fbpx
BerandaKesehatan KulitSerba-serbi Skincare yang Mengandung Benzoyl Peroxide dan Salicylic Acid untuk Jerawat

Kehadiran jerawat menjadi momok yang mengganggu semua orang. Bukan hanya remaja, bahkan orang dewasa pun masih bisa memiliki jerawat di wajah atau pun bagian tubuh lainnya. Selain mengganggu penampilan, terkadang jerawat juga menimbulkan rasa sakit saat tak sengaja tersentuh.

benzoyl peroxide salicylic acid

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk merawat kulit berjerawat. Tak jarang dokter kulit merekomendasikan penggunaan skincare yang mengandung benzoyl peroxide dan salicylic acid untuk membantu mengatasi kulit yang berjerawat.

Berikut ini Jovee merangkum informasi produk skincare yang mengandung benzoyl peroxide dan salicylic acid yang penting kamu ketahui sebelum memutuskan menggunakannya:

Apa itu Benzoyl Peroxide?

Benzoyl peroxide adalah bahan yang dikenal luas untuk membantu mengobati jerawat. Benzoyl peroxide merupakan salah satu perawatan pertama yang direkomendasikan untuk membantu mengatasi jerawat ringan hingga sedang.

Kandungan benzoyl peroxide yang dijual di pasaran bervariasi, mulai dari 2,5% hingga 10%. Bahan ini terkadang dicampur dengan kalium hidroksiquinolin sulfat yang juga memiliki efek antimikroba untuk membasmi mikroorganisme pada kulit.

Umumnya produk skincare yang mengandung benzoyl peroxide tersedia dalam bentuk gel atau sabun pembersih wajah.

Apa itu Salicylic Acid?

Selain benzoyl peroxide, bahan lain yang juga terkenal akan kemampuannya dalam membantu mengobati jerawat adalah salicylic acid. Salicylic acid, atau asam salisilat, bermanfaat untuk membantu mengobati jerawat ringan hingga sedang. Produk skincare yang mengandung salicylic acid dapat digunakan dalam kombinasi dengan perawatan jerawat lainnya di bawah pengawasan dokter.

Salicylic acid termasuk dalam obat yang bekerja dengan membantu kulit melepaskan sel-sel kulit mati dari permukaan, membantu mengurangi kemerahan dan pembengkakan, serta mengurangi sebum. Hal ini dapat membantu mengurangi terbentuknya jerawat, membantu pemulihan kulit lebih cepat, serta mengurangi hiperpigmentasi karena efek eksfoliasi & mencegah pori-pori tetap bersih

Skincare yang Mengandung Benzoyl Peroxide dan Salicyclic Acid, Mana yang Lebih Baik?

Mempunyai kemampuan yang sama-sama untuk membantu mengatasi jerawat, skincare yang mengandung benzoyl peroxide dan salicylic acid dapat ditemui dengan mudah di apotek karena umumnya merupakan produk over the counter (OTC).

Meskipun begitu, banyak orang yang masih bingung, mana yang lebih baik di antara keduanya? Apakah perbedaannya?

Salicylic acid lebih efektif untuk kamu yang memiliki banyak komedo, baik itu komedo hitam maupun komedo putih. Sementara itu benzoyl peroxide bekerja dengan baik untuk pustula (jerawat nanah) yang ringan.

Dibandingkan dengan salicylic acid, benzoyl peroxide menunjukkan beberapa manfaat untuk membantu mengatasi jerawat dalam keadaan darurat.

Untuk kamu yang memiliki tingkat aktivitas tinggi di siang hari dan banyak berkeringat, benzoyl peroxide dapat meninggalkan noda pada pakaian. Kamu bisa mempertimbangkan penggunaan benzoyl peroxide hanya pada malam hari atau menggunakan salicylic acid di siang hari sebagai gantinya.

Perlu diketahui, salicylic acid bekerja dengan lebih lembut sehingga lebih minim iritasi pada kulit yang sensitif. Sementara benzoyl peroxide sifatnya lebih keras.

Peringatan Penggunaan Produk Skincare yang Mengandung Benzoyl Peroxide dan Salicylic Acid

Penting untuk memilih mana bahan yang sesuai dengan kondisi kulit kamu. Meskipun kedua bahan tersebut tersedia dengan mudah di pasaran, bukan berarti keduanya aman untuk semua orang.

Secara umum obat jerawat yang mengandung benzoyl peroxide dan salicylic acid mungkin menimbulkan efek samping berupa rasa gatal, kulit mengelupas, kulit kemerahan, rasa terbakar, atau sensasi menyengat. Apabila kamu mendapati gejala-gejala lain, misalnya mual, muntah, dan pusing, setelah pemakaian obat jerawat yang mengandung benzoyl peroxide dan salicylic acid, segera hentikan pemakaian dan konsultasikan dengan dokter.

Konsultasikan dengan dokter kulit apabila kamu memiliki kondisi kulit yang mendasarinya. Kamu juga perlu berkonsultasi dengan dokter jika kamu memiliki penyakit ginjal, diabetes, atau penyakit hati sebelum menggunakan obat-obatan jerawatan berbahan benzoyl peroxide dan salicylic acid untuk mencegah komplikasi yang membahayakan kesehatan.

Untuk kamu yang menggunakan obat jerawat yang mengandung benzoyl peroxide, hindari paparan sinar matahari yang kuat secara langsung. Sangat dianjurkan untuk menggunakan sunscreen dengan SPF 30 atau lebih yang sesuai dengan jenis kulit saat kulit dalam kondisi berjerawat untuk mencegah kerusakan kulit.

Cek artikel seputar kesehatan lainnya hanya di Jovee. Follow juga media sosial Jovee, @jovee.id di Instagram dan Tiktok untuk dapatkan promo menarik dan informasi kesehatan lainnya.

Apa Itu Jovee?

Jovee adalah pusat suplemen dan vitamin yang menawarkan produk original, lengkap, dengan harga yang murah. Kamu bisa temukan vitamin dan suplemen berdasarkan kebutuhan nutrisi tubuh dengan harga yang lebih murah dan gratis ongkir.

Setiap vitamin dan suplemen yang dijual di Jovee telah mendapatkan nomor BPOM, sehingga dijamin keaslian produknya. Jovee menawarkan pengalaman beli vitamin dan skincare yang mudah, hemat, dan gratis ongkir.

Kamu bisa membeli vitamin dan kebutuhan kesehatan melalui Jovee Official Store di Shopee, Tokopedia, dan Lazada. Nikmati belanja lebih mudah, promo lebih banyak, serta gratis ongkir hanya di Jovee Official Store melalui platform e-commerce ternama dan terbesar di Indonesia.

Referensi:

 

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

Macam-macam Penyakit Kulit di Area Paha yang Penting Diketahui

Kesehatan Kulit   27/01/2023

Kulit Wajah Menghitam, Tanda Penyakit Apa?

Kesehatan Kulit   27/01/2023

Penyakit Kulit di Tangan Bernanah, Apa Penyebabnya?

Kesehatan Kulit   26/01/2023

Macam-macam Penyakit Kulit di Area Paha yang Penting Diketahui

Kesehatan Kulit   25/01/2023

Jenis Penyakit Kulit di Kaki dan Penyebabnya, Wajib Kamu Ketahui!

Kesehatan Kulit   24/01/2023