fbpx
BerandaKesehatan KulitPenyakit Kulit Terasa Panas dan Gatal, Gejala Penyakit Apa Ya?

Rasa gatal pada kulit benar-benar membuat hari-hari terasa tak nyaman. Apalagi jika ditambah dengan kulit terasa panas seperti terbakar. Selain bikin tidak nyaman, kamu mungkin bertanya-tanya tentang apa penyebab penyakit kulit terasa panas dan gatal? Apakah suatu tanya bahaya penyakit kulit terasa panas seperti terbakar? Dan apa obat penyakit kulit panas dan gatal? Berikut ini Jovee merangkum informasi yang penting untuk kamu ketahui jika kamu mengalami kondisi gatal panas dan kemerahan di atas.

penyakit kulit terasa panas dan gatal

Penyebab Penyakit Kulit Terasa Panas dan Gatal

Penyakit kulit terasa panas seperti terbakar dan gatal ada beragam, tergantung dari gejala-gejala lain yang menyertainya. Beberapa penyebab penyakit kulit terasa panas dan gatal, antara lain:

Fifth disease

Fifth disease atau nama lainnya erythema infectiosum adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus. Penyakit ini gejalanya berupa ruam pada lengan, kaki, dan pipi. Kebanyakan anak-anak yang terserang virus penyakit ini ketimbang orang dewasa.

Selain rasa panas dan gatal, penyakit ini juga menunjukkan gejala berupa sakit kepala, kelelahan, demam, sakit pada persendian, hidung berair dan diare.

Infeksi mononukleosis

Infeksi mononukleosis biasanya disebabkan karena virus Epstein-Barr. Penyakit ini umumnya menyerang remaja dan menjadi salah satu penyebab gatal panas pada kulit.

Gejala penyakit kulit terasa panas seperti terbakar, demam, pembengkakan kelenjar getah bening, sakit tenggorokan, sakit kepala, kelelahan, ruam, dan nyeri tubuh. Gejala infeksi mononukleosis bisa bertahan hingga enam bulan lamanya. Tetapi biasanya akan hilang dalam dua hingga empat minggu.

Penyakit mulut, tangan, dan kaki

Penyakit kulit terasa panas seperti terbakar dan gatal lainnya adalah penyakit mulut, tangan, dan kaki. Penyakit ini biasanya menyerang anak di bawah usia 5 tahun. Tandanya adalah lepuh merah yang menyakitkan yang muncul di mulut, lidah, dan gusi.

Penyakit ini menyebabkan demam dan gejala yang mirip dengan sakit flu. Di kulit, bintik-bintik merah yang rata atau timbul muncul di telapan tangan, telapak kaki, bokong, mau pun area genital.

Penyebab penyakit kulit terasa panas dan gatal ini karena virus dari genus Enterovirus. Yang paling umum adalah coxsackievirus. Yang perlu diwaspadai adalah penyakit ini sangat menular. Sehingga, Anda perlu waspada jikakulit tiba-tiba gatal dan panas,

Cacar air

Cacar air atau yang juga disebut dengan varicella ini ditandai dengan lepuh merah gatal yang muncul di sekujur tubuh. Penyebab kulit terasa gatal dan panas ini adalah infeksi virus.

Cacar air seringkali menyerang anak-anak dan sangat umum sehingga dianggap sebagai penyakit peralihan masa kanak-kanak. Namun, infeksi ini sangat jarang terjadi dialami lebih dari satu kali. Sejak vaksin cacar air diperkenalkan pada tahun 90-an, kasus cacar air relatif terkendali.

Infeksi ini ditandai dengan gejala berupa kumpulan lepuh yang gatal, merah, dan berisi cairan. Di tubuh penderitanya akan muncul ruam yang disertai dengan demam, nyeri tubuh, sakit tenggorokan, kelelahan, dan kehilangan nafsu makan.

Campak

Selain cacar air, penyebab penyakit kulit terasa panas dan gatal lainnya adalah campak. Sudah menjadi berita umum bahwa ruam merah gatal dan panas pada kulit merupakan salah satu tanda utama dari campak.

