fbpx
BerandaGaya Hidup SehatSenam Wajah dan Manfaat yang Bisa Didapat

Senam wajah atau yoga wajah kian marak dipromosikan karena berbagai manfaat yang ditawarkannya. Lalu, apakah hal tersebut benar adanya? Apa yang bisa didapat dari senam wajah tersebut dan bagaimana cara melakukannya? Di artikel kali ini, kita akan membahas seputar aktivitas unik ini dan gerakan yang bisa kamu praktekkan sendiri di rumah.

senam-wajah

Senam Wajah: Apa Ada Manfaatnya?

Senam wajah kini sedang marak-maraknya. Hal ini terlihat dari banyaknya media hingga orang terkenal yang mengklaim manfaat aktivitas tersebut. Namun, bila mengacu pada literatur atau jurnal kesehatan, masih sedikit yang menyebutkan bahkan membenarkan klaim dari senam wajah.

Melansir dari laman Healthline, kepala operasi plastik dan bedah rekonstruktif di Boston University School of Medicine malah memercayai bahwa senam wajah tidak memberikan manfaat apa-apa. 

Meski begitu, masih ada studi yang mendukung efek baik dari senam wajah itu. Wakil ketua dan dosen dermatologi di Northwestern University Feinberg School of Medicine misalnya. Penelitian yang dilakukannya memperlihatkan hasil senam wajah yang menjanjikan. Hal yang sama juga ditunjukkan publikasi JAMA Dermatology sebagai studi pertama yang menilik soal senam wajah. 

Penelitian tersebut dilakukan terhadap 27 wanita dengan rentang umur 40 sampai 65 tahun. Mereka ditugaskan untuk melakukan sesi senam wajah selama 30 menit. Latihan tersebut terdiri dari pengencangan, peregangan, dan pengangkatan otot pipi serta otot di sekitar mulut dan mata. 

Hasil penelitian mendapati 16 wanita yang menyelesaikan program 20 minggu tersebut. Penelitian ini juga menyimpulkan bila 16 wanita tersebut berhasil memperoleh wajah tiga tahun lebih muda. 

Namun, dermatolog pun mengatakan kalau pencapaian tersebut hanya bisa didapatkan oleh mereka yang punya motivasi tinggi dan mau konsisten melakukan senam wajah dalam waktu yang lama. Latihan yang disebutkan pun memakan waktu 20-30 menit per hari selama 6-7 hari per minggu. Hasilnya baru terlihat saat memasuki minggu ketiga atau keempat. 

Pro dan Kontra Manfaat Senam Wajah

senam-wajah

Kontra: Meski klaim seputar manfaat senam wajah bermunculan, beberapa kalangan ahli menyanggah adanya manfaat yang didapat dari yoga wajah. Profesor dermatologi di Harvard Medical School menyebutkan kalau klaim yang banyak beredar terlihat meragukan.

Ahli bedah plastik sebelumnya pun mengatakan kalau kulit wajah terutama pipi tidak bisa dibuat kurus seperti halnya lengan dan perut. Baginya, mengikuti cara senam wajah agar tirus tidak akan membuahkan hasil yang diinginkan. Hal itu jelas berbeda dengan menurunkan berat seluruh tubuh lewat pola makan dan latihan fisik.

Alasan tersebut dikarenakan kita tidak bisa menentukan bagian tubuh mana yang kalorinya kita bakar. Ia juga menjelaskan kalau senam wajah malah akan memberi efek yang tidak diinginkan, seperti muka terlihat lebih tua. 

Kulit juga bersifat elastis dan memiliki sedikit resistensi sehingga otot wajah yang tertarik akan meregang dan bukannya menguat. Menurutnya, sulit melakukan senam wajah agar awet muda karena orang yang melakukannya akan memperoleh muka yang mengerut jika otot wajahnya melakukan aktivitas yang berlebihan. 

Pro: Meski banyak pendapat yang mengatakan adanya efek samping atau tidak adanya manfaat dari senam wajah, sebagian lainnya justru mendukung senam wajah dan manfaat yang ditawarkannya. Studi dari JAMA Dermatology pun menyebutkan kalau senam wajah bisa dijadikan sebagai 1) cara awet muda serta 2) menjadikan pipi lebih berisi dan kencang.

