fbpx
BerandaVitamin & SuplemenSuplemen Kehamilan: Apa yang Aman dan Tidak?

Ditinjau oleh: Kelvin Halim, S. Gz.

Suplemen Kehamilan: Apa yang Aman dan Tidak?

Kehamilan menjadi salah satu pengalaman yang paling menyenangkan dan menyenangkan dalam kehidupan seorang wanita. Namun juga bisa menjadi waktu yang paling membingungkan dan membingungkan bagi calon ibu. Akhirnya internet, majalah, dan iklan membanjiri wanita dengan berbagai saran tentang cara tetap sehat selama kehamilan.

Sebagian besar seorang wanita pastinya sudah tahu kalau makanan laut yang merkurinya tinggi, alkohol, dan rokok merupakan larangan selama kehamilan. Selain itu juga banyak yang tidak menyadari kalau mineral, vitamin, dan suplemen herbal juga harus dihindari. Sehingga informasi tentang suplemen mana yang aman, menjadi lebih rumit untuk dipahami.

Pada kesempatan kali ini akan mencoba memecahkan suplemen mana yang aman untuk dikonsumsi selama ibu hamil. Selain itu juga akan menjelaskan mengenai beberapa suplemen yang perlu dihindari.

Mengapa Harus Mengkonsumsi Suplemen Selama Kehamilan?

Tentunya mengkonsumsi suplemen yang tepat pastinya sangat penting untuk tahap kehidupan. Lebih penting lagi ketika masa kehamilan. Mengingat seorang wanita membutuhkan makanan yang baik untuk dirinya dan bayi yang ada dalam tubuhnya. Selama kehamilan wanita membutuhkan banyak kandungan nutrisi yang signifikan. Kebutuhan tersebut berupa karbohidrat, lemak, dan protein.

Selain itu kebutuhan akan zat gizi mikro seperti mineral, vitamin, dan unsur pelacak juga harus meningkat dari kebutuhan zat mikro. Keberadaan vitamin dan mineral untuk ibu hamil ini digunakan untuk mendukung pertumbuhan sel dan pensinyalan sel.

Sementara beberapa wanita mampu memenuhi permintaan yang meningkat melalui diet padat nutrisi yang sudah terencana dengan baik. Namunn, sebanyak 75% ibu hamil di seluruh dunia tidak mengkonsumsi zat gizi mikro sesuai dengan kebutuhannya. Beberapa zat gizi mikro yang sering tidak dapat terpenuhi kebutuhannya oleh ibu hamil ialah zat besi, zink, dan iodine. Selain itu beberapa wanita memang perlu mengkonsumsi suplemen vitamin dan mineral karena beberapa alasan, termasuk :

  • Kekurangan nutrisi

Ada beberapa wanita memang membutuhkan suplemen setelah tes darah karena kekurangan vitamin dan mineral. Mengoreksi kekurangan ini memang sangat penting karena kekurangan nutrisi seperti folat.

  • Hiperemesis gravidarum

Komplikasi kehamilan yang ditandai dengan mual dan muntah yang parah. Hal inilah yang menyebabkan wanita mengalami penurunan berat badan dan defisiensi nutrisi.

  • Pembatasan diet

Wanita yang mengambil diet tertentu, bagi mereka yang vegan dan alergi terhadap makanan tertentu maka perlu menambahkan vitamin dan mineral untuk mencegah defisiensi mikronutrien.

  • Kehamilan ganda

Apabila wanita mengandung lebih dari satu bayi maka kebutuhan nutrisinya akan lebih tinggi dibandingkan wanita yang hamil satu bayi. Suplemen sangat diperlukan untuk memenuhi semua nutrisi untuk ibu dan bayinya.

  • Pola makan buruk

Apabila wanita suka makan makanan yang bernutrisi rendah maka sangat membutuhkan yang namanya vitamin dan mineral untuk menghindari berbagai kekurangan nutrisi untuk ibu dan bayinya.

Suplemen Herbal Selama Kehamilan

Selain mikronutrien, suplemen herbal juga sangat populer untuk ibu hamil. Terdapat penelitian yang menemukan kalau 15,4% wanita hamil di Amerika Serikat menggunakan suplemen herbal. Satu hal yang sangat mengkhawatirkan 25% dari mereka tidak melaporkan ke dokter kalau sudah meminumnya. Hal ini mengingat ada memang suplemen herbal yang aman untuk dikonsumsi selama kehamilan dan ada juga yang mungkin tidak.

