fbpx
BerandaKesehatan LainnyaPropylene Glycol: Kegunaan dan Efek Samping

Coba cek kandungan sampo, sabun, bahkan skincare kalian deh Jovians. Dari sekian banyak kandungan, salah satu kandungan yang hampir ditemukan di banyak produk perawatan ini adalah propylene glycol. Lalu, apa manfaat dan kegunaan propylene glycol? Yuk, simak selengkapnya di artikel Jovee berikut!

propylene-glycol-adalah

Apa itu propylene glycol?

Dilansir dari Very Well Health, propylene glycol adalah jenis alkohol yang menyerap air dan bercampur sempurna dengan banyak jenis pelarut. Senyawa organik ini mengandung karbon dan memiliki bentuk cair, yang dapat menguap saat dipanaskan atau dikocok dengan kecepatan tinggi.

Penggunaan senyawa ini dianggap aman dan tidak beracun oleh Food and Drug Administration (FDA). Purvisha Patel, seorang dermatologi, melalui Healthline juga mengatakan bahwa penggunaan propylene glycol aman digunakan karena bukanlah senyawa aktif.

Manfaat propylene glycol

Banyak ditemukan dalam berbagai produk, apa manfaat propylene glycol?

1. Sebagai bahan pengawet

Kegunaan propylene glycol yang satu ini membantu memperpanjang masa kedaluwarsa produk skincare. Berkat sifat antimikroba di dalamnya, propylene glycol membantu mencegah pertumbuhan mikroorganisme berlebihan sehingga masa pakai produk jadi lebih tahan lama.

2. Bekerja sebagai humektan

Pada tingkat rendah, propylene glycol sering digunakan untuk meningkatkan skincare sebagai pelembab. Ini dikarenakan propylene glycol memiliki afinitas tinggi terhadap air, sehingga sering digunakan dalam formulasi pelembab. Humektan menjaga kulit tetap terhidrasi dan kenyal, dengan cara menarik air ke dalam kulit.

3. Membantu bahan lain jadi lebih efektif

Karena sifatnya yang mengikat, bahan aktif dapat menembus kulit lebih baik dengan bantuan propylene glycol. Dengan kata lain, propylene glycol membuat skincare kamu bekerja lebih efektif.

4. Membantu slow aging

Kegunaan propylene glycol sebagai humektan juga berperan dalam membantu menghambat penuaan dini. Seiring bertambahnya usia, kulit manusia cenderung lebih kering. Kurangnya hidrasi kulit akan mempercepat penuaan, seperti garis halus dan kerutan. Kareena propylene glycol membantu mengikat air, kulit kering dapat diatasi.

Selain produk perawatan kulit, propylene glycol juga sering digunakan dalam bahan makanan loh Jovians! Penggunaan senyawa ini dalam makanan dinilai aman, karena propylene glycol diproses oleh tubuh dalam waktu 48 jam, dan diubah menjadi sumber energi.

Tidak seperti etilen glikol, propylene glycol tidak membentuk kristal berbahaya karena dipecah di dalam tubuh. Jumlah yang tidak dipecah dan dimetabolisme akan dikeluarkan oleh tubuh dalam urin. Makanya, penggunaan senyawa ini dalam makanan dinilai aman jika diberikan sesuai dengan batas yang telah ditentukan.

Sejumlah manfaat propylene glycol dalam makanan di antaranya adalah:

  • Sebagai agen anticaking, yang membantu mencegah terbentuknya gumpalan pada makanan
  • Sebagai pelarut dalam penyedap makanan, dengan membantu mencampur bahan-bahan di dalamnya
  • Sebagai penguat adonan
  • Sebagai penambah rasa
  • Sebagai bahan pengawet, karena sifat antimikroba yang membantu membunuh dan mencegah pertumbuhan mikroorganisme bakteri dan jamur.
  • Sebagai pengental makanan
  • Membantu mempertahankan kelembapan dalam makanan

Efek samping propylene glycol

Meski penggunaannya dinilai aman, bukan berarti senyawa ini cocok untuk semua orang. Pada skincare yang mengandung propylene glycol, sejumlah efek samping seperti reaksi alergi dermatitis bisa saja timbul.

Ruam dan kemerahan juga bisa muncul jika kamu memiliki kondisi kulit tertentu seperti eksim, riwayat alergi, dan punya kulit yang sensitif. Oleh sebab itu, selalu melakukan patch test sebelum mencoba skincare baru ya Jovians. Kamu bisa lakukan langkah mudah ini:

  • Aplikasikan produk pada area kulit yang dekat dengan tempat kamu akan menggunakan produk. Misal, kamu ingin mencoba lotion baru. Kamu bisa melakukan uji alergi pada area siku bagian dalam.
  • Tunggu selama 24 jam
  • Perhatikan apakah ada perubahan pada kondisi kulit seperti kemerahan, perih, atau iritasi
  • Jika tidak muncul reaksi apa pun, kamu bisa menggunakan produk tersebut

Nah, itulah sejumlah kegunaan dan efek samping dari propylene glycol yang perlu kamu ketahui. Ingin tahu informasi seputar kesehatan lainnya? Cek artikel seputar kesehatan lainnya hanya di Jovee, pusat vitamin harian personalmu. Follow juga media sosial Jovee, @jovee.id di Instagram dan Tiktok untuk dapatkan promo menarik dan informasi kesehatan lainnya.

Apa Itu Jovee?

Jovee adalah pusat suplemen dan vitamin yang menawarkan produk original, lengkap, dengan harga yang murah. Kamu bisa temukan vitamin dan suplemen berdasarkan kebutuhan nutrisi tubuh dengan harga yang lebih murah dan gratis ongkir.

Setiap vitamin dan suplemen yang dijual di Jovee telah mendapatkan nomor BPOM, sehingga dijamin keaslian produknya. Jovee menawarkan pengalaman beli vitamin dan skincare yang mudah, hemat, dan gratis ongkir.

Kamu bisa membeli vitamin dan kebutuhan kesehatan melalui Jovee Official Store di Shopee, Tokopedia, dan Lazada. Nikmati belanja lebih mudah, promo lebih banyak, serta gratis ongkir hanya di Jovee Official Store melalui platform e-commerce ternama dan terbesar di Indonesia.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

covid di Indonesia

Perkembangan Kasus COVID di Indonesia Saat Ini

Kesehatan Lainnya   30/05/2023
gejala covid di mata

Gejala Covid di Mata: Gejala dan Cara Mengatasinya

Kesehatan Lainnya   29/05/2023
cara mengatasi rambut patah akibat smoothing

Cara Mengatasi Rambut Patah Akibat Smoothing

Kesehatan Lainnya   28/05/2023
hair tonic untuk rambut rontok

Rekomendasi Hair Tonic untuk Rambut Rontok

Kesehatan Lainnya   14/05/2023
the balm meet matte review

The Balm Meet Matte Review

Kesehatan Lainnya   28/04/2023