fbpx
BerandaKesehatan LainnyaSeperti Apa Ciri-ciri Jerawat Akan Sembuh?

Jerawat merupakan masalah kulit yang paling sering terjadi. Selain menyakitkan, tak jarang jerawat juga menyisakan bekas hitam yang bisa menurunkan kepercayaan diri. Apalagi jika jerawat yang muncul merupakan jenis jerawat batu yang merah, besar, dan menyakitkan.

ciri-ciri-jerawat-akan-sembuh

Sayangnya, banyak orang yang masih memencet jerawat yang telah matang agar ‘jerawat cepat sembuh’. Padahal, ini merupakan anggapan yang salah, loh! Makanya, kamu perlu tahu ciri-ciri jerawat akan sembuh, agar jerawat tidak semakin parah dan mengurangi tampilan bekasnya. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

Dari mana datangnya jerawat?

Penyebab utama jerawat adalah adanya penyumbatan di pori-pori akibat menumpuknya sebum, kotoran, dan sel kulit mati di kulit. Selain itu, hormon, penggunaan obat-obatan, dan gaya hidup tidak sehat juga bisa menjadi penyebab munculnya jerawat.

Secara umum, ada 3 tahap utama dari siklus munculnya jerawat, seperti dilansir dari Byrdie.

Pertama, tahap awal. Pada tahap ini, kotoran, minyak, dan sel kulit mati yang menumpuk akan menyebabkan penutupan pada kelenjar minyak sehingga sebum tidak bisa keluar. Kemudian, sebum yang tidak keluar akan menumpuk di dalam kelenjar minyak sehingga terbentuklah komedo.

Jika mengalami perandangan akan muncul benjolan (papul) di permukaan kulit. Biasanya, kemunculan benjolan ini juga disertai dengan rasa nyeri dan kemerahan.

Kedua, tahap perkembangan jerawat. Bakteri akan meningkatkan proses peradangan yang memicu peningkatan sel darah putih di dalam lapisan kulit, yang kemudian mengubah papula menjadi pustula (nanah jerawat).

Ketiga, tahap penyembuhan jerawat. Pada tahap ini, infeksi bakteri telah berkurang. Tergantung pada tipe kulitmu, benjolan ini akan meninggalkan bintik hitam atau bekas yang disebut juga dengan hiperpigmentasi.

Seiring berjalannya waktu, sel kulit yang terus beregenerasi akan mendorong sel kulit gelap sehingga bekas jerawat akan memudar secara bertahap.

Lalu, berapa lama jerawat bertahan di kulitmu? Lamanya penyembuhan jerawat bervariasi pada setiap orang. Hanya saja, jerawat kistik mungkin akan berlangsung lebih lama daripada jenis jerawat lainnya, yakni sekitar 4 hingga 6 minggu.

Ciri-ciri jerawat akan sembuh

Memencet jerawat yang matang dapat memperparah infeksi dan meninggalkan bekas luka. Kamu perlu membiarkan sistem imun bekerja dalam membasmi dan menyembuhkan jerawat.

Tahukah kamu, jerawat yang terasa gatal dapat menjadi pertanda jerawat akan sembuh? Saat jerawat sembuh, regenerasi kulit akan terjadi yang kemudian menimbulkan sensasi gatal yang tidak nyaman. Dilansir dari Mulberry House, ini sejumlah ciri-ciri jerawat akan sembuh.

  • Jerawat mulai matang, benjolan berisi nanah yang sangat terlihat
  • Kemerahan yang berkurang
  • Kista atau nanah yang mulai mengecil

Jerawat matang, gatal, dan keras menandakan sel darah putih berhasil membasmi bakteri penyebab infeksi. Dalam beberapa hari, benjolan akan berkurang, dan jerawat mulai terlihat sembuh.

Mengapa jerawat matang tidak boleh dipencet? Nah, jerawat yang dengan sengaja dipecahkan akan membuat bekas dalam di pori-pori, dan berpotensi membuat infeksi semakin parah dan meluas. Pori-pori yang terbuka saat jerawat dipecahkan dapat menjadi tempat masuknya bakteri, yang kemudian menyebabkan jerawat kembali muncul di area yang sama.

Bila kebiasaan ini tidak segera dihentikan, siklus berulang dari jerawat akan terus terjadi. Kamu bisa gunakan pimple patch agar kebiasaan memencet dan menyentuh jerawat dapat dihindari.

Baca juga: 5 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Paling Manjur

Perawatan jerawat yang tepat

Perawatan yang tepat pada jerawat penting dilakukan agar waktu penyembuhan dapat dipersingkat, sekaligus mengurangi risiko munculnya hiperpigmentasi. Kamu bisa gunakan obat jerawat yang dijual bebas di apotek, seperti salicylic acid dan retinoid.

Bila kamu rutin gunakan skincare, kamu juga bisa memasukkan skincare khusus untuk merawat kulit jerawat dalam rangkaian skincare kamu. Ada banyak merek dan kandungan skincare yang berfokus pada penyembuhan jerawat dan bekasnya yang dapat kamu pilih.

Pilihlah kandungan skincare seperti niacinamide, salycic acid, atau azelaic acid untuk membantu penyembuhan jerawat. Untuk merawat bekas jerawat, kamu juga bisa gunakan skincare vitamin C seperti Avoskin Your Skin Bae Vitamin C 3% + Niacinamide 2% + Mandarin Orange Fruit Extract Serum (Rp136.122).

Baca juga: 7 Cara Mencegah dan Mengobati Jerawat

Bila kamu ragu mengenai penggunaan skincare ataupun obat jerawat yang tepat, kamu bisa mengunjungi dokter kulit untuk mendapatkan perawatan yang lebih tepat dan efektif.

Demikian ciri-ciri jerawat akan sembuh yang perlu kamu ketahui. Cek artikel seputar kesehatan lainnya hanya di Jovee, pusat vitamin harian personalmu. Follow juga media sosial Jovee, @jovee.id di Instagram dan Tiktok untuk dapatkan promo menarik dan informasi kesehatan lainnya.

Apa Itu Jovee?

Jovee adalah pusat suplemen dan vitamin yang menawarkan produk original, lengkap, dengan harga yang murah. Kamu bisa temukan vitamin dan suplemen berdasarkan kebutuhan nutrisi tubuh dengan harga yang lebih murah dan gratis ongkir.

Setiap vitamin dan suplemen yang dijual di Jovee telah mendapatkan nomor BPOM, sehingga dijamin keaslian produknya. Jovee menawarkan pengalaman beli vitamin dan skincare yang mudah, hemat, dan gratis ongkir.

Kamu bisa membeli vitamin dan kebutuhan kesehatan melalui Jovee Official Store di Shopee, Tokopedia, dan Lazada. Nikmati belanja lebih mudah, promo lebih banyak, serta gratis ongkir hanya di Jovee Official Store melalui platform e-commerce ternama dan terbesar di Indonesia.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

hernia-pada-anak

Mengenal Gejala dan Penyebab Hernia pada Anak

Kesehatan Lainnya   08/12/2022
hernia-pada-wanita

Hernia pada Wanita: Penyebab, Gejala, Pengobatan

Kesehatan Lainnya   07/12/2022
cara-merawat-rambut

6 Cara Merawat Rambut Setelah Keratin Treatment

Kesehatan Lainnya   25/11/2022
propylene-glycol-adalah

Propylene Glycol: Kegunaan dan Efek Samping

Kesehatan Lainnya   10/11/2022
vaksin-cacar-monyet

Mengenal Vaksin Cacar Monyet, JYNNEOS dan ACAM2000

Kesehatan Lainnya   04/11/2022