fbpx
BerandaMakanan SehatRekomendasi 5 Makanan Kaya Nutrisi untuk Tubuh Sehat

Memenuhi kebutuhan nutrisi per hari bisa menjadi sebuah tantangan. Pasalnya, tidak semua orang memiliki akses atau bisa memperoleh sumber makanan kaya nutrisi setiap harinya. Terkadang nutrisi yang tidak terlengkapi pun digantikan dengan asupan suplemen meski hasilnya tidak sebaik makanan alami.

makanan-kaya-nutrisi

Dalam artikel kali ini, kita akan membahas makanan apa saja yang punya nutrisi melimpah. Sehingga, konsumsinya dalam takaran tertentu sudah bisa mengisi sebagian gizi yang kita perlukan.

Mengapa Makanan Kaya Nutrisi?

Meski jawabannya jelas untuk kesehatan, belum banyak orang yang sadar akan pentingnya pemenuhan tiap nutrisi yang dibutuhkan tubuh per harinya. Mereka memilih dan menyantap makanannya hanya sekedar untuk memuaskan rasa lapar.

Perhatian akan pentingnya makanan yang dipilih pun sebatas kebersihan dan porsi makanan yang cukup, meskipun hal ini tidak sepenuhnya salah. Namun, makanan yang bisa memenuhi kebutuhan nutrisi inilah yang paling dibutuhkan setiap orang agar kesehatan serta fungsi tubuh mereka bisa berjalan dengan semestinya. Kekurangan nutrisi malah bisa berisiko terhadap isu kesehatan hingga memicu penyakit.

Bicara soal makanan kaya nutrisi, hal yang menjadi cirinya adalah tingkat nutrisi per volume dari makanan itu. Makanan nutrisi tinggi tersebut menyimpan banyak nutrisi, dan umumnya mengandung sedikit kalori. Jenis makanan ini berbeda terbalik dengan makanan rendah nutrisi atau disebut pula makanan tinggi energi. Sebutan ini diberikan karena makanan jenis ini punya kalori yang banyak per volume makanannya dengan sedikit nutrisi.

Makanan kaya nutrisi lebih sering kita jumpai pada buah dan sayur serta beberapa pangan laut. Sebaliknya, makanan tinggi energi bisa berupa selai kacang, buah kering, dan keju. Meski terdengar lebih sedikit manfaat, makanan tinggi energi sebenarnya berguna untuk orang yang kurang berat badan yang membutuhkan kalori lebih agar beratnya naik.

Baca juga: Apa Akibatnya Bila Tubuh Kekurangan Gizi?

Daftar Makanan Kaya Nutrisi

Dari banyaknya makanan alami seperti buah, sayur, dan ikan, tidak semuanya menyimpan nutrisi yang besar. Di sisi lain, makanan kaya nutrisi memang benar adanya, dan berikut daftar makanan kaya nutrisi untuk memenuhi kebutuhan gizimu sehari-hari:

1. Sayur Kale

Kale memang tidak sepopuler sayur lain seperti bayam atau kangkung. Tapi, jangan remehkan sayur ini sebab kandungan nutrisi yang dimilikinya begitu besar.

Sayur yang termasuk dalam kelompok superfood ini menyimpan banyak vitamin dan mineral esensial serta antioksidan yang tinggi. Sayur ini pun merupakan salah satu menu utama dari diet Mediterania hingga diet ketogenik.

Vitamin A, C, dan K yang tinggi di sayur kale membuatnya jadi makanan yang baik untuk kesehatan kulit dan jantung. Bahkan, kandungan masing-masing vitamin tersebut dalam penyajian 100 gram sudah bisa memenuhi takaran gizinya per hari. Kale juga mengandung omega 3 yang penting dalam mengatur proses inflamasi yang terjadi di dalam tubuh.

2. Almond

Banyak kelebihan yang tersimpan di kacang almon. Makanan kaya nutrisi ini menyediakan 6 gram protein dan 4 gram serat dalam penyajian 23 almon. Selain itu, almon juga menawarkan kekayaan nutrisi vitamin E serta mineral magnesium, riboflavin, kalsium, dan kalium.

Indeks glikemik yang rendah membuat almon menjadi makanan yang baik untuk mengatur gula darah, terutama bagi penderita diabetes. Almon juga mengandung lemak yang besar, namun kebanyakan adalah lemak tak jenuh tunggal.

Sebuah studi memperlihatkan bila almon yang tidak dibuang kulitnya memiliki nutrisi yang jauh lebih kaya daripada ketika dibuang kulitnya. Di kulit tersebut pula terdapat hingga 20 senyawa antioksidan kuat berupa flavonoid yang memungkinkan menekan kadar kolesterol dan inflamasi.

Almon memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Di antaranya adalah menjaga kesehatan jantung, memelihara berat badan, serta mencegah batu empedu dan kanker.

3. Ikan Salmon

Selain dikenal sebagai ikan yang suka bermigrasi, salmon juga disukai banyak orang karena padatnya gizi yang dikandungnya. Seperti halnya kebanyakan ikan berlemak, salmon menyimpan jumlah asam lemak omega 3 yang besar. Namun, besarnya nutrisi salmon tidak hanya seputar omega 3.

Ikan salmon juga terdiri dari banyak protein hewani yang kualitasnya tinggi. Selain itu, ikan air tawar dan asin ini juga mengandung vitamin dan mineral. Magnesium, kalium, selenium, dan vitamin B merupakan beberapa nutrisi besar yang tersimpan di dalamnya.

