fbpx
BerandaKesehatan LainnyaPerkembangan Kasus COVID di Indonesia Saat Ini

Tiga tahun yang lalu, tepatnya di bulan Maret 2020, Indonesia diguncang dengan kasus COVID-19 pertama setelah sebelumnya banyak orang yang meyakini bahwa virus COVID di Indonesia tidak akan terjadi. Namun, hanya dalam waktu singkat, infeksi virus COVID-19 yang pertama kali terjadi kota Wuhan, Cina, pada Desember 2019 itu mampu melumpuhkan hampir seluruh dunia dan menewaskan jutaan orang.

covid di Indonesia

WHO menyebutkan bahwa jumlah kematian akibat virus COVID-19 secara global mencapai hingga 15 juta nyawa. Angka kematian akibat infeksi virus COVID di Indonesia sendiri diperkirakan tujuh kali lipat dari yang dilaporkan.

Lonjakan Kasus COVID setelah Lebaran di Indonesia Tahun 2020 dan 2021

Data terkini COVID di Indonesia yang tim Jovee ambil dari laman resmi covid19.go.id menunjukkan angka 6.782.048 orang yang positif terinfeksi virus COVID-19, dengan 6.603.711 kasus yang sembuh, dan 161.384 kasus meninggal dunia.

Lonjakan kasus COVID di Indonesia sempat mengalami puncak-puncaknya di tahun 2020 hingga 2021. Sekalipun pemerintah telah menggalakkan aturan PPKM dan pembatasan mobilisasi, tetapi jumlah kasus COVID-19 pada saat itu meningkat drastis. Peningkatan kasus COVID setelah Lebaran. Tercatat lonjakan kasus COVID setelah Lebaran tahun 2020 ada kenaikan kasus sebanyak 93,11 persen. Sementara di tahun 2021 meningkat hingga 112,22 persen.

Lonjakan kasus COVID setelah Lebaran sebetulnya telah diprediksi oleh berbagai pihak, mengingat masyarakat Indonesia memiliki tradisi bersilaturahmi ke keluarga dan kerabat sehingga meningkatkan kontak fisik dengan orang lain. Sekalipun aturan PPKM dan jaga jarak telah digaungkan, tetapi kelalaian masyarakat turut membuat kasus COVID di Indonesia pada saat itu meningkat tajam. Belum lagi ditambah dengan kebiasaan mudik masyarakat Indonesia ke kampung halaman yang memungkinkan kontak fisik semakin tinggi terjadi, apalagi jika menggunakan transportasi umum.

Kasus COVID Setelah Lebaran Tahun 2022

Jika di tahun 2020 dan tahun 2021, lonjakan kasus COVID setelah Lebaran terbilang mengkhawatirkan, di tahun 2022 jumlahnya lebih terkendali. Usia Lebaran tahun 2022, kasus COVID di Indonesia maupun dunia terus mengalami penurunan.

Selepas libur Idulfitri tahun 2022, tidak ditemukan varian baru virus COVID di Indonesia. Tidak tampak pula peningkatan kasus yang ekstrem walaupun di tahun itu virus COVID di Indonesia masih belum musnah sepenuhnya.

Jumlah kasus COVID di Indonesia yang terkendali pasca Lebaran tahun 2022 bisa jadi dikarenakan herd immunity yang terjadi di masyarakat dan juga pengaruh vaksin COVID-19 yang mulai didistribusikan di berbagai daerah di Indonesia.

Kasus COVID di Indonesia Tahun 2023

Di bulan Maret 2023 ini, Badan Kesehatan Dunia atau Who mengumumkan bahwa COVID-19 tidak lagi menjadi kondisi darurat kesehatan global. Hal ini tentu sebuah kabar baik karena masyarakat telah dapat beraktivitas seperti semula.

Namun, kita tidak boleh lengah. Pasalnya, di Singapura dan India terpantau adanya kenaikan kasus COVID-19. Adanya varian baru COVID-19, yaitu varian Arcturus. Dilansir dari laman Sehat Negeriku, adanya lebih dari 1.000 kasus kematian baru terkait COVID di Indonesia. Kasus aktif pun meningkat menjadi 10.881 di akhir bulan April 2023 silam.

