fbpx
BerandaMakanan SehatPisang Hijau, Kuning, Coklat: Kenali Manfaat Buah Pisang

Beberapa mungkin masih bingung saat mau mengambil manfaat buah pisang sebab banyaknya variasi yang ada di pasaran. Jika berangkat dari warnanya, kita cenderung akan menyingkirkan pisang hijau karena ia belum matang. Padahal tiap warna dan kematangan menawarkan gizi yang cukup berbeda.

manfaat-buah-pisang

Warna dan Gizi Buah Pisang

Jika kita ke pasar atau toko buah, kita bisa melihat adanya pisang berwarna hijau bahkan hingga yang coklat. Tiap warna ini menandakan fase kematangan dari pisang itu sendiri. Dan, kandungan buah pisang mengalami sedikit perubahan dari warna yang berubah tersebut.

Pisang Hijau, Belum matang

Pisang hijau menandakan buah yang masih muda dan belum matang. Namun, dalam fase kematangan apa pun, buah pisang tetap menawarkan manfaat untuk kesehatan.

Warna hijau pada pisang menandakan tingkat pati resisten yang sangat tinggi dibandingkan dengan fase kematangan lainnya. Kandungan ini pula yang membuat tekstur pisang agak lunak. Pisang hijau juga membuat kenyang lebih cepat meskipun perut menjadi kembung dan penuh gas.

Walaupun rasanya tidak manis, pisang hijau punya indeks glikemik yang rendah. Pati yang ada di dalamnya akan dipecah menjadi glukosa, tidak seperti pisang matang yang telah menjadi gula. Ini berarti kenaikan gula darah yang lambat.

Pisang Kuning, Matang

Pisang kuning jadi buah yang paling diminati dari buah pisang lainnya. Pada warna ini, pati pisang berubah menjadi gula. Pisang pun akan menjadi manis dan lembut.

Sementara buah ini lebih mudah dimakan dan dicerna, indeks glikemiknya meningkat serta beberapa vitamin dan mineral berkurang. Di sisi lain, pisang kuning punya antioksidan yang sangat tinggi. Nutrisi yang ada di dalamnya pun lebih mudah diserap.

Pisang Coklat, Kelewat Matang atau Sangat Matang

Sebelum menjadi coklat secara keseluruhan, pisang kuning akan menampakkan bintik-bintik kecoklatan. Selain menandakan kalau buahnya mulai menua, bintik tersebut menandakan pati yang diubah menjadi gula. Jadi jangan heran kenapa pisang yang terlalu matang rasanya bisa begitu manis.

Lalu, dengan dominannya gula pada pisang coklat, klorofil di dalamnya pun ikut berganti dan menjadikan tingkat antioksidan yang melimpah pada pisang yang terlalu matang. Nutrisionis Jovee Kelvin Halim menambahkan bahwa tingkat kemanisan ini membuatnya bagus untuk dijadikan bahan masakan seperti kue pisang atau pancake pisang.

Kandungan Gizi Buah Pisang

Terlepas dari warna atau tingkat kematangannya, pisang masih berupa buah dengan sumber gizi yang besar. Kamu bisa menjumpai beberapa nutrisi berikut dalam 100 gram buah pisang.

  • Energi: 89 kalori
  • Karbohidrat: 22,8 gram
  • Serat: 2,6 gram
  • Lemak: 0,3 gram
  • Protein: 1,1 gram
  • Kalium: 10% dari angka kecukupan gizi (AKG)
  • Vitamin B6: 18% dari AKG
  • Vitamin C: 15% dari AKG
  • Magnesium: 7% dari AKG
  • Mangan: 13% dari AKG

Kamu juga dapat menemukan kandungan potassium pada daun kelor. Konsumsi suplemen Sidomuncul Sari Daun Kelor – Suplemen Kesehatan (Rp81.750) untuk menjaga kesehatan.

Berbagai Manfaat Buah Pisang

1. Ramah untuk Pengidap Diabetes

Karena pati resistennya yang melimpah, buah pisang hijau seringkali dibuat menjadi bubur atau tepung yang digunakan untuk produk makanan dan riset sains. Beberapa studi pernah menjelaskan kalau tepung pisang hijau dapat meningkatkan sensitivitas insulin secara efektif.

Selain kaitannya dengan insulin, pisang hijau juga bermanfaat untuk menurunkan masalah liver dan ginjal yang berhubungan dengan diabetes. Khasiat buah pisang hijau ini sangatlah baik, khususnya untuk penderita diabetes.

