fbpx
BerandaMakanan SehatSumber Antioksidan

Antioksidan merupakan zat yang bertugas untuk mencegah atau menunda kerusakan-kerusakan yang dapat terjadi di dalam sel. Antioksidan dapat kita peroleh dari diet tinggi sayuran dan buah-buahan. Sayur dan buah merupakan sumber antioksidan yang baik serta terbukti menyehatkan. 

Beberapa contoh zat yang dapat berfungsi sebagai antioksidan adalah vitamin C, vitamin E, selenium dan karotenoid sepeti beta-karoten, likopen, dan lutein. Sayur dan buah merupakan sumber yang kaya akan antioksidan. Berbagai penelitian menyebutkan bahwa makan makanan yang mengandung banyak sayur dan buah menyehatkan. 

Mengenal radikal bebas dan antioksidan  

Radikal bebas merupakan molekul yang memiliki sifat sangat tidak stabil. Molekul ini terbentuk secara alami di dalam tubuh ketika tubuh memproses makanan untuk menjadi energi. Selain itu, tubuh Anda juga dapat terpapar radikal bebas dari lingkungan misalnya dari asap rokok, polusi udara, hingga sinar matahari. 

Radikal bebas ini dapat menyebabkan stres oksidatif, yaitu suatu proses yang dapat memicu kerusakan pada sel tubuh. Stres oksidatif diduga memiliki peran dalam timbulnya berbagai penyakit termasuk kanker, penyakit jantung dan pembuluh darah, diabetes, alzheimer, serta berperan dalam mempercepat proses penuaan sel tubuh.

Antioksidan merupakan zat yang dapat membantu mengatasi stres oksidatif. Manfaat antioksidan adalah untuk mencegah atau menunda kerusakan-kerusakan yang terjadi di dalam sel. Salah satu contoh antioksidan adalah vitamin E. Simak ulasan berikut untuk mengetahui lebih lanjut mengenai vitamin E. 

Mengenal vitamin E 

Vitamin E merupakan salah satu jenis vitamin yang larut dalam lemak. Vitamin E memiliki beberapa bentuk tetapi hanya bentuk alfa-tokoferol yang digunakan oleh tubuh manusia. Peran utama vitamin E adalah bertindak sebagai antioksidan. Selain itu, vitamin E juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah pembentukan sumbatan pada pembuluh darah di jantung. 

Berapa dosis vitamin E yang dibutuhkan?

Jumlah vitamin E yang dianjurkan untuk dikonsumsi adalah sekitar 15 mg per hari (atau 22 international units, IU). Ibu hamil juga disarankan untuk mengkonsumsi vitamin E sebanyak 15 mg per hari. Sedangkan, ibu menyusui membutuhkan sedikit lebih banyak yaitu sekitar 19 mg per hai (28 IU). 

Darimana vitamin E dapat diperoleh? 

Vitamin E dapat Anda peroleh dari kacang-kacangan, biji-bijian, serta sayur dan buah. Beberapa contoh sumber vitamin E misalnya: 

  • Biji bunga matahari 
  • Kacang-kacangan 
  • Labu 
  • Bayam 
  • Mangga 
  • Alpukat 

Masih banyak sayur dan buah lain yang juga mengandung vitamin E selain sayur dan buah yang terdapat pada daftar di atas. Pada dasarnya, Anda akan lebih sehat ketika mengkonsumsi banyak jenis sayur dan buah. 

Selain dari sayur dan buah, Anda juga dapat memperoleh vitamin E melalui suplemen atau multivitamin yang tersedia di pasaran. 

Apakah tandanya jika kita kekurangan vitamin E?

Oleh karena vitamin E mudah ditemui di berbagai jenis sayur dan buah, kekurangan vitamin E menjadi kasus yang cukup jarang. Orang yang memiliki gangguan pada sistem pencernaan atau orang yang tidak dapat menyerap lemak dengan baik memiliki resiko yang lebih tinggi untuk mengalami kekurangan vitamin E. 

Beberapa gejala yang mungkin muncul apabila kita kekurangan vitamin E antara lain: 

  • Gangguan penglihatan (retinopati) 
  • Gangguan sistem saraf tepi (tangan dan kaki mengalami kelemahan atau mengalami rasa nyeri) 
  • Kehilangan kemampuan untuk mengontrol pergerakan tubuh (Ataxia) 
  • Penurunan sistem kekebalan tubuh 

Bagaimana jika kita kelebihan vitamin E? 

Hingga saat ini, belum ditemukan dan belum ada laporan mengenai efek samping dari kelebihan vitamin E, baik yang diperoleh secara alami melalui makanan maupun yang diperoleh dari suplemen atau multivitamin pada orang yang sehat. 

Namun, terdapat resiko terjadinya perdarahan pada orang yang mengkonsumsi pengencer darah seperti warfarin, jika vitamin E dikonsumsi melebihi 1000 mg per hari. 

Sehingga, demi keamanan orang yang mengkonsumsi vitamin E, diberikan batasan yaitu maksimal 1000 mg per hari untuk konsumsi vitamin E dalam bentuk apapun (termasuk dari konsumsi suplemen dan multivitamin).

Vitamin E merupakan salah satu vitamin yang juga berperan sebagai antioksidan. Oleh karena itu, sangat penting untuk Anda mendapatkan vitamin E dari sumber apapun yang bisa Anda peroleh. Untuk memenuhi kebutuhan vitamin E, Anda bisa menggunakan Wellness Natural Vitamin E (Rp467.500).

Konsultasi gratis dengan dokter umum dan beli obat rutin. Download aplikasi Lifepack di Play Store dan App Store, apotek online untuk tebus resep obat. Solusi berobat bebas antri. Asli, Lengkap, Mudah.

 

Referensi: 

  1. Harvard School of Public Health. The Nutrition Source Antioxidants. Harvard public health website. 2021 [online] 
  2. Harvard School of Public Health. The Nutrition Source Vitamin E. Harvard public health website. 2021 [online] 
  3. National Center for Complementary and Integrative Health. Antioxidants: in depth. NIH website. 2021 [online] 
  4. Dunkin MA. Super foods for optimal health. webMD. 2019 [online]  
  5. Traber MG, Atkinson J. Vitamin E, antioxidants and nothing more. Free radic biol med. 2007;43(1):4-15  
  6. Image by Pixabay: https://pixabay.com/photos/pecans-nuts-cracked-open-protein-1214703/

 

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

ekstrak citrus bioflavonoid

Ekstrak Citrus Bioflavonoid

Makanan Sehat   18/10/2021

Kolagen Alami

Vitamin & Suplemen   18/10/2021

Goji Berry

Makanan Sehat   13/10/2021
Cara_Memasak_Pare_Agar_Tidak_Pahit

Tips Cara Memasak Pare Agar Tidak Pahit

Makanan Sehat   17/09/2021
Khasiat Propolis

Mengenal Khasiat Propolis untuk Kesehatan Tubuh

Makanan Sehat   14/09/2021