fbpx
BerandaVitamin & SuplemenPeran dan Fungsi Zinc Bagi Kesehatan Tubuh

Beragam vitamin, mineral dan zat adalah asupan paling penting yang harus terpenuhi untuk tubuh. Asupan vitamin, mineral dan zat ini pun bermanfaat untuk menjaga metabolisme dalam tubuh Anda. Salah satu jenis mineral yang tak kalah penting dan asupannya wajib terpenuhi setiap saat adalah zinc. 

Hanya saja, belum semua orang tahu mengenai zat yang satu ini. Sebagian mungkin malah menanyakan obat zinc untuk apa daripada menanyakan fungsi tablet vitamin yang lebih banyak diketahui umum. Padahal, manfaat zinc juga penting dan diperlukan untuk menjaga kekebalan tubuh seseorang. Jika asupan zinc ini tidak terpenuhi dengan baik, maka bisa berakibat pada terganggunya sistem imun Anda, sekaligus enzim dalam tubuh tak berfungsi.

Menurut Angka Kecukupan Gizi bagi Masyarakat Indonesia tahun 2019, kebutuhan zinc bagi orang dewasa sehat adalah sekitar 8-11 gram/hari. Kegunaan zinc ini akan berubah dengan kondisi kesehatan, usia, jenis kelamin, kebiasaan merokok dan lainnya. 

Makanan dengan sumber zinc yang baik dapat ditemukan pada produk hewani seperti seafood (8-11 mg/100 gram), ayam dan daging (5-9 mg zinc per 100 gram daging). Kacang-kacangan juga mengandung zinc yang baik, namun penyerapan zinc tidak sebaik dari produk hewani, hanya 1-2 mg zinc per 100 gram kacang. Sayur-sayuran hanya sedikit mengandung zinc, sekitar 1 mg zinc saja per 1 cup.

Mengenal Zinc

Zinc merupakan salah satu zat gizi mikro yang berfungsi dalam reaksi metabolisme tubuh. Kandungan mineral ini akan sangat mendukung fungsi sistem kekebalan tubuh Anda sehingga mampu menangkal berbagai radikal bebas agar tak masuk ke tubuh. Hal ini berhubungan pada fungsi utama zinc adalah sebagai antioksidan.

Zinc sendiri merupakan salah satu pembentuk material dan struktur sel, serta membantu menstabilkan membran sel dan DNA, sehingga mampu menjadi antioksidan yang sangat baik bagi tubuh. Fungsi pembentuk sel ini juga membantu zat besi untuk membentuk hemoglobin.

Zinc sendiri tak hanya dapat membantu meningkatkan sistem imun saja, namun juga dalam sistem pencernaan dan penyerapan zat gizi. Fungsi zinc lainnya yaitu membantu pembentukan, penyimpanan, dan pelepasan insulin dari pankreas. Selain itu, zinc memiliki peran besar dalam penyerapan dan metabolisme zat gizi karbohidrat, protein, dan lemak, sehingga membantu tubuh memiliki energi untuk sehari-hari dan pembentukan sel.

Zinc juga berperan dalam kesehatan sel dan mata. Zinc membantu melepaskan vitamin A yang disimpan untuk dijadikan zat aktif vitamin A yang akan digunakan untuk mata dan pelindung membran sel sistem pernafasan dan reproduksi. Terpenuhinya zinc ini secara tak langsung sangat menunjang berbagai fungsi dalam tubuh Anda.

Tak hanya wajib dikonsumsi oleh orang dewasa saja, tapi zinc juga sangat diperlukan oleh anak-anak. Pasalnya, dengan terpenuhinya zinc ini pada anak Anda akan sangat membantu proses tumbuh kembangnya agar lebih optimal. Hal ini juga dikhususkan untuk menunjang proses pembentukan sel serta saraf pada anak, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya agar tak mudah sakit.

Dengan demikian, bagi seseorang yang memiliki luka dan sedang dalam masa penyembuhan, sangat direkomendasikan untuk mengonsumsi obat yang mengandung zinc. Hal ini sendiri berfungsi untuk membantu mempercepat penyembuhan luka, serta mencegah terjadinya infeksi dari virus serta bakteri dari sekitar yang bisa masuk.

Peran dan Fungsi Zinc Dalam Dunia Medis

Seperti yang sudah disinggung di atas, manfaat zinc bagi tubuh bisa Anda peroleh dengan konsumsi suplemen atau obat. Zinc dalam bentuk obat tablet umumnya diberikan sebagai salah satu pelengkap sebagai pengganti cairan tubuh yang hilang serta mencegah dehidrasi atau kekurangan cairan bagi penderita diare.