2. Untuk Pencernaan yang Sehat

Pisang merupakan buah dengan sumber prebiotik yang besar. Hal ini dikarenakan seratnya yang dapat membantu menutrisi bakteri baik atau probiotik di dalam usus. Prebiotik dari buah pisang ini menyokong sistem pencernaan dengan mendukung pertumbuhan bakteri baik yang terlibat dalam penyerapan makanan.

Berkat prebiotik ini, buah pisang jadi santapan lezat untuk kesehatan usus, pencernaan, dan kelancaran buang air besar. Manfaat ini pun bisa dimaksimalkan dengan makanan yang juga mengandung probiotik seperti yogurt.

Selain itu, beberapa studi menakar efek dari pisang hijau dan menemukan kalau ia dapat mengobati sembelit dan diare pada anak-anak.

3. Membantu Menurunkan Berat Badan

Meski komponen pati sangat tinggi dalam pisang hijau, rasa sedikit sepatnya sebanding dengan kalori rendah serta serat yang disimpannya. Kedua sifat buah tersebut dapat menjamin diet terkontrol untuk menurunkan berat badan. Sebab, kamu bisa mudah kenyang dengan memakan pisang hijau dan terhindar dari yang namanya overeating.

4. Menurunkan Tekanan Darah

Pisang juga jadi sumber kalium yang baik bagi tubuh. Nutrisi ini memiliki peranan dalam mengendalikan tekanan darah, khususnya bila dipadukan dengan pola makanan minim sodium.

Konsumsi pisang yang rutin disarankan untuk kesehatan karena buah ini dapat melengkapi kebutuhan tubuh akan kalium. Dengan fungsi kalium dalam menurunkan tekanan darah, berbagai penyakit seperti stroke dan ginjal bisa dihindari.

5. Membantu Proses Penyembuhan Luka

Sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang terdapat pada kulit pisang menjadikannya sering dijadikan obat tradisional untuk penyembuhan luka. Beberapa perawatan tradisional memercayai kegunaan kulit pisang untuk memulihkan serta memberi perlindungan pada bekas gigitan nyamuk dan luka ringan lainnya.

Selain itu, pisang mengandung vitamin C yang membantu produksi kolagen. Zat ini merupakan komponen yang sangat penting bagi kesehatan kulit.

6. Sumber Energi yang Baik

Buah pisang, khususnya yang matang, bisa jadi cemilan yang sehat karena karbohidrat di dalamnya mudah dibentuk menjadi gula sebagai pemasok energi. Apalagi saat setelah latihan, karbohidrat akan diperlukan untuk pengisian energi kembali dan memperbaiki serat-serat otot yang terkikis.

Molekul gula pada pisang matang akan menggapai jaringan otot ketika tubuh memerlukannya. Pasokan ini akan langsung diubah menjadi energi yang dibutuhkan tubuh untuk menambah kinerja otot dan kekuatan.

7. Memperbaiki Mood

Manfaat buah pisang lainnya terkandung di dalam tipe asam amino bernama triptofan. Zat ini diolah untuk produksi serotonin sebagai salah satu hormon pembangkit kebahagiaan. Serotonin dengan kadar yang seimbang dapat menaikkan mood dan mencegah kelainan mood, seperti gelisah atau depresi.

Antioksidan yang terdapat di buah pisang juga membantu pelepasan dopamin di dalam otak. Hormon ini juga memengaruhi mood. Dengan rajin menyantap pisang, kamu bisa memelihara keseimbangan transmisi saraf agar suasana hati tidak mudah kacau.

8. Merawat Fungsi Ginjal

Unsur kalium pada buah pepaya juga memiliki peran penting di hampir tiap bagian tubuh, tak terkecuali ginjal. Beberapa peneliti mengungkapkan bila konsumsi pisang yang cukup dapawt memberikan perlindungan ke fungsi ginjal serta melawan penyakit ginjal.

Sebuah studi pernah menunjukkan kalau konsumsi pisang dalam jumlah besar per bulannya dapat mengurangi risiko berkembangnya kanker ginjal renal cell carcinoma (RCC).

Meski begitu, kamu juga perlu memerhatikan kadar kalium yang ada di buah pisang. Sebab, ginjal belum tentu bisa mentolerir kalium yang tinggi. Apalagi kalau ginjal terkena penyakit atau sudah menyimpan tingkat kalium yang tinggi.

9. Mendukung Kesehatan Jantung

Kalium dan magnesium dalam buah pisang tergolong tinggi. Besarnya kedua nutrisi ini menjadikan pisang sebagai buah yang berguna bagi kesehatan jantung. Nutrisi ini berfungsi untuk mengatur tekanan darah sehingga kondisi di mana tegangan pada otot jantung bisa diminimalkan.

