fbpx
BerandaKesehatan LainnyaPenyebab Langit-langit Mulut Bengkak dan Cara Mengatasinya

Mulut memang menjadi salah satu bagian organ pencernaan yang sangatlah penting dan kita harus menjaga kesehatan mulut dengan benar. Ada kalanya langit langit mulut bengkak terjadi, dan itu pasti akan membuat kita tidak nyaman dan mungkin akan risih.

Langit langit mulut bengkak

Bahkan mungkin akan muncul nyeri yang sangat mengganggu sampai luka yang teramat sangat sakit di area tersebut dan pasti mengganggu saat makan. Kita harus mengetahui apa penyebabnya agar supaya kita bisa mengatasinya dengan baik dan jauh lebih cepat.

Penyebab Terjadi Langit-langit Bengkak

Nah mengenai penyebabnya sendiri memang ada beberapa hal dan juga faktor yang bisa menyebabkan hal tersebut bisa terjadi. Apabila kita tahu apa yang menjadi penyebabnya, tentu kita akan bisa mencegah hal tersebut terjadi karena tahu penyebabnya. Berikut kami akan informasikan apa saja sih penyebab langit-langit yang ada di mulut itu bengkak.

1. Trauma atau Iritasi

Salah satu bagian tubuh yang sangat sensitif itu adalah mulut, dan membuat sangat mudah terjadinya iritasi. Kalau kita memakan makanan yang terlalu panas ataupun minuman yang terlalu panas itu mungkin akan menyebabkan iritasi di mulut.

Iritasi tersebut bisa menyebabkan luka ataupun juga bengkak pada bagian mulut baik itu gusi ataupun juga langit-langit. Makanan yang terlalu keras pun bisa membuat iritasi pada langit-langit mulut dan akhirnya menyebabkan pembengkakan.

2. Dehidrasi

Salah satu penyebab adanya langit langit mulut bengkak adalah karena tubuh kekurangan cairan atau mengalami dehidrasi. Apabila orang mengalami dehidrasi, maka sangat mungkin mulut akan menjadi kekeringan padahal harusnya cukup lembab.

Hal tersebut mungkin akan memudahkan terjadinya goresan dan juga iritasi pada bagian mulut tersebut dan akhirnya muncul bengkak. Jadi sebaiknya berupaya untuk menjaga cairan tubuh tetap baik dengan memenuhi kebutuhan cairan setiap hari.

Dokter Jovee, dr. Irma Lidia menambahkan, “Minum air yang cukup setiap harinya, kebutuhan orang dewasa kurang lebih 8 gelas air sehari.”

3. Penyakit pada Mulut

Kadang ada pembengkakan yang terjadi karena adanya penyakit mulut yang cukup serius, nah ini membuat kita harus waspada. Bisa jadi terjadinya pembengkakan pada langit-langit mulut itu merupakan salah satu gejala ataupun disebabkan oleh penyakit serius. Jadi kalau tidak membaik dalam jangka waktu tertentu, sebaiknya segera periksakan ke dokter supaya lebih aman. Sehingga kalau memang karena penyakit bisa segera diatasi.

Cara Mengatasinya

Nah kalau sudah tahu penyebabnya, maka mungkin kita bisa mengatasinya bila mungkin itu terjadi pada diri kita. Namun sebelum itu terjadi, lebih baik kalau kita mencegah hal tersebut terjadi. Cara mencegahnya dapat dilakukan dengan menghindari makanan yang terlalu panas atau juga yang terlalu keras. Itu akan meminimalisir terjadinya iritasi dan pembengkakan.

Kalau sudah terlanjur memakan yang terlalu panas atau keras, mungkin bisa mencoba meminum air dingin ataupun memakan es krim. Biasanya itu akan membantu mulut untuk mendingin dan bisa meminimalisir terjadinya peradangan ataupun juga pembengkakan. Kalian perlu juga menghindari makanan asin dan panas saat kalian mengalami langit langit mulut bengkak. Ini supaya pemulihan bisa lebih cepat terjadi.

Selain itu, Anda juga dapat memaksimalkan penyembuhan pada langit mult yang bengkak dengan mengonsumsi vitamin yang kaya akan vitamin C, seperti Blackmores Bio C 100 mg (Rp113.774) yang dapat diperoleh dengan mudah melalui Jovee. Dengan kandunganekstrak Citrus bioflavonoiddanvitamin Cyang berasal darisumber alamisepertiacerola dan rosephis, berfungsi memelihara daya tahan tubuhserta membantu dalampenyembuhan lukalebih cepat.

Temukan informasi kesehatan terpercaya lainnya hanya di Jovee. Download aplikasinya juga untuk mendapatkan suplemen dan vitamin personal dalam kemasan praktis. Kamu juga bisa mengetahui vitamin terbaik lewat konsultasi gratis dengan nutrisionis Jovee.

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

pakai-koyo-saat-hamil

Bolehkah Pakai Koyo Saat Hamil?

Kesehatan Lainnya   29/08/2022
ciri-ciri-jerawat-akan-sembuh

Seperti Apa Ciri-ciri Jerawat Akan Sembuh?

Kesehatan Lainnya   26/08/2022
sakit-kepala-di-bagian-belakang

Sakit Kepala Bagian Belakang: Penyebab & Cara Mengatasi

Kesehatan Lainnya   24/08/2022
mimisan-saat-hamil

Sering Mimisan Saat Hamil? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Kesehatan Lainnya   23/08/2022
toxic-relationship-adalah

Kenali Penyebab Utama dan Cara Penularan HIV/AIDS

Kesehatan Lainnya   22/08/2022