fbpx
BerandaKesehatan KulitSerba-serbi Manfaat Resveratrol untuk Kulit yang Menarik Untuk Diketahui

Jika kamu adalah seorang skincare enthusiast, mungkin kamu pernah mendengar tentang manfaat anti oksidan untuk kecantikan kulit. Disebut-sebut sebagai bahan super yang dapat membantu mencegah tanda-tanda penuaan pada kulit, bahan ini dapat ditemukan di semua jenis krim, gel, dan serum di berbagai merek perawatan kulit. Tetapi, apakah kamu sudah pernah mendengar mengenai manfaat resveratrol untuk kulit?

Manfaat Resveratrol untuk Kulit

Faktanya, meski nama resveratrol ini tidak terlalu populer, manfaat resveratrol untuk kulit ini sangatlah besar dan dapat ditemukan dengan mudah di keseharian kita.

Penasaran? Kali ini Jovee akan mengajak kamu untuk berkenalan dengan manfaat resveratrol untuk kulit yang menarik untuk diketahui:

Apa itu Resveratrol?

Resveratrol adalah senyawa tumbuhan yang dapat ditemukan di banyak makanan, seperti anggur, anggur merah, beberapa jenis buah beri, dan kacang tanah. Resveratrol memiliki sifat antioksidan, dan dapat membantu menetralkan radikal bebas yang dapat merusak kulit.

Sebuah penelitian yang dilakukan di tahun 2010 menunjukkan bahwa molekul-molekul radikal bebas menciptakan efek penuaan pada kulit dan dapat merusak sel mana pun di tubuh. Molekul-molekul radikal bebas inilah yang dapat dilawan oleh resveratrol.

Oleh karena itu para peneliti menemukan bahwa resveratrol dapat membantu melindungi terhadap penyakit kardiovaskular, kondisi neurologis seperti Alzheimer, dan bahkan beberapa bentuk kanker.

Manfaat Resveratrol untuk Kulit

Membantu mencegah dampak penuaan dini pada kulit

Salah satu manfaat utama resveratrol adalah kemampuannya mengurangi efek penuaan pada kulit.

Seiring bertambahnya usia, kita kehilangan kolagen dan elastin alami. Kita pun mulai mengalami penipisan kulit. Antioksidan dianggap dapat membantu melindungi terhadap efek penuaan yang dipercepat akibat kerusakan akibat radikal bebas.

Seperti disebutkan sebelumnya, resveratrol memiliki efek ganda, yaitu menetralisir radikal bebas dan meningkatkan kadar antioksidan, sehingga kulit kita dapat mempertahankan dan memperbaiki dirinya dengan lebih baik.

Sebuah studi tahun 2014 menemukan bahwa penggunaan resveratrol secara topikal secara signifikan memperbaiki garis-garis halus, kerutan, dan elastisitas dalam 12 minggu.

Membantu mencegah kulit dari kerusakan akibat lingkungan

Baik itu sinar matahari atau polusi, kulit kita menanggung risiko terpapar berbagai faktor lingkungan yang harus dihadapi.

Resveratrol telah ditemukan dapat membantu melindungi dari kerusakan akibat sinar UV. Bahkan, kandungan ini dapat membantu mengurangi pigmentasi yang disebabkan oleh sinar matahari.

Membantu mengatasi kemerahan pada kulit

Berkat sifatnya yang menenangkan, resveratrol juga dapat meminimalkan peradangan dan kemerahan pada kulit akibat jerawat atau iritasi akibat kulit kering, menurut sebuah penelitian kecil pada tahun 2013.

Membantu mengatasi kulit kering

Sebuah studi kecil tahun 2012 mencatat adanya efek menghidrasi resveratrol setelah para peneliti memasukkannya ke dalam suplemen makanan. Kondisi seperti eksim dan psoriasis juga membaik dengan penggunaan resveratrol, menurut sebuah penelitian yang dilakukan di tahun 2020.