Pisang juga mengandung magnesium yang banyak. Mineral ini terlibat dalam banyak reaksi enzim dan menjadi komponen penting untuk kesehatan jantung. Tubuh yang kekurangan magnesium malah dapat menjurus pada penyakit kronis, seperti diabetes dan tekanan kolesterol tinggi.

10. Meningkatkan Libido Pria

Kaum adam khususnya bisa memperoleh banyak manfaat dari buah pisang. Kalium di dalam buah ini dapat menaikkan produksi hormon testosteron dan libido pria. Serotonin yang bertambah karena triptofan buah pisang juga dapat menaikkan dorongan nafsu pada pria.

Enzim bromelain dan vitamin B yang terdapat di buah pisang juga bisa mengatur hormon testosteron dan meningkatkan kemampuan serta kejantanan pria.

11. Meredakan Maag

Buah pisang memiliki kelebihan lainnya dalam menyembuhkan maag. Pisang mengatur pH lambung dan menguatkan lapisan lendir sehingga rasa sakit bisa reda. Serat juga punya andil dalam mempercepat perpindahan makanan di dalam usus sehingga gejala refluks bisa terhindarkan.

12. Memelihara Fungsi Penglihatan

Pisang diperkaya antioksidan dan karotenoid. Kombinasi kedua komponen ini dengan mineral baik membuat pisang berkhasiat untuk kesehatan mata. Penurunan fungsi makula mata (AMD), katarak, penyakit rabun senja, dan glaukoma (kerusakan saraf optik) dapat dihindari dengan konsumsi buah pisang yang rutin.

13. Memperkuat Tulang

Buah pisang punya keterkaitan penyerapan kalsium yang baik karena adanya prebiotik yang membantu bakteri baik dalam pemasukan mineral dan nutrisi lainnya ke seluruh tubuh. Kalsium sendiri merupakan unsur yang sangat penting untuk produksi dan pertumbuhan kembali zat-zat tulang. Mineral ini juga dapat mencegah munculnya osteoporosis.

14. Keuntungan Nutrisi untuk Ibu Hamil

Beberapa nutrisi di dalam buah pisang juga diperlukan ibu hamil. Sebut saja vitamin B6 yang dapat meredakan mual dan morning sickness. Pisang juga mengandung folat yang baik untuk perkembangan otak dan sumsum tulang belakang janin. Kegunaan folat akan membantu ibu hamil mengurangi kemungkinan terjadinya cacat lahir pada bayi.

15. Mengobati Masalah Haid

Aplikasi buah pisang sebagai obat tradisional rupanya juga melingkupi pemulihan masalah menstruasi. Jantung pisang yang dimasak dapat membantu mengurangi rasa sakit dan pendarahan berlebih saat siklus haid berlangsung serta permasalahan haid lainnya.

Banyak sekali manfaat buah pisang yang bisa kita peroleh. Kelebihan itu juga dapat dipetik saat buahnya belum matang sampai sangat matang. Bahkan, hingga jantung pisang pun menawarkan khasiat yang baik untuk pemulihan kondisi kesehatan. Setelah mengetahuinya, tentu kamu tak ingin melewatkan berbagai nilai positif dari buah ini, kan?

Baca juga:

Pisang Adalah Makanan Pendamping ASI yang Bagus untuk Bayi, Mengapa?

Beragam Buah yang Tidak Dianjurkan untuk Ibu Hamil

4 Makanan Sehat yang Ramah Jantung dan Lambung

Ingin tahu manfaat buah lainnya? Simak artikel Jovee lainnya dan unduh aplikasinya sekarang! Dengan Jovee, kamu juga dapat melihat rekomendasi suplemen sesuai kebutuhan personalmu.

Penulis: Arofah Hafizh A

 

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

buah-jujube-adalah

Buah Jujube, Buah Merah Kaya Manfaat untuk Kesehatan

Makanan Sehat   17/11/2022
manfaat-sirih-cina

6 Manfaat Sirih Cina untuk Kesehatan

Makanan Sehat   15/11/2022
contoh-makanan-vegetarian

7 Contoh Makanan Vegetarian untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Makanan Sehat   04/10/2022
hari-vegetarian-sedunia

Hari Vegetarian Sedunia: Yuk, Kenali Apa Itu Vegetarian!

Makanan Sehat   01/10/2022
manfaat-temu-ireng

7 Manfaat Temu Ireng untuk Kesehatan

Makanan Sehat   30/06/2022