fbpx
BerandaVitamin & SuplemenPrimrose Oil

Obat atau suplemen yang menggunakan bahan alami hingga saat ini masih memiliki peminatnya tersendiri. Tidak bisa dipungkiri bahwa masih banyak obat atau suplemen yang mengambil bahan atau senyawa aktif dari berbagai macam tanaman. Salah satu tanaman yang sering diekstrak untuk diambil minyaknya adalah tanaman evening primrose untuk menghasilkan primrose oil.

manfaat-primrose-oil

Pernahkah Anda mendengar mengenai primrose oil atau evening primrose oil? Evening primrose oil merupakan minyak yang diambil atau diekstrak dari tanaman evening primrose. Ekstrak dari biji tanaman ini banyak digunakan dalam pengobatan. Menurut berbagai penelitian, evening primrose oil memiliki berbagai manfaat terutama bagi kesehatan kulit.

Primrose oil sebagian besar tersedia dalam bentuk kapsul lunak. Namun, primrose oil juga dapat dijadikan bahan dalam pembuatan produk seperti sabun maupun produk kecantikan. Lalu, apa itu evening primrose oil dan apa saja manfaatnya? Mari simak ulasan dibawah ini untuk informasi lebih lanjut.

Mengenal Evening Primrose Oil

Evening primrose merupakan nama tanaman yang berasal dari Amerika Selatan dan Utara, juga tumbuh di Eropa dan sebagian daerah Asia. Evening primrose ini memiliki nama ilmiah Oenothera biennis. Tanaman ini memiliki ciri khas yaitu kelopak bunganya yang berwarna kuning dan akan menguncup saat siang hari lalu mekar saat matahari terbenam.

Biji dari tanaman evening primrose ini akan diambil dan diproses untuk diekstrak sehingga menghasilkan minyak yang biasa disebut evening primrose oil. Berbagai produk dapat dibuat dengan bahan dasar evening primrose oil, mulai dari produk kecantikan, sabun, hingga suplemen untuk kulit seperti Blackmores Evening Primrose Oil dan fish Oil (Rp347.998).

Bagaimana cara kerja primrose oil?

Berbagai penelitian menyebutkan bahwa ekstraksi minyak dari tanaman evening primrose (evening primrose oil) memiliki banyak manfaat terhadap kesehatan tubuh terutama pada kulit. Evening Primrose Oil memiliki dua jenis kandungan asam lemak omega-6, yaitu asam linoleic dan asam gamma-linoleic, dimana keduanya adalah asam lemak esensial yang tidak diproduksi oleh tubuh.

Asam lemak ini secara umum dapat membantu untuk mengurangi terjadinya proses inflamasi atau proses peradangan. Selain itu, Omega-6 juga dapat berfungsi untuk menjaga kelembapan kulit sehingga dapat mencegah kulit kering dan mempertahankan kekencangan serta elastisitas kulit.

Apa saja manfaat primrose oil?

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa evening primrose oil dapat memiliki manfaat terhadap:

  • Kerusakan saraf akibat diabetes

Penyakit diabetes dapat menyebabkan komplikasi berupa kerusakan saraf ujung yang ditandai dengan gejala mati rasa/tebal/rasa terbakar/tersetrum. Penggunaan evening primrose oil rutin selama 6-12 bulan memiliki potensi efek positif terhadap perbaikan gejala kerusakan saraf akibat diabetes.

  • Osteoporosis

Kombinasi pemakaian evening primrose oil, fish oil, dan kalsium diduga dapat mengurangi proses keropos pada tulang dan sebaliknya meningkatkan kepadatan tulang.

Pada beberapa penyakit, primrose oil membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan dan melihat bahwa primrose oil dapat memiliki manfaat. Misalnya pada:

  • Eksim
  • Rheumatoid arthritis (RA)
  • Diabetic neuropathy
  • Gejala menopause
  • Multiple sclerosis

Seperti suplemen yang lain, primrose oil bukan merupakan obat yang bertujuan untuk menyembuhkan suatu penyakit namun bertujuan untuk membantu proses penyembuhan. Anda tetap harus melakukan konsultasi kepada Dokter agar mendapatkan penanganan dan terapi yang tepat untuk kondisi penyakit Anda.

Apakah primrose oil aman untuk digunakan?

Primrose oil dilaporkan aman untuk dikonsumsi sebagian besar orang jika dikonsumsi sesuai dosis yang dianjurkan. Dosis yang direkomendasikan adalah maksimal 6 gram dalam satu hari. Pada beberapa orang, konsumsi primrose oil dapat menimbulkan efek samping ringan seperti gangguan pencernaan, mual, diare, dan nyeri kepala.

Apabila dioleskan pada kulit, belum ada informasi yang menunjukkan berapa dosis primrose oil untuk kulit. Sehingga, belum ada efek samping yang dapat dipastikan.

Sebaiknya Anda tidak mengkonsumsi primrose oil apabila Anda memiliki gangguan pembekuan darah. Penggunaan suplemen ini secara oral memiliki peluang untuk meningkatkan resiko perdarahan. Apabila Anda berencana untuk menjalani operasi, hentikan penggunaan primrose oil dua minggu sebelum operasi.

Pada wanita hamil dan menyusui, belum ada data yang menjamin keamanan untuk mengkonsumsi primrose oil. Oleh karena itu, apabila Anda sedang hamil atau menyusui, Anda sebaiknya menghindari untuk mengkonsumsi suplemen ini. Jika ragu, Anda dapat melakukan konsultasi terlebih dahulu kepada Dokter Kandungan Anda.

Apabila Anda memiliki riwayat atau sedang dalam pengobatan suatu penyakit, Anda sebaiknya melakukan konsultasi terlebih dahulu kepada Dokter sebelum mengkonsumsi suplemen yang mengandung primrose oil. Hal ini penting untuk menghindari terjadinya interaksi obat yang tidak diinginkan.

Dapatkan promo vitamin menarik dengan mengunduh aplikasi Jovee di Play Store dan App Store. Dapatkan rekomendasi suplemen yang kamu cari dari pusat vitamin terlengkap, Jovee. Kamu juga bisa mencari tahu kebutuhan vitaminmu lewat konsultasi gratis bersama nutrisionis Jovee.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

blackmores untuk kulit

Ini 6 Kandungan Blackmores untuk Kulit yang Perlu Kamu Tahu

Vitamin & Suplemen   20/05/2022
vitamin-caviplex

Mengenal Vitamin Caviplex: Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

Vitamin & Suplemen   04/05/2022
info-pengiriman-2022

Info Pengiriman Pesanan Selama Lebaran 2022

Vitamin & Suplemen   29/04/2022
vitamin-untuk-daya-tahan-tubuh-saat-puasa

7 Rekomendasi Vitamin Terbaik untuk Daya Tahan Tubuh Saat Puasa

Vitamin & Suplemen   28/03/2022
vitamin-puasa

11 Rekomendasi Vitamin untuk Puasa agar Tetap Sehat & Kuat

Vitamin & Suplemen   24/03/2022