fbpx
BerandaMakanan SehatSerba-serbi Manfaat Propolis bagi Kesehatan Anda

Propolis adalah zat selain madu yang diproduksi oleh lebah dari tanaman. Propolis biasanya berwarna coklat dan memiliki tekstur yang lengket. Lebah memproduksi propolis sebagai lapisan untuk menutupi celah pada sarang mereka.Senyawa propolis ini menjadi obat herbal tradisional sejak ribuan tahun lalu. Orang Yunani percaya bahwa propolis memiliki manfaat untuk menyembuhkan bisul bernanah. Orang Assyria menggunakannya untuk melawan infeksi dan membantu proses penyembuhan pada luka. Kamu dapat membeli BRITISH PROPOLIS 6 ML – Madu Propolis untuk Dewasa (Rp250.000) di Jovee.

kandungan-dan-manfaat-propolis-adalah

Kandungan propolis yang mampu menyembuhkan luka

Kandungan senyawa kimia dalam propolis dari Eropa akan berbeda dari propolis Brazil. Hal ini dipengaruhi oleh lokasi lebah, pohon serta bunga yang ada di suatu negara. Makanya, para peneliti merasa kesulitan untuk menyimpulkan manfaat propolis untuk kesehatan. Meski begitu, tidak ada salahnya jika Anda ingin mengonsumsi propolis.

Para peneliti menemukan ada 300 senyawa dalam propolis. Mayoritas senyawa di dalam propolis berupa antioksidan berbentuk polifenol. Antioksidan berguna untuk melawan penyakit dan melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Komponen utama polifenol dalam propolis adalah flavonoid (quercetin, apigenin, galangin, kaempferol, luteolin, pinocembrin, pinostrobin, danpinobaksin), fenolik (caffeic acid, phenethyl ester), dan terpen.

Pinocembrin dalam propolis diyakini bermanfaat dalam melawan bakteri, virus, dan jamur. Penelitian oleh Martinotti dan Ranzato bahkan menunjukkan kemampuan propolis dalam membantu proses penyembuhan luka bakar dengan mempercepat pertumbuhan sel baru.

Meskipun telah diteliti, efektivitas propolis belum cukup terbukti secara ilmiah dan perlu dikaji lebih lanjut lagi secara klinis.

Propolis bisa menyembuhkan lenting akibat herpes genital

Manfaat lain dari propolis untuk kesehatan adalah mengatasi lenting atau luka melepuh di sekitar bibir atau cold sore akibat herpes genital. Temuan José M. Sforcin menunjukkan bahwa propolis yang dioleskan pada luka melepuh selama 3 kali sehari mampu mempercepat penyembuhannya.

Tak hanya itu, salep herbal ini juga diduga efektif untuk melawan virus herpes dalam tubuh dan mencegah kambuhnya luka melepuh di kemudian hari. Namun, pernyataan ini masih membutuhkan penelitian lanjut dan bukti yang lebih kuat.

Propolis disebut-sebut bersifat antikanker

Menurut studi Golfred CC. yang dipublikasikan dalam jurnal Clinical Review in Allergy and Immunity, propolis efek mencegah dan menghambat pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh.

Sementara penelitian Hongzhuan Xuan di Cina menunjukkan bahwa propolis juga digunakan sebagai terapi tambahan yang sangat membantu dalam mengobati kanker payudara.

Sayangnya, penelitian terkait manfaat propolis untuk kanker masih sebatas studi pada hewan saja. Maka dari itu, dibutuhkan banyak penelitian lanjutan untuk benar-benar memastikan manfaat herbal ini untuk terapi kanker.

Jangan sembarangan konsumsi propolis

Dilansir dari buletin Penyalahgunaan Penggunaan Madu, Propolis, dan Bee Pollen oleh BPOM RI, penggunaan propolis bisa menyebabkan efek samping berupa reaksi alergi atau hipersensitivitas. Wanita hamil dan menyusui tidak dianjurkan untuk mengonsumsi propolis.

Selain itu, propolis juga sebaiknya tidak diminum bersama dengan obat pengental darah seperti aspirin. Hal ini dapat disebabkan oleh propolis yang bisa memperlambat proses pembekuan darah.

Jika memiliki riwayat asma, Anda disarankan berhati-hati menggunakan propolis karena dapat menimbulkan alergi yang mengakibatkan gejala asma yang Anda alami semakin parah.

Propolis memang memiliki kemungkinan mengatasi beberapa macam penyakit. Namun, masih membutuhkan penelitian lebih lanjut. Sebaiknya konsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi propolis, terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan atau penyakit tertentu.

Untuk memenuhi kebutuhan vitamin harianmu, anda juga bisa mengunduh aplikasi Jovee. Jovee adalah aplikasi yang dapat merekomendasikan suplemen sesuai dengan kebutuhan personal. Aplikasi Jovee tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Ditulis oleh: Alifia Daariy

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

apakah-pisang-bagus-untuk-diet

Apakah Benar Buah Pisang Bagus untuk Diet?

Makanan Sehat   17/05/2022
apakah-tomat-bisa-menghilangkan-jerawat

Apakah Tomat Bisa Menghilangkan Jerawat?

Makanan Sehat   17/05/2022
jadwal-mpasi-6-bulan

Mulai MPASI, Begini Jadwal Makan Bayi Usia 6 Bulan

Makanan Sehat   10/05/2022
apakah-nanas-bisa-mencegah-kehamilan

Apakah Nanas Bisa Mencegah Kehamilan?

Makanan Sehat   09/05/2022
manfaat-buah-lingonberry

Kaya Antioksidan, Kenali 7 Manfaat Buah Lingonberry bagi Kesehatan

Makanan Sehat   28/04/2022