Kenaikan kasus COVID di Indonesia ini dipicu varian baru subvarian Arcturus atau XBB 1.16 yang sangat menular.

Dilaporkan gejala COVID-19 varian Arcturus ini meliputi:

  • Mata merah atau konjungtivitis
  • Belekan dan mata lengket
  • Batuk
  • Demam
  • Sakit tenggorokan
  • Nyeri pada persendian
  • Nafsu makan menurun

Apabila merasakan gejala-gejala di atas, segera periksakan diri ke dokter dan lakukan isolasi mandiri selama 14 hari.

Saat ini kasus COVID-19 varian Arcturus ini paling banyak ditemukan di India. Meskipun begitu, kita tidak boleh gegabah karena kasus COVID di Indonesia biasanya mengikuti pola yang terjadi di India. Di India sendiri terjadi lonjakan kasus hingga 20 persen dalam satu hari dengan kasus mencapai lebih dari 12.500 kasus.

Untuk mencegah penularan virus COVID-19 varian Arcturus, pastikan untuk selalu menggunakan masker terutama saat beraktivitas di luar rumah bersama orang lain, rajin mencuci tangan menggunakan air dan sabun atau hand sanitizer, serta menerapkan etika batuk.

Dukung imun tubuh dengan rajin mengonsumsi makanan yang sehat, berolahraga, minum air putih, dan beristirahat yang cukup. Jangan lup untuk mendapatkan vaksin yang dapat membantu memperkuat kekebalan tubuh dari virus COVID-19. Di Indonesia, ada beberapa opsi vaksin COVID-19 yang bisa dipilih dan tersedia di pusat-pusat vaksinasi yang tersebar di seluruh Indonesia, salah satunya adalah vaksin Indovac.

Indovac vaksin merupakan vaksin yang diproduksi oleh Bio Farma yang berlokasi di Bandung. Vaksin ini sudah mendapatkan izin penggunaan darurat dari BPOM dan telah mendapatkan sertifikasi halal dari MUI. Saat ini vaksin IndoVac Indonesia dapat dijadikan pilihan untuk booster bagi penerima vaksin jenis Sinovac dosis primer sebelumnya.

Semoga informasi seputar perkembangan kasus COVID di Indonesia ini bermanfaat.

Cek artikel seputar kesehatan lainnya hanya di Jovee. Follow juga media sosial Jovee, @jovee.id di Instagram dan Tiktok untuk dapatkan promo menarik dan informasi kesehatan lainnya.

Apa Itu Jovee?

Jovee adalah pusat suplemen dan vitamin yang menawarkan produk original, lengkap, dengan harga yang murah. Kamu bisa temukan vitamin dan suplemen berdasarkan kebutuhan nutrisi tubuh dengan harga yang lebih murah dan gratis ongkir.

Setiap vitamin dan suplemen yang dijual di Jovee telah mendapatkan nomor BPOM, sehingga dijamin keaslian produknya. Jovee menawarkan pengalaman beli vitamin dan skincare yang mudah, hemat, dan gratis ongkir.

Kamu bisa membeli vitamin dan kebutuhan kesehatan melalui Jovee Official Store di Shopee, Tokopedia, dan Lazada. Nikmati belanja lebih mudah, promo lebih banyak, serta gratis ongkir hanya di Jovee Official Store melalui platform e-commerce ternama dan terbesar di Indonesia.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

perawatan kulit ibu hamil

Tips Perawatan Kulit Ibu Hamil, Ketahui Apa Saja Bahan yang Aman Digunakan

Kesehatan Kulit   20/09/2023
tas persiapan melahirkan

Ini Daftar Barang untuk Mengisi Tas Persiapan Melahirkan

Kesehatan Lainnya   15/09/2023
menstruasi setelah melahirkan

Kapankah Mulai Lagi Menstruasi Setelah Melahirkan?

Kesehatan Lainnya   13/09/2023
persiapan melahirkan

Apa Saja Hal yang Perlu Dilakukan Selama Persiapan Melahirkan?

Kesehatan Lainnya   09/09/2023
laser hair removal

Semua Hal yang Perlu Kamu Tahu tentang Treatment Laser Hair Removal

Kesehatan Lainnya   06/09/2023