fbpx
BerandaVitamin & SuplemenPeran Suplemen Omega 3 dalam Menjaga Kesehatan Jantung

Asam lemak omega 3 sudah sangat dikenal dengan segudang manfaatnya bagi kesehatan. Setiap harinya, jutaan orang di seluruh dunia mengonsumsi suplemen omega 3 sebagai upaya untuk menjaga kesehatan serta melindunginya dari risiko penyakit jantung. Tetapi, apakah suplemen yang dielu-elukan ini benar-benar ampuh? Simak penjelasannya di bawah ini. 

Peran Suplemen Omega 3 dalam Menjaga Kesehatan Jantung

Khasiat omega 3 bagi kesehatan jantung

Asam lemak omega 3 termasuk ke dalam jenis lemak tidak jenuh yang dibutuhkan tubuh untuk membangun sel-sel otak, menjaga kesehatan jantung dan mencegah risiko stroke. Pada penderita penyakit jantung, omega 3 membantu meningkatkan fungsi jantungnya.  Mengutip tulisan Ashish C. dan Kim A. di jurnal Circulation, asam lemak omega 3 dapat menurunkan kadar trigliserida dan meningkatkan kolesterol baik atau high-density lipoprotein. Omega 3 juga bisa mengurangi kemungkinan penggumpalan platelet darah sehingga mencegah penyumbatan pembuluh darah arteri yang berisiko terhadap terhambatnya aliran darah ke jantung. Lemak esensial satu ini pun mampu:

  • Menurunkan risiko detak jantung abnormal (aritmia).
  • Menurunkan tekanan darah saat istirahat.
  • Menghambat pembentukan plak pada dinding arteri yang bisa menyebabkan kondisi penyempitan dan pengerasan pembuluh darah (aterosklerosis).

 

Suplemen omega 3 untuk menjaga kesehatan jantung

Asupan omega 3 bisa memenuhi sekitar 5 – 10% kebutuhan kalori harian. Asam lemak ini secara alami ditemukan di dalam ikan berlemak, seperti tuna, salmon, makarel, trout dan sarden. Tubuh tidak bisa memproduksi omega 3 sendiri, makanya Anda harus memenuhi kebutuhan asupan ini melalui makanan. Inilah mengapa omega 3 disebut sebagai asam lemak esensial. American Heart Association (AHA) merekomendasikan masyarakat untuk memakan ikan kaya omega 3, setidaknya 2 porsi atau sekitar 200 gram, per minggu. Selain dari ikan, omega 3 juga dapat ditemukan pada produk nabati, misalnya minyak canola, biji rami (flaxseed) dan kedelai, kacang walnut, serta tahu. Kebutuhan omega 3 juga bisa dipenuhi dari konsumsi suplemen. Suplemen omega 3 tersedia dalam bentuk pil, kapsul, minyak ikan ataupun minyak hati. Minyak ikan yang dijual di pasaran umumnya mengandung dua jenis omega 3, yaitu asam dokosaheksaenoat (DHA) dan asam eikosapentanoat (EPA). Selain dua zat tersebut, dikenal pula asam alfa-linolenat (ALA) yang akan diproses tubuh menjadi asam lemak omega-3. Dalam suatu penelitian terdahulu disebutkan konsumsi minyak ikan dan suplemen ALA tiap hari dapat mengurangi: (1) risiko serangan jantung dan stroke sebanyak 15%; (2) kematian akibat serangan jantung sebanyak 45%; serta (3) kadar trigliserida sebanyak 4% penderita penyakit jantung koroner. Studi lain yang dipublikasikan di Journal of the American Heart Association tahun 2019, menunjukkan adanya penurunan risiko serangan jantung dan kematian akibat jantung koroner sebesar 8%. Meski tidak mengurangi kemungkinan terjadinya stroke, peneliti berpendapat bahwa konsumsi suplemen omega 3 bisa menjadi cara alternatif untuk memenuhi asupannya. Hasil bertentangan dikemukakan di dalam penelitian Azin MN. dan Behnood B. bahwa suplemen omega 3 mungkin saja mampu menjaga kesehatan serta fungsi jantung, tetapi manfaatnya masih terbilang minim. Bukti yang ada masih dirasa kurang cukup terkait manfaat suplemen ini. Ditambah lagi, suplemen omega 3 bisa memicu timbulnya efek samping serta perdarahan  pada sebagian orang.

