, obat-obatan oral dan perawatan medis juga mungkin dilakukan.

Dokter mungkin akan melakukan tindakan medis berupa pembedahan untuk memastikan semua infeksi telah hilang.

Perawatan bervariasi pada tiap orang dan sebaiknya konsultasikan keluhan kamu seputar penyakit kulit bernanah di tangan dengan dokter agar mendapatkan diagnosis, obat-obatan, dan perawatan yang paling tepat.

Cek artikel seputar kesehatan lainnya hanya di Jovee. Follow juga media sosial Jovee, @jovee.id di Instagram dan Tiktok untuk dapatkan promo menarik dan informasi kesehatan lainnya.

Apa Itu Jovee?

Jovee adalah pusat suplemen dan vitamin yang menawarkan produk original, lengkap, dengan harga yang murah. Kamu bisa temukan vitamin dan suplemen berdasarkan kebutuhan nutrisi tubuh dengan harga yang lebih murah dan gratis ongkir.

Setiap vitamin dan suplemen yang dijual di Jovee telah mendapatkan nomor BPOM, sehingga dijamin keaslian produknya. Jovee menawarkan pengalaman beli vitamin dan skincare yang mudah, hemat, dan gratis ongkir.

Kamu bisa membeli vitamin dan kebutuhan kesehatan melalui Jovee Official Store di Shopee, Tokopedia, dan Lazada. Nikmati belanja lebih mudah, promo lebih banyak, serta gratis ongkir hanya di Jovee Official Store melalui platform e-commerce ternama dan terbesar di Indonesia.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

Usia Berapa Anak Boleh Dikenalkan Skincare?

Kesehatan Kulit   31/03/2023

Jaga Nutrisi Tubuh, Inilah Daftar Buah yang Bagus untuk Puasa

Kesehatan Kulit   29/03/2023

Cara Mengatasi Kulit Kering saat Puasa

Kesehatan Kulit   28/03/2023

Tips Menjaga Kulit Saat Berpuasa

Kesehatan Kulit   27/03/2023

Manfaat Puasa untuk Kesehatan Kulit

Kesehatan Kulit   26/03/2023