Membantu mengatasi kulit kasar

Tekstur kulit juga dapat diperbaiki dengan mengonsumsi makanan yang mengandung resveratrol. Hal ini dibuktikan dengan sebuah penelitian kecil yang sama pada tahun 2012 di atas yang menemukan bahwa kulit terasa lebih halus setelah 60 hari mengonsumsi suplemen yang mengandung resveratrol.

Bagaimana Cara Mendapatkan Manfaat Resveratrol untuk Kulit?

Resveratrol tersedia dalam berbagai bentuk, mulai dari suplemen makanan hingga pelembab dan serum. Namun, para ahli dermatologis menemukan bahwa resveratrol paling baik digunakan secara topikal (oles).

Sebuah penelitian yang dilakukan di tahun 2017 menunjukkan bahwa resveratrol memiliki sifat sensitif terhadap cahaya, sehingga penggunaan produk skincare yang mengandung resveratrol pada malam hari lebih disarankan.

Di mana kamu memasukkannya ke dalam rutinitas perawatan kulitmu, bergantung pada produk yang kamu gunakan.

Jika menggunakan krim malam yang lebih kental, gunakan tepat di akhir rutinitas malam perawatan kulitmu. Namun jika kamu menggunakan serum ringan yang mengandung resveratrol, kamu bisa menggunakannya lebih awal setelah membersihkan wajah.

Pastikan untuk membersihkan, melakukan eksfoliasi, dan menghidrasi kulit terlebih dahulu sebelum menggunakan produk skincare yang mengandung resveratrol.

Resveratrol umumnya dianggap aman untuk semua jenis kulit. Namun para ahli menekankan bahwa ada beberapa bukti bahwa resveratrol dapat mengganggu pengencer darah (Coumadin, aspirin, ibuprofen, dll.) dan harus digunakan dengan hati-hati untuk menghindari kemungkinan pendarahan yang tidak terkontrol.

Dan jika kamu berencana menggunakannya dalam bentuk suplemen, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter ya.

Demikianlah info mengenai fungsi resveratrol untuk kulit. Semoga bermanfaat.

Cek artikel seputar kesehatan lainnya hanya di Jovee. Follow juga media sosial Jovee, @jovee.id di Instagram dan Tiktok untuk dapatkan promo menarik dan informasi kesehatan lainnya.

Apa Itu Jovee?

Jovee adalah pusat suplemen dan vitamin yang menawarkan produk original, lengkap, dengan harga yang murah. Kamu bisa temukan vitamin dan suplemen berdasarkan kebutuhan nutrisi tubuh dengan harga yang lebih murah dan gratis ongkir.

Setiap vitamin dan suplemen yang dijual di Jovee telah mendapatkan nomor BPOM, sehingga dijamin keaslian produknya. Jovee menawarkan pengalaman beli vitamin dan skincare yang mudah, hemat, dan gratis ongkir.

Kamu bisa membeli vitamin dan kebutuhan kesehatan melalui Jovee Official Store di Shopee, dan Tokopedia. Nikmati belanja lebih mudah, promo lebih banyak, serta gratis ongkir hanya di Jovee Official Store melalui platform e-commerce ternama dan terbesar di Indonesia.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

manfaat sirih merah

Serba-Serbi Manfaat Sirih Merah untuk Wajah dan Kesehatan Tubuh

Kesehatan Kulit   29/11/2023
senyum apple cheeks adalah

Mengenal Istilah Senyum Apple Cheeks Adalah dan Penjelasannya

Kesehatan Kulit   25/11/2023
Manfaat kulit semangka untuk wajah

Serba-serbi Manfaat Kulit Semangka untuk Wajah, Unik Banget

Kesehatan Kulit   24/11/2023
Anti Aging Untuk Usia Berapa

Anti Aging Untuk Usia Berapa Ya? Yuk Kulik Di Sini

Kesehatan Kulit   22/11/2023
Kepanjangan dari SPF

Sunscreen 101: Kenali Lebih Dalam Kepanjangan dari SPF

Kesehatan Kulit   21/11/2023