Mungkin ada beberapa suplemen herbal yang bisa mengatasi komplikasi kehamilan seperti mual dan sakit perut, tetapi ada juga yang berbahaya untuk kesehatan ibu dan bayinya. Namun sangat disayangkan tidak ada penelitian mengenai penggunaan suplemen herbal untuk kehamilan. Selain itu juga banyak yang belum tahu bagaimana suplemen bisa mempengaruhi ibu hamil.

Suplemen yang Aman Untuk Kehamilan

  1. Vitamin prenatal menjadi salah satu multivitamin yang baik untuk meningkatkan nutrisi mikro selama kehamilan. Vitamin ini mengandung vitamin dan mineral untuk wanita hamil. Biasanya mengandung asam folat, iodine, vitamin B12, dan asam omega 3.
  2. Folat atau vitamin B digunakan untuk meningkatkan produksi sel darah merah dan tumbuh kembang janin. Hal ini bertujuan untuk mencegah adanya cacat lahir karena kekurangan folat.
  3. Vitamin D yang sangat baik untuk kekebalan tubuh, tulang dan pembelahan sel.
  4. Magnesium yang berperan penting dalam kekebalan tubuh, otot, dan saraf.
  5. Iodine, membantu pertumbuhan dan perkembangan otak pada janin. Kekurangan iodine saat hamil dapat berakibat bayi lahir kerdil dan memiliki permasalahan perkembangan otak dan mental.
  6. Zinc, membantu perkembangan sistem imun dan pertumbuhan bayi lahir. Kekurangan zink berdampak pada penurunan imunitas dan pertumbuhan anak.
  7. Akar jahe pada umumnya digunakan untuk suplemen herbal yang digunakan untuk mengobati rasa mual yang disebabkan karena kehamilan.

– – – – – –Editorial Pick– – – – – –
Makanan Sehat untuk Anda yang Sedang Menjalankan Promil
5 Manfaat Buah Semangka untuk Kehamilan
8 Manfaat Roti Gandum untuk Kesehatan
Beras Mentah Bolehkah Dimakan?
Kenali Manfaat Vitamin B3 Bagi Kesehatan

Suplemen yang Harus Dihindari Selama Kehamilan

  1. Vitamin A, jangan terlalu banyak bisa menyebabkan kerusakan hati sehingga bisa menyebabkan cacat bawaan lahir.
  2. Vitamin E walau sangat baik untuk kesehatan, namun tidak disarankan untuk wanita hamil karena bisa menyebabkan pecah dini kantong ketuban.
  3. Yohimbe merupakan salah satu suplemen dari kulit pohon asli Afrika. Ramuan ini tidak boleh diminum selama kehamilan, karena efek sampingnya serangan jantung dan kejang.

Selain itu masih banyak lagi suplemen yang tidak boleh diminum oleh ibu hamil. Pada intinya jangan terlalu banyak mengkonsumsi vitamin yang berlebih dan zat herbal selama kehamilan. Sehingga prioritas selama kehamilan adalah nutrisi yang cukup untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan bayi.

Demikianlah penjelasan mengenai suplemen yang baik selama kehamilan dan beberapa suplemen yang tidak dianjurkan selama kehamilan. Semoga penjelasan ini bisa bermanfaat bagi para ibu hamil agar bisa memenuhi nutrisi untuk diri dan bayinya.

Untuk memenuhi kebutuhan vitamin harianmu, anda juga bisa mengunduh aplikasi Jovee. Jovee adalah aplikasi yang dapat merekomendasikan suplemen sesuai dengan kebutuhan personal. Aplikasi Jovee tersedia melalui Google Play Store maupun App Store

Tersedia di Jovee shop

Blackmores Pregnancy I Folic 150 Kap – Vitamin Ibu Hamil

BLACKMORES PREGNANCY & BREASTFEEDING GOLD – VITAMIN IBU HAMIL & MENYUSUI- 180 KAPLET

Jual Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold 60 Kap – Vitamin Ibu Hamil dan Menyusui – Jovee

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

blackmores untuk kulit

Ini 6 Kandungan Blackmores untuk Kulit yang Perlu Kamu Tahu

Vitamin & Suplemen   20/05/2022
vitamin-caviplex

Mengenal Vitamin Caviplex: Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

Vitamin & Suplemen   04/05/2022
info-pengiriman-2022

Info Pengiriman Pesanan Selama Lebaran 2022

Vitamin & Suplemen   29/04/2022
vitamin-untuk-daya-tahan-tubuh-saat-puasa

7 Rekomendasi Vitamin Terbaik untuk Daya Tahan Tubuh Saat Puasa

Vitamin & Suplemen   28/03/2022
vitamin-puasa

11 Rekomendasi Vitamin untuk Puasa agar Tetap Sehat & Kuat

Vitamin & Suplemen   24/03/2022