Gejala campak meliputi demam, sakit tenggorokan, mata merah dan berair, kehilangan nafsu makan, batuk, dan pilek. Gejala pada kulit yang tampak adalah ruam merah yang menyebar dari wajah ke tubuh selama tiga hingga lima hari setelah gejala pertama muncul. Selain itu, pada mulut akan muncul bintik-bintik merah kecil dengan pusat berwarna biru-putih.

Dermatitis kontak

Penyebab penyakit kulit terasa panas dan gatal yang cukup umum dialami banyak orang adalah dermatitis kontak. Dermatitis kontak muncul dalam waktu beberapa jam hingga beberapa hari setelah kulit terpapar alergen. Kadang dermatitis dapat pula muncul setelah beberapa kali paparan yang awalnya tidak menimbulkan keluhan.

Ruam pada kulit memiliki batas yang terlihat dan muncul di tempat di mana kamu menyentuh zat yang mengiritasi. Ruam membuat kulit terasa gatal, merah, bersisik, atau kasar. Tak jarang juga muncul lepuh yang mengeluarkan cairan atau menjadi berkerak.

Obat Penyakit Kulit Panas dan Gatal

Untuk kamu pemilik kulit sensitif, kamu mungkin familiar dengan rasa gatal yang tidak nyaman dan kulit yang terasa panas ketika disentuh. Untuk mengetahui secara pasti apa penyebab penyakit kulit terasa panas dan gatal yang kamu alami, sebaiknya konsultasikan dengan dokter.

Dokter akan memberikan obat penyakit kulit panas dan gatal sesuai dengan kondisi yang mendasarinya. Jika kulit panas dan gatal yang kamu alami disebabkan karena alergi, dokter mungkin akan merujuk ke dokter spesialis kulit yang dapat memberikan obat yang tepat. Umumnya obat penyakit kulit panas dan gatal akibat gigitan serangga atau alergi yang diberikan adalah krim hidrokortison atau jenis krim kortikosteroid lainnya yang dapat membantu mengurangi rasa gatal dan panas.

Untuk kondisi bintik merah pada kulit terasa panas yang lebih serius, dokter mungkin akan memberikan resep obat-obatan yang lebih kompleks untuk membantu mengatasi gejala-gejala lain selain kulit yang terasa panas dan gatal

Cek artikel seputar kesehatan lainnya hanya di Jovee. Follow juga media sosial Jovee, @jovee.id di Instagram dan Tiktok untuk dapatkan promo menarik dan informasi kesehatan lainnya.

Apa Itu Jovee?

Jovee adalah pusat suplemen dan vitamin yang menawarkan produk original, lengkap, dengan harga yang murah. Kamu bisa temukan vitamin dan suplemen berdasarkan kebutuhan nutrisi tubuh dengan harga yang lebih murah dan gratis ongkir.

Setiap vitamin dan suplemen yang dijual di Jovee telah mendapatkan nomor BPOM, sehingga dijamin keaslian produknya. Jovee menawarkan pengalaman beli vitamin dan skincare yang mudah, hemat, dan gratis ongkir.

Kamu bisa membeli vitamin dan kebutuhan kesehatan melalui Jovee Official Store di Shopee, Tokopedia, dan Lazada. Nikmati belanja lebih mudah, promo lebih banyak, serta gratis ongkir hanya di Jovee Official Store melalui platform e-commerce ternama dan terbesar di Indonesia.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

manfaat sirih merah

Serba-Serbi Manfaat Sirih Merah untuk Wajah dan Kesehatan Tubuh

Kesehatan Kulit   29/11/2023
senyum apple cheeks adalah

Mengenal Istilah Senyum Apple Cheeks Adalah dan Penjelasannya

Kesehatan Kulit   25/11/2023
Manfaat kulit semangka untuk wajah

Serba-serbi Manfaat Kulit Semangka untuk Wajah, Unik Banget

Kesehatan Kulit   24/11/2023
Anti Aging Untuk Usia Berapa

Anti Aging Untuk Usia Berapa Ya? Yuk Kulik Di Sini

Kesehatan Kulit   22/11/2023
Kepanjangan dari SPF

Sunscreen 101: Kenali Lebih Dalam Kepanjangan dari SPF

Kesehatan Kulit   21/11/2023