fbpx
BerandaKesehatan LainnyaPenyebab dan Cara Mengatasi Sakit Lutut

Kamu sering alami nyeri atau sakit lutut? Lutut memiliki sendi yang kompleks, sehingga lebih rentan terhadap cedera. Seiring bertambahnya usia, tekanan pada lutut dari gerakan dan aktivitas sehari-hari dapat memicu gejala nyeri dan kelelahan pada lutut kamu.

cara-mengatasi-sakit-lutut

Meski umum terjadi, beberapa penyebab sakit lutut merupakan keadaan darurat yang memerlukan tindakan medis segera. Di artikel berikut, Jovee akan menjelaskan berbagai penyebab sakit lutut berikut cara mengatasinya.

Penyebab sakit lutut

Sakit lutut yang muncul tiba-tiba mungkin tidak disebabkan oleh cedera. Namun, lutut adalah salah satu bagian tubuh yang rumit. Berikut ini beberapa hal yang bisa menyebabkan sakit lutut, yang dilansir dari berbagai sumber.

1. Patah tulang

Patah pada tulang (fraktur) bisa menyebabkan sakit lutut yang tiba-tiba. Cedera ini akan menimbulkan rasa sakit yang tajam, pembengkakan, dan ketidakmampuan untuk menggerakkan sendi. Fraktur yang melibatkan tulang-tulang di area lutut, seperti tempurung lutut dapat terjadi karena cedera traumatis atau jatuh.

2. Tendinitis

Tendinitis adalah kondisi membengkaknya jaringan tendon yang menghubungkan sendi dan tulang akibat adanya peradangan. Kondisi ini cukup umum, dengan gejala paling umum yang dirasakan yakni bengkak dan nyeri pada lutut.

3. Ligamen robek

Ligamen adalah jaringan berserat yang berfungsi sebagai penghubung antar tulang dalam tubuh. Ligamen lutut yang paling sering cedera adalah ligamen lutut anterior (ACL). Terutama pada atlet, sakit lutut yang timbul mungkin disebabkan oleh robeknya ligamen anterior ini akibat olahraga yang berlebihan.

4. Bursitis

Bursa adalah kantung berisi cairan yang terletak di antara sendi, berfungsi untuk mengurangi gesekan antara tulang dan otot saat kamu bergerak. Menekuk lutut berulang kali dapat memicu kondisi ini, yang menimbulkan pembengkakan, nyeri, kaku, dan rasa panas pada lutut.

5. Infeksi arthritis

Arthritis adalah kondisi radang sendi akut yang disebabkan oleh cairan yang terinfeksi di sekitar sendi. Jika tidak diobati, cairan bisa mengganggu aliran darah dan menjadi kondisi gawat darurat medis (septic arthritis). Sakit lutut merupakan salah satu gejala dari infeksi arthritis. Risiko terserang radang sendi ini juga lebih tinggi pada orang yang memiliki riwayat asam urat dan sistem imun lemah.

6. Asam urat

Penumpukan asam urat akan membentuk kristal tajam di dalam sendi, yang membuat lutut, pinggul, jari, dan jempol kaki terasa nyeri. Asam urat adalah hal yang umum, terutama pada pria paruh baya dan wanita pascamenopause.

Kondisi ini akan menimbulkan rasa sakit yang hebat dan pembengkakan. Biasanya, asam urat akan muncul selama beberapa hari. Jika kamu belum pernah alami sakit lutut sebelumnya lalu merasakan sakit lutut secara tiba-tiba, bisa jadi itu adalah tanda awal dari asam urat.

7. Osteoarthritis

Gangguan jaringan degeneratif adalah penyebab sakit lutut pada lansia yang sangat umum. Osteoarthritis menyebabkan degenerasi pada tulang rawan dan jaringan lutut di sekitarnya. Hal inilah yang akan menimbulkan rasa sakit, kaku, dan disfungsi sendi pada lutut.

Kondisi ini paling sering terjadi pada orang usia lanjut. Meski tidak ada obat untuk penyakit ini, gejalanya dapat dikurangi dengan olahraga ringan dan obat pereda nyeri.

Cara mengatasi sakit lutut

Cara mengatasi sakit lutut tergantung pada apa penyebabnya. DIlansir dari Verywell Health, berikut sejumlah cara mengatasi sakit lutut yang bisa kamu coba lakukan di rumah.

  • Istirahat yang cukup. Tindakan pertama untuk mengatasi gejala umum sakit lutut adalah cukup istirahat. Ini akan membantu peradangan untuk mereda.
  • Kompres dingin. Gunakan kompres dingin pada lutut yang sakit dapat meredakan gejala. Lakukan kompres selama 15 hingga 20 menit, diulang beberapa kali sehari
  • Obat OTC. Jika rasa sakit yang muncul sangat mengganggu, kamu bisa konsumsi obat pereda nyeri.

Pada sejumlah penyebab sakit lutut, diperlukan pemeriksaan dan penanganan medis. Sehingga, jika gejala yang dirasakan terasa sangat sakit dan berlangsung selama beberapa hari sebaiknya segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Kamu juga bisa melakukan sejumlah cara untuk mencegah lutut sakit, yang meliputi:

Demikianlah penyebab dan cara mengatasi sakit lutut yang perlu kamu ketahui. Simak informasi seputar kesehatan lainnya hanya di Jovee, pusat suplemen dan vitamin personalmu.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

eosinofil-tinggi

Mengenal Eosinofil dan Fungsinya Bagi Tubuh

Kesehatan Lainnya   28/06/2022
minyak-esensial

4 Tips Membeli Minyak Esensial

Kesehatan Lainnya   27/06/2022
dna-fragmentation-index

Mengenal DNA Fragmentation Index (DFI)

Kesehatan Lainnya   26/06/2022
bahaya-klorin-di-pembalut

Ketahui Bahaya Klorin pada Pembalut Wanita

Kesehatan Lainnya   25/06/2022
bahaya-lsd

Kenali Bahaya LSD, Narkotika Penyebab Halusinasi

Kesehatan Lainnya   24/06/2022