Lalu, bolehkah mengonsumsi suplemen omega 3?

Meskipun baru sedikit bukti yang mendukung bahwa suplemen omega 3 dapat membantu menjaga kesehatan jantung, sah-sah saja jika Anda mau mencoba mengonsumsinya. Kebanyakan orang dapat menerima suplemen ini dengan baik. Tetapi, bagi sebagian orang konsumsi omega 3 berlebihan mengundang risiko sebagai berikut:

  • Risiko stroke hemoragik akibat pecahnya pembuluh darah di dalam otak.
  • Risiko kanker usus besar.
  • Keracunan vitamin A dan D.
  • Risiko cacat lahir bagi ibu hamil.

Jika tetap menginginkan konsumsi suplemen omega 3, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi lebih dulu dengan dokter atau nutrisionis supaya Anda bisa mendapatkan manfaat yang maksimal. Rekomendasi suplemen omega 3 dari Jovee adalah Blackmores Omega Daily – Jantung Sehat – 90 Kaplet (Rp321.843)

Jovee Good Heart

Jovee Good Heart adalah paket suplemen yang dibuat untuk membantu menjaga jantung agar tetap sehat. Selain omega minyak ikan, di dalamnya terdapat ekstrak bawang putih yang berperan dalam penurunan kadar kolesterol jahat dalam darah. Tidak hanya itu, manfaat yang bisa Anda dapatkan dari konsumsi suplemen Good Heart adalah daya ingat dan konsentrasi, serta kualitas tidur yang meningkat, dan terjaganya kesehatan persendian.  Sementara itu, paket Good Heart Forte juga bisa Anda konsumsi demi jantung yang sehat. Kandungan Extra Omega-nya dapat mengurangi jumlah lemak di hati, mengontrol trigliserida dalam darah dan mencegah stroke. Sedangkan, vitamin B kompleks-nya berfungsi untuk memelihara kesehatan dan fungsi saraf, melancarkan proses metabolisme, mencegah penuaan dini, hingga meningkatkan fungsi otak. Anda bisa mendapatkan kedua paket Good Heart ini di Jovee Official Store. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee. Untuk mengetahui rekomendasi vitamin harianmu, anda juga bisa mengunduh aplikasi Jovee. Jovee adalah aplikasi yang dapat merekomendasikan suplemen sesuai dengan kebutuhan personal. Aplikasi Jovee tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.   Ditulis oleh: Alifia Daariy Referensi:

  1. Emily W. 2020. Omega-3 fats – Good for your heart.
  2. Ashish C. & Kim A. E. 2015. Omega-3 Fatty Acids and Heart Health. Circulation. 132:e350–e352.
  3. Anna S. 2018. Do omega-3 supplements really benefit the heart?
  4. Azin MN. & Behnood B. 2014. Omega-3 Supplements and Cardiovascular Diseases. Tanaffos. 13(1): 6–14.
  5. Harvard Health Publishing. 2020. Omega-3 supplements may improve heart health.
  6. Mayo Clinic. 2017. Fish Oil.

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

Akibat_Kekurangan_Vitamin _K

Apa Akibat Kekurangan Vitamin K?

Uncategorized   20/09/2021
Kelebihan_Vitamin_C

Dampak Kelebihan Vitamin C

Vitamin & Suplemen   17/09/2021
Akibat_Kekurangan_Vitamin_E

Kenali Gejala Kekurangan Vitamin E Pada Tubuh

Vitamin & Suplemen   16/09/2021
Akibat_Kekurangan_Vitamin_D

Kenali Ciri Kekurangan Vitamin D Pada Tubuh

Vitamin & Suplemen   16/09/2021
Selkom C

Selkom C: Manfaat, Efek Samping, Dan Dosis Penggunaan

Vitamin & Suplemen   14/09/2021