Seorang instruktur senam menjelaskan kalau manfaat yoga wajah yang membuat kulit berisi dan kencang ini didapat dari proses stimulasi aliran darah di wajah. Darah yang mengalir lancar akan memacu produksi kolagen sebagai protein dalam kulit yang menjadikannya kuat dan kencang. Selain itu, kolagen juga menghambat munculnya garis halus dan keriput. 

Meski sebelumnya membantah, profesor dermatologi di Harvard Medical School menyebutkan kalau senam wajah “mungkin” memberikan manfaat yang baik bagi wajah. Beberapa manfaat tersebut adalah 3) pengecilan bekas luka yang tebal. Sebab, peregangan dan pergerakan otot wajah dapat melonggarkan dan memudarkan bekas luka. 

Ia juga menjelaskan kalau senam wajah bisa 4) meningkatkan bentuk otot wajah dan 5) membantu pengurangan lemak berdasarkan efek gravitasi atau redistribusi di wajah. Otot wajah yang dilatih akan membantu lemak tidak menumpuk dengan mengandalkan tarikan gravitasi. 

Walaupun begitu, ia berujar kalau manfaat tersebut hanya sebatas teori. Jika ternyata benar, perubahan akan terlihat sangat samar dan lebih sedikit daripada dengan menggunakan suntikan kosmetik seperti dermal filler atau pengisi kulit. Pada akhirnya, ia menyimpulkan senam wajah sebagai aktivitas yang tidak berbahaya untuk dicoba walau ada sedikit sisi negatif.

Tim dokter Jovee, dr. Irma Lidia, mendukung potensi positif senam wajah. Beliau mengatakan, “Selain bermanfaat untuk memberi tampilan wajah lebih muda, latihan senam wajah juga dapat mencegah nyeri di leher, kepala, dan rahang. Penelitian telah menunjukkan bahwa senam rahang dapat membantu mengurangi efek gangguan temporomandibular, atau nyeri kronis pada otot rahang, tulang, dan saraf. Jadi, tidak ada salahnya juga mencoba walau belum terbukti secara kuat”

Langkah-langkah Senam Wajah 

senam-wajah

Banyak cara senam wajah yang menawarkan manfaat untuk mengencangkan dan membuat kulit terlihat lebih muda. Kamu bisa menjawab rasa penasaranmu akan efek senam wajah dengan mengikuti beberapa latihan dari Fumiko Takatsu, pendiri Face Yoga Method. Ia mengajari senam wajah untuk bagian-bagian wajah yang berbeda dan cara yang berbeda pula.

Senam wajah miliknya bisa dilakukan oleh pemula. Idealnya, kamu perlu melakukan cara senam wajah sebelum tidur dan setelah bangun setiap harinya. Ada empat hingga lima gerakan per sesi dengan waktu 30 detik per gerakan. 

Pemula dapat memulai dengan mengencangkan otot yang lebih besar dulu, seperti pada area leher dan dahi. Setelahnya ia bisa berlanjut ke bagian yang lebih halus seperti mata dan mulut. Di tiap gerakan, pastikan postur tubuh tetap tegak, dada membusung, dan jangan menahan nafas. 

1. Pemanasan

Langkah pertama yang dilakukan adalah gerakan sederhana untuk kelancaran seluruh sirkulasi darah.

  • Jatuhkan rahang seperti ketika sedang menguap. Rasakan sensasi yang ada di bagian pipi.
  • Gerakkan pandangan dari tegak lurus ke arah atas atau langit-langit tanpa menggerakkan otot dahi. 
  • Tahan selama 10 detik, lakukan tanpa menahan nafas. 
  • Ulangi dua kali sehingga total waktunya mencapai 30 detik.

2. Bagian Leher

Gerakan ini melepas ketegangan dan mengencangkan area leher. Rahang dan leher terhubung dengan otot platisma. Dengan kata lain, peregangan ini juga dapat menguatkan rahang. 

  • Buat bahu rileks, gerakkan dagu ke salah satu sisi dan agak ke atas sekitar 45 derajat.
  • Condongkan bibir membentuk gerakan mencium. 
  • Tahan selama 10 detik dan terus bernafas.
  • Ganti arah dan ulangi gerakan tersebut sebanyak dua kali untuk masing-masing sisi sehingga ada total waktu 30 detik untuk tiap sisi.

3. Bagian Dahi

Takatsu menyebut gerakan ini sebagai pemberi energi instan. Sebab, gerakan ini menggandakan meditasi sambil merasakan energi dari sekitar. Karenanya, gerakan ini pun bagus untuk ritual yoga pagi. 

