fbpx
BerandaMakanan Sehat6 Manfaat Dark Chocolate bagi Kesehatan Tubuh

Terlepas dari saran dan anjuran ahli kesehatan untuk mengurangi konsumsi makanan manis, Anda bisa lho makan cokelat tanpa harus khawatir akan kandungan gulanya. Cokelat macam apa yang tidak mengandung gula? Cokelat hitam. Beberapa studi menunjukkan bahwa dark chocolate kaya akan antioksidan dan nutrisi penting lainnya. Tidak heran jika cokelat dinobatkan sebagai salah satu makanan super. Bahkan, cokelat ini dikatakan mampu menjaga kesehatan jantung. Memang, apa saja manfaat coklat hitam ini?

manfaat-dark-chocolate

 

Nutrisi apa saja yang terkandung dalam cokelat?

Jenis dan bentuk cokelat sendiri ada bermacam-macam. Mulai dari cokelat putih, susu cokelat, cokelat bubuk dan batangan, hingga coklat hitam murni. Semua cokelat ini sama-sama terbuat dari biji pohon Theobroma cacao. Lalu, apa bedanya jenis-jenis cokelat tersebut? 

Cokelat biasa, atau dikenal juga dengan cokelat susu, dibuat dari cairan kakao, susu bubuk, serta gula. Rata-rata kandungan kakao pada cokelat susu hanya sebesar 10%. Sedangkan, kakao yang terdapat di dalam cokelat hitam jauh lebih banyak, yaitu berkisar antara 35 – 86%. Makin tinggi kandungan kakao-nya, makin kuat pula rasa pahitnya. 

 

Nilai gizi cokelat putih

Menurut U.S. Department of Agriculture (USDA), di dalam 25 gram cokelat putih terkandung:

  • 146 kalori
  • 10 gram lemak
  • 13 gram karbohidrat, yang seluruhnya berasal dari gula
  • 50 miligram kalsium

Terlepas dari namanya, jenis cokelat ini bisa dibilang bukan produk olahan kakao. Kandungan kakao-nya sangat rendah, bahkan beberapa produk sama sekali tidak mengandung kakao.

 

Nilai gizi cokelat susu

USDA memperkirakan bahwa 38 gram cokelat susu mengandung:

  • 220 kalori
  • 13 gram lemak
  • 21 gram karbohidrat, di mana 19 gram-nya berasal dari gula
  • 100 miligram kalsium, karena mengandung susu. Kadar kalsiumnya lebih tinggi dibandingkan cokelat hitam.
  • 1,08 miligram zat besi

 

Nilai gizi dark chocolate

Dark chocolate dianggap sebagai jenis cokelat paling yang sehat. Bahkan, pedoman MyPlate USDA menganjurkan cokelat hitam untuk dimakan sebagai hidangan penutup di malam hari. Di dalam 100 gram coklat hitam murni, terdapat:

  • 581 kalori
  • 37,2 gram lemak
  • 6,98 gram protein
  • 11,6 gram serat
  • 51,2 gram karbohidrat
  • 4,16 miligram zat besi

Bonusnya lagi, jenis cokelat ini tidak mengandung gula tambahan. Selain itu, coklat hitam juga diperkaya kalsium, magnesium, fosfor, kalium, theobromine, zinc, kafein, lemak, sejumlah vitamin, yaitu vitamin A, B, E, dan K, serta masih banyak lagi. Theobromine merupakan zat antiinflamasi yang hanya terdapat pada tanaman kakao. 

Sementara senyawa antioksidan yang dapat ditemukan dalam cokelat hitam diantaranya adalah polifenol, flavonoid, dan katekin. Zat antioksidan yang dimiliki kakao ini dikatakan lebih tinggi daripada teh hijau dan anggur merah. Makin tinggi kandungan kakao-nya, makin banyak pula manfaat dari antioksidan yang akan Anda dapatkan. Meski begitu, Anda tetap harus membatasi konsumsinya.

Pilihlah coklat hitam dengan kandungan kakao sebanyak 70% ke atas. Dark chocolate dengan kakao rendah cenderung memiliki gula tambahan dan jenis lemak yang tidak sehat. Walaupun lebih sehat daripada coklat susu, dark chocolate tetap mempunyai kalori, kafein, dan lemak jenuh. Untuk mencegah kenaikan berat badan, cukup makan cokelat hitam sebanyak 28 – 40 gram per hari.

 

Apa saja manfaat dark chocolate bagi kesehatan?

Kelvin Halim, nutrisionis Jovee, mengatakan bahwa, “cokelat adalah salah satu bahan makanan yang sering dijadikan makanan penutup atau minuman yang menenangkan dan menyegarkan. Cokelat hitam persentase di atas 60% atau biji cokelat murni memiliki kandungan antioksidan dan manfaat zat gizi yang paling tinggi dibanding dengan cokelat yang telah diberikan gula atau susu. Namun, tetap konsumsi dalam batas wajar agar tidak kelebihan energi dan lemak atau keracunan.”

Bila dikonsumsi dalam jumlah yang cukup, cokelat hitam dapat mendatangkan berbagai manfaat sebagai berikut:

 

1. Melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas

Manfaat ini berasal dari kandungan antioksidannya yang tinggi. Antioksidan akan merusak rantai radikal bebas dan melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibatnya. Jadi, secara tidak langsung, antioksidan pada coklat hitam bisa membantu menurunkan risiko penyakit kronis. Misalnya saja kanker.

