fbpx

Sumber dan Manfaat Vitamin Larut dalam Lemak bagi Tubuh

by | Nov 17, 2020 | Vitamin & Suplemen | 0 comments

Manusia membutuhkan vitamin untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh. Dilihat dari jumlahnya, vitamin yang diperlukan tubuh hanyalah sedikit dan disebut mikromolekul. Ada dua jenis vitamin yaitu vitamin larut dalam lemak dan vitamin larut dalam air. Tentu saja, masing-masing vitamin tersebut memiliki fungsi yang berbeda termasuk cara pengolahannya. Kali ini, kita akan mengulas vitamin apa saja yang termasuk larut dalam lemak, manfaat vitamin, dan sumber makanannya.

Tahukah Anda, vitamin larut dalam lemak ini tidak langsung bisa diserap oleh tubuh. Vitamin tersebut harus dibawa terlebih dulu oleh lipoprotein kaya trigliserida, berjalan melalui sistem limfatik usus halus, kemudian masuk pada sirkulasi darah.

Vitamin larut dalam lemak yang sudah masuk dalam tubuh akan bertahan dan sulit keluar melalui urin atau keringat. Sementara, vitamin larut dalam air sangat mudah keluar bersamaan dengan cairan urin atau keringat. Oleh karena itu, baik vitamin larut dalam lemak ataupun vitamin larut dalam air sangat penting bagi tubuh. Hanya saja, untuk vitamin larut dalam lemak tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan karena sifat beracunnya akan bertahan lama dalam tubuh.

Nah, apa sajakah yang termasuk vitamin larut dalam lemak? Berikut ini adalah penjabaran terkait manfaat dan sumber makanan vitamin larut dalam lemak yang bisa ditemukan disekitar kita.

Vitamin A (Retinol)

Peran vitamin A bagi tubuh sangat penting untuk perkembangan dan fungsi berbagai organ tubuh, mulai dari mata, kulit, sistem kekebalan tubuh, dan bagian tubuh lainnya. Jika tubuh defisiensi vitamin A akan mengalami berbagai gangguan.

  • Memperbaiki fungsi mata, misalnya degenerasi makula terkait usia, glaukoma, dan katarak.
  • Mengatasi masalah kewanitaan, seperti periode menstruasi terlalu lama, PMS, infeksi vagina dan jamur, payudara fibrokistik, dan mencegah kanker payudara.
  • Meningkatkan sperma
  • Memperbaiki kondisi kulit yang bermasalah, misalnya jerawat, eksim, psoriasis, cold sore (herpes), luka bakar, terbakar sinar matahari.
  • Mengatasi gangguan saluran pencernaan, misalnya maag, gastrointestinal, penyakit Crohn, sakit gusi, infeksi sinus, dan infeksi saluran kencing.
  • Mencegah penyakit berbahaya, seperti kanker, diabetes, jantung dan kardiovaskuler, memperlambat penuaan, dan meningkatkan sistem imun tubuh.

Masalah kesehatan yang terjadi akibat defisiensi vitamin A antara lain kekurangan protein, diabetes, tiroid yang terlalu aktif, demam, gangguan hati, cystic fibrosis, dan kelainan bawaan (abetalipoproteinemia)

Setiap individu memiliki angka kebutuhan vitamin A yang berbeda-beda tergantung usia, jenis kelamin, dan kehamilan atau menyusui. Adapun makanan yang mengandung vitamin A yaitu telur, susu, mentega, margarin yang diperkaya, buah, sayuran, daging, hati, dan minyak ikan.

Vitamin D (Kalsiferol)

Vitamin D sangat penting untuk menjaga struktur tulang yang tepat sekaligus mencukupi kebutuhan kalsium serta fosfor dalam tubuh. Hampir 90% vitamin D diperoleh dari paparan sinar matahari. Adapun manfaat vitamin D secara rinci yaitu:

  • Mengobati kerusakan tulang, seperti osteoporosis, nyeri tulang, hiperparatiroidisme, dan osteogenesis imperfecta.
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah autoimun, dan mencegah kanker.
  • Mengatasi masalah kulit, seperti vitiligo, skleroderma, psoriasis, keratosis aktinik, dan lupus vulgaris.
  • Mencegah penyakit berbahaya, diantaranya jantung dan pembuluh darah, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, diabetes, obesita, kelemahan otot, multiple sclerosis, PPOK, asma bronkitis, PMS, penyakit gusi dan gigi.

Angka kebutuhan vitamin D bagi tiap orang berbeda-beda tergantung usia dan wanita hamil serta menyusui. Selain sinar matahari, sumber vitamin D dapat diperoleh dari ikan herring, mackerel, sarden, dan tuna. Berbagai produk olahan susu, jus, dan sereal juga mengandung vitamin D.

Vitamin E (Tokoferol)

Tokoferol disebut juga antioksidan karena membantu memperlambat proses kerusakan sel. Vitamin ini sangat diperlukan oleh banyak organ tubuh untuk:

  • Mengobati penyakit otak
  • Mengatasi masalah kewanitaan
  • Mengatasi masalah kardiovaskuler
  • Mengobati penyakit berbahaya lain
  • Baik untuk kulit

Hampir tidak ada kasus kekurangan vitamin E kecuali pada orang yang mengalami kelainan genetik tertentu. Jumlah kebutuhan vitamin E berbeda-beda tiap orang tergantung usia dan wanita hamil atau menyusui. Adapun sumber vitamin E dapat diperoleh dari minyak nabat, daging, unggas, telur, buah-buahan, sayur, dan minyak biji gandum.

Vitamin K (Filokuinona)

Selain berfungsi untuk pembekuan darah, beberapa manfaat vitamin K lainnya yaitu:

  • Mengobati masalah perdarahan
  • Baik untuk kulit
  • Mengobati penyakit lainnya, seperti osteoporosis dan sirosis hati.

Setiap individu memiliki angka kebutuhan vitamin K yang berbeda. Sumber nutrisi ini dapat diperoleh dari sayuran berdaun hijau, brokoli, dan kubis.

Semua jenis vitamin sangat berperan baik bagi tubuh. Namun, hanya vitamin larut dalam lemak yang yang disimpan oleh tubuh. Semakin banyak jumlah vitamin yang dikonsumsi, maka cadangannya dalam tubuh juga akan makin bertambah. Nah, untuk mempermudah proses penyerapan vitamin ini, sebaiknya konsumsilah sumber nutrisi vitamin di atas bersama dengan makanan yang mengandung lemak baik, misalnya segelas susu.

Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee. Untuk mengetahui rekomendasi vitamin harianmu, anda juga bisa mengunduh aplikasi Jovee. Jovee adalah aplikasi yang dapat merekomendasikan suplemen sesuai dengan kebutuhan personal. Aplikasi Jovee tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Brands