fbpx
BerandaKesehatan LainnyaSering Mimisan Saat Hamil? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Selama masa kehamilan, ibu tentu berusaha maksimal untuk menjaga kandungannya. Oleh sebab itu, ibu cenderung khawatir dan panik saat muncul keluhan kesehatan, seperti mimisan saat hamil.

mimisan-saat-hamil

Meski terlihat mengkhawatirkan, mimisan ringan saat hamil adalah hal yang wajar. Biasanya, hal ini terjadi pada saat kehamilan memasuki trimester kedua. Apa penyebabnya dan kapan bumil perlu ke dokter? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Penyebab mimisan saat hamil

Saat hamil, tubuh ibu mengalami banyak perubahan. Baik itu ukuran badan, fluktuasi hormon, dll. Hal ini juga termasuk peningkatan volume darah, yang naik hingga sekitar 50 persen. Semua aliran darah baru ini diperlukan untuk memberi makan janin yang terus bertumbuh.

Volume darah yang meningkat juga mengakibatkan melebarnya pembuluh darah, termasuk pembuluh darah di hidung ibu. Lebih banyak pembuluh darah di hidung dan tubuh serta lonjakan hormon saat hamil inilah yang memicu terjadinya mimisan.

Kondisi lingkungan, medis, dan obat-obatan tertentu yang dikonsumsi juga bisa membuat ibu hamil lebih rentan alami mimisan. Misalnya, kondisi alergi, suhu dingin akibat cuaca, atau konsumsi obat pengencer darah.

Menurut Cleveland Clinic, dehidrasi juga menjadi faktor yang bisa menjadi penyebab meningkatnya risiko mimisan saat hamil. Saat hamil, tubuh ibu membutuhkan lebih banyak asupan air. Saat ibu alami dehidrasi, selaput lendir di hidung menjadi kering dan pecah-pecah. Hal inilah yang kemudian menyebabkan mimisan karena selaput lendir hidung yang kering jadi hidung lebih mudah terluka.

Mimisan biasanya terjadi saat kehamilan memasuki masa trimester kedua. Namun, perlu diketahui mimisan bisa terjadi kapan saja selama masa kehamilan.

Diketahui bahwa sekitar 1 dari 5 ibu hamil alami mimisan saat hamil, jadi tak perlu begitu cemas karena kondisi ini adalah hal yang umum terjadi ya, Bunda. Studi lain juga menemukan bahwa ibu hamil tiga kali lebih rentan alami mimisan dibandingkan orang yang tidak sedang hamil.

Cara mengatasi mimisan saat hamil

Pertama, tetap tenang dan jangan panik. Jika sedang berbaring, segera posisikan tubuh dalam posisi duduk atau berbaring. Kemudian, condongkan tubuh sedikit ke depan dan cubit lembut hidung atas selama 10 sampai 15 menit.

Cara atasi mimisan saat hamil lainnya yang bisa dilakukan adalah dengan kompres dingin. Suhu dingin dapat menyempitkan pembuluh darah dan menurunkan aliran darah.

Bagaimana cara mencegah mimisan saat hamil?

Sayangnya, mimisan tidak selalu bisa dicegah. Bunda perlu mencari tahu mengenai penyebab pasti dari mimisan untuk menghindari kondisi ini. Dengan begitu, frekuensi mimisan dapat berkurang.

Dilansir dari Healthline, sejumlah cara di bawah ini bisa dilakukan untuk mengurangi risiko mimisan saat hamil:

  • Menjaga bagian dalam hidung tetap lembab dengan mengoleskan sedikit petroleum jelly atau lidah buaya
  • Hindari mencubit atau menggosok hidung terlalu keras
  • Tiup hidung dengan lembut saat alami hidung tersumbat atau pilek
  • Hindari mengorek hidung
  • Hindari menggunakan AC atau kipas angin dengan suhu terlalu rendah
  • Jaga kelembapan udara dengan humidifier
  • Hindari olahraga intens yang melibatkan banyak aktivitas membungkuk, melompat, atau mengejan

Perlu diperhatikan, jika terjadi peningkatan pada frekuensi dan intensitas mimisan, segera periksakan diri ke dokter. Umumnya mimisan berlangsung selama sekitar 10 menit. Jika darah yang keluar terjadi lebih lama dari durasi ini atau darah keluar dalam jumlah yang sangat banyak, ibu hamil dapat kesulitan bernapas, pusing, dan lemas.

Beri tahukan juga pada dokter jika ibu hamil memiliki riwayat tekanan darah tinggi (hipertensi). Dalam kasus yang sangat jarang, mimisan yang disertai gejala lain mungkin pertanda kondisi kesehatan yang serius.

Segera temui dokter jika mimisan disertai dengan gejala ini:

  • Penglihatan kabur
  • Sakit kepala kronis
  • Muntah
  • Pembengkakan secara tiba-tiba, terutama pada kedua kaki (edema)
  • Sakit dada dan perut
  • Perut kembung
  • Demam dan meriang
  • Penurunan berat badan secara tiba-tiba dan dalam waktu yang singkat
  • Mata atau kulit yang menguning
  • Urin berwarna gelap
  • Hilangnya penciuman, nyeri pada wajah dan telinga

Demikianlah penjelasan mengenai mimisan saat hamil. Jaga kesehatan kandungan, Bunda juga bisa konsumsi Blackmores Pregnancy & Breastfeeding (Rp205.656) yang mengandung 17 nutrisi esensial untuk bantu tumbuh kembang janin lebih optimal.

Cek artikel seputar kesehatan lainnya hanya di Jovee, pusat vitamin harian personalmu. Follow juga media sosial Jovee, @jovee.id di Instagram dan Tiktok untuk dapatkan promo menarik dan informasi kesehatan lainnya.

Apa Itu Jovee?

Jovee adalah pusat suplemen dan vitamin yang menawarkan produk original, lengkap, dengan harga yang murah. Kamu bisa temukan vitamin dan suplemen berdasarkan kebutuhan nutrisi tubuh dengan harga yang lebih murah dan gratis ongkir.

Setiap vitamin dan suplemen yang dijual di Jovee telah mendapatkan nomor BPOM, sehingga dijamin keaslian produknya. Jovee menawarkan pengalaman beli vitamin dan skincare yang mudah, hemat, dan gratis ongkir.

Kamu bisa membeli vitamin dan kebutuhan kesehatan melalui Jovee Official Store di Shopee, Tokopedia, dan Lazada. Nikmati belanja lebih mudah, promo lebih banyak, serta gratis ongkir hanya di Jovee Official Store melalui platform e-commerce ternama dan terbesar di Indonesia.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

KB yang Bagus untuk Ibu Menyusui dan Tidak Bikin Gemuk

Kesehatan Lainnya   26/02/2023

Penyakit Kulit di Tangan Bernanah, Apa Penyebabnya?

Kesehatan Kulit   26/01/2023

Urutan Pemakaian Shampo, Conditioner, dan Hair Mask yang Tepat Agar Rambut Sehat Terawat

Kesehatan Lainnya   17/01/2023
lipstik transferproof

Mengenal Lipstik Transferproof dan Tips Awet Menggunakannya

Kesehatan Lainnya   12/01/2023
letak-jerawat-dan-penyebabnya

4 Arti Letak Jerawat dan Penyebabnya

Kesehatan Lainnya   11/01/2023