fbpx
BerandaMakanan SehatSelain Wortel, Ini Dia Makanan yang Baik untuk Mata

Bicara soal makanan untuk kesehatan mata, kebanyakan orang pasti langsung teringat dengan wortel. Sayuran berwarna oranye ini memang sudah dikenal dengan manfaatnya untuk memelihara fungsi retina dan penglihatan Anda secara keseluruhan, karena kandungan beta karoten-nya. Akan tetapi, masih ada berbagai jenis makanan lainnya yang juga penting untuk kesehatan mata. Apa saja, ya? Simak selengkapnya di bawah ini.

Selain Wortel, Ini Dia Makanan yang Baik untuk Mata

 

Berbagai makanan yang penting untuk kesehatan mata

Bukan cuma beta karoten dan vitamin A, ada banyak nutrisi lain yang dibutuhkan tubuh untuk mengoptimalkan fungsi mata dan menjaga kesehatannya. Nutrisi tersebut antara lain vitamin C, E, zinc, lutein, dan asam lemak omega 3.

Dengan memenuhi asupan gizi tersebut, Anda dapat meminimalkan risiko penurunan daya penglihatan seiring bertambahnya usia, seperti degenerasi makula dan katarak.

Berikut daftar makanan yang bisa Anda konsumsi untuk memelihara fungsi penglihatan dan kesehatan mata, yaitu:

 

Ikan, minyak ikan, dan makanan kaya omega 3

Khususnya ikan laut seperti tuna, salmon, kembung, sarden, teri, dan haring. Ikan-ikan laut tersebut kaya akan omega 3, terutama DHA. Asam lemak DHA sendiri secara alami ditemukan di dalam retina mata. Kekurangan omega 3 dikaitkan dengan sindrom mata kering.

Omega 3 juga mampu melindungi mata dari peradangan dan membantu kerja indera penglihatan tersebut. Selain untuk mata, konsumsi ikan bermanfaat untuk kesehatan tubuh lain, termasuk jantung Anda. Agar Anda memperoleh manfaatnya, makanlah ikan laut minimal sebanyak dua kali seminggu.

 

Sayuran berwarna hijau

Sayuran hijau kaya akan lutein dan zeaxanthin yang bertindak sebagai antioksidan. Berdasarkan penelitian, kedua senyawa ini mampu mengurangi risiko katarak dan degenerasi makula alias penurunan daya penglihatan.

Antioksidan juga berperan dalam merusak rantak radikal bebas dan melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibatnya. Makanya, perbanyak konsumsi sayuran hijau seperti bayam, pakcoi, brokoli, kubis, dan kale supaya mata Anda dapat selalu berfungsi dengan baik.

 

Sayuran dan buah-buahan berwarna oranye

Warna kuning dan oranye pada buah-buahan serta sayuran berasal dari suatu pigmen, yaitu beta karoten. Senyawa ini akan diubah menjadi bentuk aktif vitamin A agar dapat menjalankan fungsinya.

Vitamin A dapat mencegah risiko rabun senja—gangguan penglihatan yang menyebabkan penderitanya kesulitan melihat pada malam hari atau saat berada di lingkungan yang gelap. Beberapa contoh makanan ini adalah labu kuning, paprika merah, mangga, aprikot, dan ubi jalar.

 

Buah-buahan sitrus dan beri

Buah-buahan keluarga sitrus dan beri diketahui mengandung vitamin C sebagai antioksidan yang dapat mencegah risiko degenerasi makula dan katarak. Tidak hanya jeruk, Anda juga dapat mengonsumsi buah lemon, jeruk bali, stroberi, bluberi, blackberry, ataupun pepaya untuk memenuhi kebutuhan vitamin C harian.

 

Kepiting dan tiram

Dua jenis makanan laut ini memiliki kandungan zinc yang tinggi. Bahkan, konsumsi dua ekor tiram dapat memenuhi kebutuhan harian zinc Anda. Zinc mampu membantu kerja retina mata tetap optimal. Mineral ini juga bisa ditemukan pada daging-dagingan lain, telur, kacang, serta biji-bijian utuh.

 

Biji-bijian dan kacang-kacangan

Vitamin C dan E bersama-sama menjaga kesehatan serta fungsi jaringan tubuh. Ditambah lagi, vitamin E mampu memperlambat degenerasi makula.

Sekitar satu genggam biji bunga matahari alias kuaci dapat memenuhi kebutuhan harian vitamin E Anda. Selain kacang almond, sumber mikronutrien satu ini bisa pula didapatkan dari kacang almond, kacang pecan, maupun minyak sayur.

 

Telur

Kuning telur mengandung zinc, lutein, dan zeaxathin yang akan membantu mengurangi risiko penurunan daya penglihatan yang terjadi seiring bertambahnya usia.

Pola makan sehat juga akan mengontrol berat badan ideal, yang akhirnya menurunkan kemungkinan obesitas dan penyakit-penyakit penyerta, misalnya diabetes tipe 2. Diabetes merupakan penyebab utama kebutaan pada orang dewasa.

Selain mengonsumsi makanan, Anda pun disarankan untuk banyak minum air demi memelihara fungsi penglihatan. Memenuhi kebutuhan cairan jadi hal penting bagi kesehatan mata. Minum air setidaknya 8 – 10 gelas untuk mencegah dehidrasi dan mata kering.

Jika perlu, Anda bisa mengonsumsi vitamin dan suplemen kesehatan, salah satunya adalah Konilife Vision 30 Kap (Rp 192.500). Kombinasi vitamin A, lutein dan zinc yang terkandung di dalamnya berfungsi untuk memelihara kesehatan mata. Disamping itu, suplemen ini pun dapat mencegah degenerasi makula serta katarak.

Konilife Vision aman untuk dikonsumsi, asalkan sesuai dengan anjuran pemakaiannya. Jika perlu, konsultasikan dulu dengan dokter atau nutrisionis sebelum mengonsumsi suplemen. Anda bisa mendapatkan Konilife Vision di Jovee Official Shop di Shopee.

Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee. Jovee menyediakan berbagai suplemen kesehatan berkualitas hanya untuk Anda. Untuk mengetahui rekomendasi vitamin harianmu, anda juga bisa mengunduh aplikasi Jovee. Aplikasi Jovee tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

 

Ditulis oleh: Alifia Daariy

 

Referensi:

Health. 2020. 5 Foods for Healthy Eyes.

WebMD. 2019. Lutein and Zeaxanthin for Vision.

WebMD. 2020. 10 Foods That Are Good for Your Eyes.

Whitney W. (WebMD). 2020. How to Keep Your Eyes Healthy.

Camille P. (WebMD). 2013. Good Foods for Eye Health.

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

manfaat-daun-salam

Ketahui 10 Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan

Makanan Sehat   12/06/2022
lidah-gatal-setelah-makan-nanas

Apa Penyebab Lidah Gatal Setelah Makan Nanas?

Makanan Sehat   10/06/2022
apakah-pisang-bagus-untuk-diet

Apakah Benar Buah Pisang Bagus untuk Diet?

Makanan Sehat   17/05/2022
apakah-tomat-bisa-menghilangkan-jerawat

Apakah Tomat Bisa Menghilangkan Jerawat?

Makanan Sehat   17/05/2022
jadwal-mpasi-6-bulan

Mulai MPASI, Begini Jadwal Makan Bayi Usia 6 Bulan

Makanan Sehat   10/05/2022