fbpx
BerandaGaya Hidup SehatPerkuat Hubungan, Ini 5 Manfaat Deep Talk

Selain obrolan-obrolan kecil, deep talk juga penting untuk mempererat hubungan baik dengan pasangan, teman, dan keluarga. Memang benar bicara dari hati ke hati cukup menakutkan, karena kita akan memberitahukan sesuatu yang kompleks, dan tak jarang deep talk selalu diisi dengan pandangan kita mengenai kehidupan.

manfaat-deep-talk

Padahal, deep talk yang dilakukan dengan pemikiran terbuka bisa meluruskan banyak hal. Mulai dari kesalahpahaman, mendapatkan perspektif baru, hingga merasa lebih dekat satu sama lain. Selain itu, proses ini juga merupakan bagian dari ‘berkenalan’ baik dengan diri sendiri maupun pasangan (teman, keluarga, bahkan orang asing sekalipun).

Bahkan, sebuah studi menunjukkan manfaat deep talk: menjadi lebih bahagia. Dalam penelitian ini, ditemukan bahwa partisipan dengan lebih banyak deep talk dibanding obrolan kecil dilaporkan memiliki tingkat kebahagiaan yang lebih baik.

Sang peneliti, Prof. Mehl, dilansir dari Medical News Today juga mengatakan, “Kami menilai obrolan kecil dilakukan antara dua orang yang hanya mengenal sedikit atau bahkan belum mengenal satu sama lain.”

“Sementara itu, saat melakukan deep talk ada informasi yang penting dan berarti yang didapat mengenai seseorang. Entah itu pandangan politik, relasi, apa pun itu diberikan dalam porsi yang lebih mendalam.”

Obrolan kecil atau small talk biasanya dilakukan untuk mencairkan suasana, sebagai permulaan untuk memancing tanggapan dari lawan bicara. Jika satu sama lain tertarik dengan topik yang diangkat, pembicaraan ini bisa menjadi lebih dalam yang kemudian kita sebut dengan deep talk.

Lalu, bagaimana bisa deep talk membuat seseorang dan hubungannya menjadi lebih lancar dan bahagia?

Manfaat deep talk

Ada banyak manfaat deep talk dengan pasangan, teman, keluarga, hingga orang asing sekalipun. Beberapa di antaranya adalah:

1. Meluruskan kesalahpahaman

Bicara dari hati ke hati, deep talk dapat membantu meluruskan kesalahpahaman yang terjadi. Dengan begitu, beban emosional juga dapat berkurang karena kecenderungan memendam dapat dikurangi. Berani terbuka satu sama lain akan membuat kamu dan orang sekitar jadi lebih mudah untuk saling memahami. Diskusikan dengan cara asertif dan fokus pada solusi agar hubungan menjadi semakin erat dan awet.

2. Menambah wawasan diri

Dunia tidak berpusat pada diri kita. Kita perlu membuka pikiran akan masukan dan pendapat orang lain, dengan tetap mempertahankan prinsip hidup yang dijalani. Dengan deep talk, kamu akan mendapatkan banyak sekali perspektif bahkan ide-ide baru, mengingat tidak ada satu pun manusia yang sama di dunia ini.

3. Lebih menghargai pendapat orang lain

Agree to disagree, tidak semua opini perlu kita setujui. Namun, penting untuk menghargai apa pun yang berbeda dari kita dan orang lain. Baik itu pandangan hidup, prinsip, dan nilai-nilai yang dianut. Dengan deep talk, kamu jadi lebih paham sisi lain dari kehidupan yang bertentangan dengan apa yang kamu percayai, meskipun kamu tidak setuju.

4. Melatih kemampuan komunikasi

Manfaat deep talk lainnya melatih kemampuan komunikasi. Mendengar adalah skill luar biasa yang perlu diasah, berikut menyampaikan opini dengan baik. Deep talk melatih kedua kemampuan ini, di mana kamu perlu mendengarkan pendapat orang lain dan menyampaikan apa yang kamu rasakan dengan cara yang asertif.

5. Hubungan yang lebih erat

Baik pada pasangan, teman, maupun keluarga, manfaat dari deep talk yang paling dirasakan adalah hubungan yang menjadi lebih kuat dan erat. Mengapa bisa begitu? Saat deep talk, kamu dan lawan bicara menjadi lebih terkoneksi satu sama lain. Selain itu, apa saja dapat dibicarakan saat deep talk tanpa takut akan penghakiman (safe space). Dengan begitu, hubungan emosional yang terjalin menjadi lebih kuat berkat pemahaman akan satu sama lain.

Tidak ada aturan pasti mengenai deep talk. Kamu bisa melakukan deep talk dengan siapa pun, bahkan orang asing sekalipun. Itulah 5 manfaat deep talk untuk hubungan yang lebih baik. Cek artikel seputar kesehatan lainnya hanya di Jovee, pusat vitamin harian personalmu. Follow juga media sosial Jovee, @jovee.id di Instagram dan Tiktok untuk dapatkan promo menarik dan informasi kesehatan lainnya.

Apa Itu Jovee?

Jovee adalah pusat suplemen dan vitamin yang menawarkan produk original, lengkap, dengan harga yang murah. Kamu bisa temukan vitamin dan suplemen berdasarkan kebutuhan nutrisi tubuh dengan harga yang lebih murah dan gratis ongkir.

Setiap vitamin dan suplemen yang dijual di Jovee telah mendapatkan nomor BPOM, sehingga dijamin keaslian produknya. Jovee menawarkan pengalaman beli vitamin dan skincare yang mudah, hemat, dan gratis ongkir.

Kamu bisa membeli vitamin dan kebutuhan kesehatan melalui Jovee Official Store di Shopee, Tokopedia, dan Lazada. Nikmati belanja lebih mudah, promo lebih banyak, serta gratis ongkir hanya di Jovee Official Store melalui platform e-commerce ternama dan terbesar di Indonesia.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

shampoo conditioner

Rekomendasi Shampoo Conditioner untuk Rambut Halus dan Lembut

Gaya Hidup Sehat   08/08/2023
udara pagi yang bagus jam berapa

Udara Pagi yang Bagus Jam Berapa Ya?

Gaya Hidup Sehat   29/07/2023
kesehatan mulut dan gigi

Tips Menjaga Kesehatan Mulut dan Gigi Anak

Gaya Hidup Sehat   25/07/2023
ciri-ciri orang vegetarian

Seperti Apakah Ciri-ciri Orang Vegetarian?

Gaya Hidup Sehat   20/04/2023

Menu Puasa untuk Bentuk Tubuh Ideal

Gaya Hidup Sehat   30/03/2023