fbpx

Manfaat Selenium, Senyawa Baik untuk Kesehatan

by | May 14, 2020 | Vitamin | 0 comments

Ditinjau oleh: Kelvin Halim, S. Gz.

Tubuh membutuhkan nutrisi yang cukup agar terhindar dari berbagai penyakit. Banyaknya nutrisi yang dibutuhkan tubuh agaknya selenium menjadi mineral yang jarang terdengar. Selenium sebenarnya merupakan sebuah mineral mikro yang sangat penting untuk tubuh meski dalam jumlah yang kecil sekalipun. Memang tubuh tidak banyak membutuhkan selenium namun, selenium ini berusaha sebaik mungkin untuk memainkan perannya untuk menjaga kesehatan tubuh manusia. Lantas apa sebenarnya manfaat dari selenium ini untuk tubuh? Berikut ini ulasan selengkapnya. 

Manfaat selenium untuk kesehatan

Dari berbagai penelitian yang telah dilakukan oleh para ahli, didapat beberapa manfaat dari selenium ini untuk kesehatan. Diantaranya adalah sebagai berikut:

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh itu sangat mutlak penting karena apabila sistem kekebalan tubuh menurun atau lemah tentu penyakit akan mudah bersarang di tubuh manusia. Dalam rangka meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh maka selenium wajib untuk dipertimbangkan. Pasalnya selenium sangat bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun agar bekerja secara optimal. 

Sebagai Antioksidan

Fungsi utama selenium lainnya ialah menjaga membran sel dan DNA sel tubuh manusia. Hal ini membuat selenium berfungsi melindungi sel dari bahaya radikal bebas. Selenium juga berfungsi memecah bentuk radikal bebas menjadi rusak. Ini juga dibantu oleh vitamin E dan glutathione.

Membantu Meningkatkan Fungsi Reproduksi

Bagi seorang wanita yang baru saja menikah dan berharap cepat memiliki keturunan ada baiknya untuk memperhatikan kesuburannya. Adanya selenium dalam tubuh dalam jumlah cukup memiliki fungsi penting untuk mempengaruhi perilaku dan fungsi sperma. Selain itu, selenium menjaga kesehatan ovarium dan sistem reproduksi wanita seiring bertambahnya usia.

Meningkatkan Aliran Darah dan Mengurangi Risiko Terkena Penyakit Jantung

Selain bermanfaat untuk melawan kanker, selenium juga bisa membantu dalam hal peningkatan aliran darah ke seluruh tubuh serta mengurangi risiko terkena penyakit jantung. Hal ini dikarenakan selenium berperan sebagai antioksidan yang bisa mencegah dari berbagai penyakit. 

Efek Negatif Jika Kekurangan Selenium dalam Tubuh

Segala sesuatunya harus sesuai dengan porsinya. Maka tak heran jika mengonsumsi selenium juga harus cukup tidak boleh melebihi atau malah kurang. Hal ini dikarenakan akan menimbulkan efek samping yang justru berbahaya untuk kesehatan. Lalu apa saja efek negatif yang timbul jika tubuh kekurangan selenium? Berikut ini penjelasan lengkapnya. 

Mengalami Kejadian Penyakit Keshan

Penyakit Keshan ditemukan di daerah Keshan, TIongkok, di mana masyarakat mengalami penyakit jantung, otot jantung menjadi bermasalah dan rentan terkena penyakit dan toksin. Setelah diteliti, hal ini disebabkan oleh kekurangan zat selenium pada makanan dan tanah yang digunakan untuk menanam tanaman bagi warganya untuk dikonsumsi. 

Meningkatkan Risiko Terkena Stroke

Efek negatif pertama yang timbul jika tubuh kekurangan selenium adalah meningkatnya risiko terkena stroke. Hal ini bisa terjadi karena selenium tidak bisa memainkan perannya untuk menjaga otot terutama otot pada pembuluh darah dan jantung  dan mengalirkan darah ke organ seluruh tubuh. Akibatnya pembuluh darah mengalami masalah yang menyebabkan penyakit jantung bahkan risiko terkena stroke juga ikut meningkat. 

Adanya Gangguan pada Alat Reproduksi

Kekurangan selenium dapat berakibat fatal diantaranya adalah muncul gangguan pada alat reproduksi yang berimbas pada kesuburan seorang wanita. Hal ini bisa terjadi tatkala selenium yang ada di dalam tubuh berkurang dan mengakibatkan menstruasi tidak teratur setiap bulannya. 

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Apa itu Ca Pantothenate? Ini Manfaat yang Perlu Diketahui
Yuk Kenalan Dengan Copper yang Berperan Besar untuk Tubuh
Peran Molybdenum Bagi Kesehatan Tubuh
Kenali Efek Manganese Bagi Kesehatan Tubuh
Peran dan Fungsi Zinc Bagi Kesehatan Tubuh
Manfaat Vitamin E untuk Kesehatan Tubuh dan Dosisnya
Vitamin B12: Manfaat dan Sumber Vitamin
Dampak Jika Tubuh Kekurangan Vitamin B7

Menurunnya Fungsi Otak 

Baik tidaknya kinerja otak sangat ditentukan oleh berbagai nutrisi yang disuplai. Memang otak membutuhkan berbagai macam nutrisi dan salah satunya adalah selenium. Itu artinya jika salah satu nutrisi yang dibutuhkan kurang tentu akan menghambat atau menurunkan fungsi otak itu sendiri. 

Pada hakekatnya kekurangan atau kelebihan selenium ini sangat berbahaya bagi kesehatan manusia. Bagi Anda yang ingin mencukupi kebutuhan akan selenium bisa rutin mengonsumsi makanan yang kaya akan selenium diantaranya adalah kacang kedelai, ikan salmon, daging ayam, jamur, telur, gandum, dan masih banyak lainnya. 

Selain mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan selenium, Anda juga bisa mengonsumsi suplemen selenium dari Jovee. Sejak dulu Jovee dikenal sebagai aplikasi terbaik dalam merekomendasikan suplemen yang aman dan baik untuk kesehatan.  Selain itu, kemudahan dalam pembelian menjadi kelebihannya. Anda bisa membeli kapanpun Anda mau dan bahkan bisa berlangganan tentunya dengan harga yang tetap. Tak perlu khawatir karena Jovee mendapat dukungan serta pengawasan sepenuhnya dari para dokter dan apoteker yang handal. Yuk hidup sehat dengan mengonsumsi suplemen dari Jovee. 

Beli di Aplikasi Jovee

Aplikasi Jovee berbasis data science.
Cukup jawab beberapa pertanyaan, dan Jovee akan merekomendasikan beberapa paket sesuai kebutuhan dan gaya hidup Anda

Belanja di Jovee Shop

Jovee Shop menawarkan paket suplemen dalam bentuk sachet untuk konsumsi 30 hari atau 7 hari. Suplemen dari Jovee adalah suplemen terbaik, asli dan berlisensi dari partner domestik dan internasional