Obat yang mengandung zinc ini tak hanya dapat dipakai untuk yang mengalami diare. Lebih dari itu, obat ini dapat digunakan untuk mengatasi beberapa penyakit lain seperti misalnya membantu memperbaiki penglihatan yang mulai kurang jelas, mengobati demam, serta mengatasi masalah kekurangan zinc pada tubuh seseorang.

Cara Konsumsi Zinc yang Benar 

fungsi-manfaat-zinc

Jika umumnya obat medis sering dikonsumsi setelah makan, tapi tidak dengan zinc ini. Pasalnya, mengonsumsi obat yang mengandung zinc lebih dianjurkan pada saat perut Anda masih dalam kosong atau belum terisi makanan. Bukan tanpa alasan, hal ini dimaksudkan untuk membantu mempercepat proses penyerapan zinc dalam tubuh untuk penyembuhan penyakit Anda.

Nah, untuk mengonsumsi obat atau suplemen zinc ini lebih baik diminum saat 1 jam sebelum atau 2 jam sesudah makan atau saat makanan sudah tercerna. Anda pun juga dapat melakukan konsultasi dengan dokter ketika hendak mengonsumsi obat zinc ini. Dengan konsultasi ini, maka Anda pun dapat mengetahui penggunaan dengan baik dan mencegah terjadinya kesalahan.

Apabila zinc dikonsumsi secara berlebihan, maka juga bisa menimbulkan beberapa efek samping yang kurang baik untuk tubuh. Konsumsi zinc lebih dari 50mg/hari dalam jangka panjang dapat menimbulkan efek samping seperti pusing, mual, serta sakit kepala. Hanya saja, kondisi efek samping ini jarang terjadi jika penggunaan zinc dilakukan dengan benar. 

Melihat hal ini, maka asupan zinc dalam tubuh Anda benar-benar terpenuhi. Salah satu obat sekaligus suplemen zinc yang bisa Anda konsumsi untuk memenuhi asupan zinc ini adalah Vitalong C + Zinc dari Jovee. Yap, Jovee adalah platform kesehatan modern melalui aplikasi yang menyediakan berbagai tips kesehatan serta suplemen terbaik yang terbuat dari bahan alami.

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Manfaat Vitamin E untuk Kesehatan Tubuh dan Dosisnya
Vitamin B12: Manfaat dan Sumber Vitamin
Dampak Jika Tubuh Kekurangan Vitamin B7
Intip Peran dan Manfaat Magnesium Bagi Tubuh
Buah Yang Mengandung Vitamin E dan C
Berbagai Manfaat Vitamin B3 untuk Tubuh
Tanda Seseorang Kekurangan Vitamin B6 HCL

Jovee menyediakan paket vitamin dan suplemen yang dapat Anda konsumsi sesuai dengan keluhan kesehatan yang Anda alami, termasuk kekurangan zinc ini. Bahkan, dalam paket yang disediakan oleh Jovee ini terdiri dari obat dan suplemen. Selain itu ada merchandise menarik yang spesial disiapkan untuk Anda, apalagi harga suplemen pun juga sangat terjangkau.

Tak perlu khawatir, meskipun merupakan platform online, Jovee juga melayani pengiriman suplemennya ke seluruh Indonesia. Jadi tunggu apalagi? Butuh obat dan suplemen tapi sekaligus mendapatkan tips kesehatan terkini? Jovee solusinya. Segera dapatkan suplemen dari Jovee dan nikmati langsung keuntungannya untuk investasi kesehatan Anda.

Penulis: Aileen Veilishya

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

blackmores-glucosamine1

Blackmores Glucosamine: Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

Vitamin & Suplemen   17/05/2021
becom-c-manfaat-efek-samping-dan-dosis

Becom-C: Manfaat, Efek Samping, dan Dosis

Vitamin & Suplemen   07/05/2021
cavit-d3-manfaat-aturan-penggunaan-dan-dosis

Cavit D3: Manfaat, Aturan Penggunaan, dan Dosis

Vitamin & Suplemen   07/05/2021
manfaat-neuriobion

Neurobion: Manfaat, Dosis, dan Anjuran Pakai

Vitamin & Suplemen   21/04/2021
manfaat-Blackmores-Executive-B

Blackmores Executive B: Manfaat, Efek Samping, dan Dosis

Vitamin & Suplemen   07/04/2021