Konsumsi rutin ikan berlemak sendiri diketahui memberikan manfaat untuk pencegahan risiko penyakit jantung. Selain itu fungsi otak juga dapat terpelihara secara baik dengan mengonsumsi ikan berlemak seperti salmon ini.

Dengan rasa yang enak dan penyajian yang tidak sesulit ikan lainnya, salmon dapat menjadi makanan nutrisi tinggi untuk anak dan juga makanan laut yang diperkenalkan pertama kali untuknya.

Jika tidak bisa melengkapi menu harian dengan salmon, kamu dapat menyantap ikan salmon sekali atau dua kali per minggunya. Jumlah penyajian tersebut bisa memenuhi omega 3 yang diperlukan tubuh.

Baca juga: 15 Manfaat Ikan Salmon: Dapat Mencegah ADHD

4. Ubi

Siapa yang mengira bila jenis umbi-umbian yang satu ini juga termasuk dalam makanan kaya nutrisi. Laman Center for Nutrition Studies menyebutkan jika setengah dari menu makanmu hanya terdiri dari ubi panggang tanpa garam, kamu bisa mendapatkan semua nutrisi yang diperlukan. Hal ini ditambah dengan indeks glikemiknya yang lebih rendah daripada kentang dan biji-bijian lainnya.

Dalam takaran 100 gram, ubi sudah bisa memenuhi kebutuhan vitamin A harian, selain dari padatnya juga vitamin C, vitamin B6 hingga mineral mangan, kalium, tembaga, maupun serat. Dengan melimpahnya nutrisi-nutrisi tersebut, ubi menawarkan manfaat yang lebih bagi kesehatan mata, fungsi otak, dan kelancaran sistem pencernaan.

Ubi juga memiliki antioksidan yang tinggi. Hal ini memberinya potensi dalam membantu melawan meningkatkan sistem imun tubuh dan menghindarkan dari risiko berkembangnya penyakit kanker.

5. Telur

Meski banyak yang menyebut bila kolesterol di dalamnya tidak baik untuk kesehatan, kuning telur malah termasuk makanan kaya nutrisi. Di sisi lain, bila jumlah takarannya diperhatikan pun, telur tidak akan memicu naiknya kadar kolesterol jahat LDL.

Kuning telur menyimpan banyak vitamin, mineral, dan nutrisi lainnya. Padatnya gizi tersebut pun dilengkapi kolin sebagai nutrisi esensial yang berdampak baik bagi fungsi liver, perkembangan otak, pergerakan otot, sistem saraf, dan metabolisme tubuh.

Tak sampai di situ, kuning telur juga tinggi akan kandungan lutein dan zeaxanthin sebagai antioksidan yang dapat melindunig mata dari penyakit katarak atau penurunan fungsi makula yang terdapat di pusat retina.

Banyaknya nutrisi pada kuning telur juga diperkaya bagian putihnya yang jika dipadukan bisa memberikan gizi protein, lemak, dan kalori yang seimbang. Kombinasi dua bagian telur ini juga dapat mengenyangkan perut dengan mudah.

Cara Memilih Makanan Kaya Nutrisi

Makanan kaya nutrisi bisa mudah ditemukan di pasar tradisional atau swalayan. Kamu bisa mendapatkan dalam makanan utuh seperti daging segar tanpa lemak, gandum utuh, kacang dan biji-bijian, serta kacang polong.

Jika terkendala dengan harganya yang mahal, kamu bisa memilih dalam makanan kemasan atau fortifikasi. Kamu pun bisa memilih makanan tinggi nutrisi dengan membaca label nutrisi di sampingnya. Tapi, perlu diingat bahwa makanan utuh menghadirkan nutrisi yang lebih juga daripada makanan kemasan.

Makanan kemasan yang memiliki gabungan nutrisi yang banyak serta rendahnya kalori, lemak jenuh, gula tambahan, dan sodium adalah makanan terbaik.

Baca juga: Daftar Makanan Bergizi dengan Sumber Nutrisi Vitamin Lengkap

Mengetahui apa itu makanan kaya nutrisi sangatlah penting agar kita dapat menyajikannya dalam menu sehari-hari. Pemahaman akan makanan yang kaya nutrisi ini jugalah yang nantinya akan menentukan gaya hidup kita ke arah yang lebih baik dan sehat. Selain makanan, kamu juga dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh dengan mengkonsumsi suplemen multivitamin seperti Interbat Vitazet – Multivitamin Daya Tahan Tubuh (Rp311.438).

Ingin tahu info menarik seputar gaya hidup sehat? Simak selengkapnya di Jovee. Unduh juga aplikasi Jovee untuk mendapatkan rekomendasi suplemen personal secara instan. Kamu juga bisa berkonsultasi dengan nutrisionis Jovee secara gratis. Dapatkan beragam vitamin, dari A hingga Z(inc) hanya di Jovee.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

apakah-pisang-bagus-untuk-diet

Apakah Benar Buah Pisang Bagus untuk Diet?

Makanan Sehat   17/05/2022
apakah-tomat-bisa-menghilangkan-jerawat

Apakah Tomat Bisa Menghilangkan Jerawat?

Makanan Sehat   17/05/2022
jadwal-mpasi-6-bulan

Mulai MPASI, Begini Jadwal Makan Bayi Usia 6 Bulan

Makanan Sehat   10/05/2022
apakah-nanas-bisa-mencegah-kehamilan

Apakah Nanas Bisa Mencegah Kehamilan?

Makanan Sehat   09/05/2022
manfaat-buah-lingonberry

Kaya Antioksidan, Kenali 7 Manfaat Buah Lingonberry bagi Kesehatan

Makanan Sehat   28/04/2022