  • Letakkan kedua jemari tangan di atas dahi sambil membentuk tanda V terbalik, naikkan sedikit ke atas.
  • Tetap pertahankan bahu yang rileks dan dagu sedikit naik, tarik nafas dan keluarkan selama 10 detik.
  • Gerakkan kedua telapak tangan yang semulanya terbuka dari sisi samping ke arah menutup mata dan rasakan sensasinya. 
  • Ulangi sebanyak dua kali sehingga total waktunya mencapai 30 detik.

4. Bagian Mata

Untuk senam di bagian mata yang halus, tahap ini memisahkan antara pergerakan kelopak mata bawah dan juga otot dahi. Kuncinya adalah menahan agar tidak mengernyitkan dahi. 

  • Buat jari salah satu tangan membentuk huruf C. Letakkan jari telunjuk tersebut di atas alis di sekitar tulang mata.
  • Posisikan jempol tangan tersebut di samping hidung, tepat di atas nostril. Tekan jari ke arah bawah kemudian ke arah samping.
  • Buat bahu tetap rileks, buka mata selebar yang kamu bisa. Tahan hingga 5 detik selagi menekan telunjuk tersebut ke alis dan pastikan alis dan dahi tidak bergerak.
  • Sipitkan mata sebanyak lima kali sebelum akhirnya menutup mata dan rileks selama beberapa detik. 
  • Ulangi gerakan ini dua kali untuk total waktu 30 detik. Ulangi juga dengan tangan yang satunya.

5. Bagian Mulut

Seiring umur yang bertambah, kolagen akan berkurang dan hal ini akan berdampak pada bibir yang menipis. Gerakan berikut bekerja sebagai stimulasi agar bibir berisi.

  • Taruh kedua telunjuk di ujung bibir.
  • Buat gerakan tersenyum sehingga seluruh baris depan gigi dapat terlihat. Pastikan kedua sisi mulut berada pada level yang sejajar. 
  • Tekuk lidahmu sedikit. Ambil 5 detik untuk menggerakkannya secara perlahan ke kanan atau kiri. Lakukan gerakan itu lagi selama lima detik ke sisi sebaliknya. 
  • Ulangi dua kali lagi agar mendapat total waktu 30 detik. Ingatlah untuk tetap bernafas. 

Senam wajah cukup mirip dengan yoga, di mana otot dikencangkan dan darah dialirkan. Gerakannya juga meliputi meditasi dan pengaturan nafas. Meski senam wajah di atas agak sulit dilakukan oleh pemula, kamu perlu bekerja keras dan konsisten untuk mendapat hasil yang dijanjikan.

Jika melakukan senam wajah untuk mencegah penuaan, kamu juga mungkin dapat mendukungnya dengan suplemen anti aging seperti WELLNESS NATURAL VITAMIN E – Antioksidan Lawan Radikal Bebas (Rp 467.500).

Ingin tahu apakah gaya hidup kamu sudah sehat? Unduh aplikasi Jovee sekarang! Dengan Jovee, kamu bisa melihat rekomendasi vitamin dan suplemen sesuai kebutuhan personalmu. Hidup bahagia dan sehat bareng Jovee. 

Penulis: Arofah Hafizh A.

 

Referensi:

Barta K. 2019. Facial Exercises: Are They Bogus?

Cleveland Clinic. 2018. Can Doing Facial Exercises Help You Look Younger?

Harvard Health Publishing. 2019. Does your face need a workout?

Gruber B. 2020. These Science-Approved Facial Exercises May Make You Look Years Younger.

Schneider J. 2020. Face Yoga Can Tone Your Muscles For Firm, Radiant Skin: Benefits + 5 Poses To Try.

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

Jerawat_Pasir

Kenali Cara Membasmi Jerawat Pasir yang Membandel

Gaya Hidup Sehat   13/09/2021
Cara_Menenangkan_Pikiran

Ketahui Cara Menenangkan Pikiran secara Sederhana

Gaya Hidup Sehat   13/09/2021

Organ Pencernaan Manusia, Bagaimana Cara Memeliharanya?

Gaya Hidup Sehat   08/09/2021
Varian Mu

Varian Mu, Varian COVID-19 Terbaru Yang Mengancam

Gaya Hidup Sehat   08/09/2021
manfaat alkohol

Manfaat Dari Minuman Beralkohol

Gaya Hidup Sehat   07/09/2021