 

2. Meredakan stres

Makanan manis seringkali jadi pelampiasan banyak orang ketika sedang stres. Cobalah ganti makanan dan minuman manis tersebut dengan cokelat hitam. Sejumlah penelitian menunjukkan konsumsi dark chocolate mampu memperbaiki mood dan mengurangi tingkat stres. Selain chocolate, ada juga supleme yang dapat dapat mendukung respon stres yang sehat dalam tubuh yaitu BLACKMORES EXECUTIVE B – STRESS – 62 KAPLET (Rp 290.000).

Studi tahun 2018 menyimpulkan, dengan memakan 48 gram coklat hitam yang mengandung 70% kakao bisa meningkatkan neuroplastisitas di otak. Neuroplastisitas adalah kemampuan sel-sel otak untuk berubah dan beradaptasi. Peningkatan neuroplastisitas ini bisa berdampak positif pada memori, suasana hati, dan fungsi kognitif.

Manfaat ini berasal dari kandungan antioksidan flavonoid pada cokelat hitam, yang memang dikenal bertanggung jawab terhadap fungsi pembelajaran dan daya ingat.

 

3. Menjaga kesehatan otak

Kandungan nutrisi dan antioksidan tinggi yang terkandung dalam cokelat hitam turut membantu melancarkan aliran darah ke otak. Dengan begitu, otak mendapatkan kadar oksigen yang cukup dan bisa menjalani fungsinya dengan optimal.

Berbagai riset pun menunjukkan bahwa konsumsi coklat hitam secara rutin dapat membantu mengurangi risiko pikun atau demensia. Manfaat lain dari konsumsi jenis cokelat ini ialah menurunkan kemungkinan Anda terserang stroke.

 

4. Membantu mengendalikan tekanan darah dan menurunkan risiko penyakit jantung

Salah satu faktor yang dapat meningkatkan risiko Anda untuk menderita penyakit jantung adalah memiliki tekanan darah serta kolesterol tinggi. Untuk mencegah hal tersebut, konsumsi dark chocolate bisa menjadi pilihan. Kandungan antioksidan dan kalium yang tinggi diyakini bisa membantu menjaga tekanan darah tetap normal.

Flavonoid berfungsi menghasilkan oksida nitrat yang membuat pembuluh darah relaksasi dan melebar. Alhasil, aliran darah jadi lebih lancar dan tekanan darah pun menurun.

Zat gizi dan antioksidan dalam jenis cokelat ini juga diketahui dapat meningkatkan kolesterol baik (HDL) dan mencegah terjadinya sumbatan pada pembuluh darah (aterosklerosis). Keduanya dikenal sebagai penyebab penyakit jantung dan stroke.

 

5. Memelihara kesehatan dan kecantikan kulit

Kandungan antioksidan flavonoid pada coklat hitam juga bermanfaat untuk melindungi kulit dari sinar ultraviolet matahari. Sinar UV tersebut merupakan contoh molekul radikal bebas yang berkontribusi terhadap tanda-tanda penuaan dini. Coklat hitam pun mengandung berbagai nutrisi yang turut berperan dalam produksi kolagen. Protein ini dibutuhkan untuk menjaga kelenturan dan kelembapan kulit.

 

6. Membantu mengontrol gula darah dan mencegah resistensi insulin

Resistensi insulin dapat meningkatkan kadar gula darah yang berujung pada penyakit diabetes melitus tipe 2. Sejumlah studi telah menunjukkan coklat hitam yang dikonsumsi dalam jumlah cukup bisa memperbaiki kemampuan tubuh dalam mengolah glukosa. 

Riset tahun 2017 dalam Journal of Community and Hospital Internal Medicine Perspectives, flavonoid pada dark chocolate mampu mengurangi stres oksidatif. Para ahli percaya bahwa salah satu faktor penyebab resistensi insulin adalah stres oksidatif.

Meski begitu, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk membuktikan efektivitas cokelat hitam terhadap penurunan risiko penyakit diabetes.

Itulah sejumlah manfaat dari cokelat hitam bagi kesehatan. Hampir semua efek positifnya berasal dari senyawa antioksidan yang terkandung di dalamnya. Gantilah camilan tidak sehat, seperti gorengan, es krim, atau cokelat susu, dengan cokelat hitam yang lebih bernutrisi. Tapi ingatlah agar tidak memakan cokelat berlebihan.

Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee. Untuk mengetahui rekomendasi vitamin harianmu, anda juga bisa mengunduh aplikasi Jovee. Jovee adalah aplikasi yang dapat merekomendasikan suplemen sesuai dengan kebutuhan personal. Aplikasi Jovee tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

 

Ditulis oleh: Alifia Daariy

 

Referensi:

Kristeen C. (EverydayHealth). 2019. A Detailed Guide to Chocolate and How to Reap the Health Benefits of Dark Chocolate.

Anna B. (EverydayHealth). 2019. 8 Healthy Reasons to Eat Dark Chocolate.

USDA. 2019. Dark Chocolate.

USDA. 2019. Chocolate, dark, 70-85% cacao solids.

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

Cara_Memasak_Pare_Agar_Tidak_Pahit

Tips Cara Memasak Pare Agar Tidak Pahit

Makanan Sehat   17/09/2021
Khasiat Propolis

Mengenal Khasiat Propolis untuk Kesehatan Tubuh

Makanan Sehat   14/09/2021
manfaat-sayuran-kucai

Jangan Keliru, Manfaat Kucai bagi Kesehatan

Makanan Sehat   16/08/2021
kapulaga-manfaat-kandungan-dan-efek-sampingnya

Kapulaga – Kandungan, Kegunaan, dan Efek Sampingnya

Makanan Sehat   13/08/2021
rekomendasi-jus-diet-sehat-1

Rekomendasi Jus Untuk Diet Sehat

Gaya Hidup Sehat   10/08/2021