fbpx
BerandaKesehatan LainnyaSakit Kepala Bagian Belakang: Penyebab & Cara Mengatasi

Sakit kepala merupakan keluhan kesehatan paling umum yang sering terjadi. Penyebabnya bermacam-macam, tergantung di mana lokasi sakit kepala berasal. Kepala bagian belakang adalah salah satu area kepala yang sering alami sakit.

sakit-kepala-di-bagian-belakang

Tentunya, sakit kepala di bagian belakang bisa membuat kamu jadi tidak fokus dan aktivitas jadi terhambat. Lalu, apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya? Yuk, simak selengkapnya di artikel berikut ini!

Penyebab sakit kepala di bagian belakang

Sakit kepala bisa disebabkan oleh banyak hal, termasuk genetik, aktivasi reseptor rasa sakit, gejala dari suatu penyakit, hingga faktor luar seperti udara dan makanan yang dikonsumsi.

Menurut Verywell Health, sakit kepala di bagian belakang umumnya disebabkan oleh otot yang tegang. Tak perlu terlalu khawatir, karena jenis sakit kepala ini sangat umum terjadi dan tidak berbahaya.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini sejumlah hal yang bisa jadi penyebab sakit kepala di bagian belakang.

1. Otot kepala atau leher yang tegang

Kelelahan dan ketegangan otot adalah penyebab sakit kepala bagian belakang yang paling sering terjadi. Gejala yang muncul berupa sensasi mencengkeram, mengencang, atau tekanan di sekitar kepala dan leher bagian belakang.

Karena banyaknya faktor yang terlibat, para ahli belum dapat memastikan penyebab dari kondisi ini. Gejala lain yang juga bisa menyertai meliputi:

  • Berkurangnya nafsu makan
  • Punggung dan bahu yang terasa kaku
  • Sulit berkonsentrasi

2. Tekanan cairan tulang belakang yang rendah

Tekanan cairan tulang belakang yang rendah di otak juga bisa sebabkan sakit kepala di bagian belakang. Kondisi ini juga dikenal dengan hipotensi intrakranial. Hal ini bisa terjadi secara spontan, atau sebagai akibat dari cairan tulang belakang yang bocor.

Gejalanya yakni sakit kepala yang dirasakan saat perubahan posisi, dan hilang dengan sendirinya dalam 20 hingga 30 menit setelah berbaring. Sakit kepala ini juga akan disertai gejala lain, seperti muntah, mual, kaku, atau nyeri pada leher.

3. Postur tubuh yang buruk

Duduk selama berjam-jam dengan postur yang buruk dapat memicu ketengangan otot punggung, bahu, dan leher yang kemudian memicu sakit kepala.

Kamu bisa membiasakan diri untuk duduk ataupun melakukan aktivitas lainnya dengan postur yang benar untuk mencegah sakit kepala jenis ini.

4. Migrain

sakit-kepala-di-bagian-belakang

Sakit kepala yang disebabkan oleh migrain dapat terjadi di area kepala satu sisi bagian mana pun, termasuk kepala bagian belakang. Saat alami migrain, kamu akan merasakan:

  • Nyeri hebat yang berdenyut
  • Mual dan muntah
  • Mata berair
  • Sensitivitas cahaya atau suara

Menurut Health Harvard Edu, migrain sering dimulai pada malam hari atau saat tidur. Pada beberapa orang, migrain muncul akibat kelelahan, depresi, ataupun emosi yang intens.

5. Penggunaan obat-obatan tertentu

Ada banyak obat-obatan yang memiliki efek samping sakit kepala dari penggunaannya. Maka dari itu, perhatikan dosis dan aturan pakai setiap kali hendak mengonsumsi obat. Bila kamu sering alami sakit kepala dan sedang mengonsumsi obat, suplemen, atau ramuan herbal, sebaiknya hentikan penggunaan dan segera periksakan diri ke dokter.

6. Olahraga yang berlebihan

Intensitas olahraga yang terlalu berat dan tiba-tiba dapat memicu sakit kepala di bagian belakang. Lakukan pemanasan sebelum berolahraga, dan lakukan mulai dari intensitas ringan hingga sedang. Kunci tubuh sehat ada pada rutinitas, sehingga lebih baik jika melakukan olahraga dengan rutin daripada melakukannya dalam intensitas berat atau secara tiba-tiba tanpa membiasakan diri dengan olahraga intensitas berat

7. Gaya hidup yang tidak sehat

Pola hidup tidak sehat seperti merokok, konsumsi alkohol, dan begadang juga dapat memicu sakit kepala. Mulailah terapkan pola hidup sehat, penuhi nutrisi harian seimbang. Bila perlu, konsumsi suplemen kesehatan tambahan seperti Vitalong C (Rp48.500) untuk bantu tingkatkan daya tahan tubuh.

Cara mengatasi sakit kepala di bagian belakang

sakit-kepala-di-bagian-belakang

Konsumsi obat sakit kepala yang dijual bebas di apotek dapat membantu mengurangi gejala sakit kepala yang dirasakan. Ikuti dosis dan anjuran pakai yang tertera pada kemasan untuk menghindari efek samping dan overdosis.

Perlu diperhatikan, bila sakit kepala terus berlanjut selama beberapa hari, sebaiknya periksakan diri ke dokter. Karena, bisa jadi sakit kepala yang dialami merupakan gejala dari masalah kesehatan lainnya.

Demikianlah penyebab sakit kepala di bagian belakang yang perlu kamu ketahui. Cek artikel seputar kesehatan lainnya hanya di Jovee, pusat vitamin harian personalmu. Follow juga media sosial Jovee, @jovee.id di Instagram dan Tiktok untuk dapatkan promo menarik dan informasi kesehatan lainnya.

Baca juga: Apakah Paracetamol Bisa Mengatasi Sakit Kepala?

Apa Itu Jovee?

Jovee adalah pusat suplemen dan vitamin yang menawarkan produk original, lengkap, dengan harga yang murah. Kamu bisa temukan vitamin dan suplemen berdasarkan kebutuhan nutrisi tubuh dengan harga yang lebih murah dan gratis ongkir.

Setiap vitamin dan suplemen yang dijual di Jovee telah mendapatkan nomor BPOM, sehingga dijamin keaslian produknya. Jovee menawarkan pengalaman beli vitamin dan skincare yang mudah, hemat, dan gratis ongkir.

Kamu bisa membeli vitamin dan kebutuhan kesehatan melalui Jovee Official Store di Shopee, Tokopedia, dan Lazada. Nikmati belanja lebih mudah, promo lebih banyak, serta gratis ongkir hanya di Jovee Official Store melalui platform e-commerce ternama dan terbesar di Indonesia.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

hernia-pada-anak

Mengenal Gejala dan Penyebab Hernia pada Anak

Kesehatan Lainnya   08/12/2022
hernia-pada-wanita

Hernia pada Wanita: Penyebab, Gejala, Pengobatan

Kesehatan Lainnya   07/12/2022
cara-merawat-rambut

6 Cara Merawat Rambut Setelah Keratin Treatment

Kesehatan Lainnya   25/11/2022
propylene-glycol-adalah

Propylene Glycol: Kegunaan dan Efek Samping

Kesehatan Lainnya   10/11/2022
vaksin-cacar-monyet

Mengenal Vaksin Cacar Monyet, JYNNEOS dan ACAM2000

Kesehatan Lainnya   04/11/2022