fbpx
BerandaVitamin & SuplemenSuplemen Kuku yang Baik untuk Kesehatan Kuku

Kesehatan dan penampilan kuku merupakan hal yang menjadi perhatian banyak orang. Sayangnya, menurut American Academy of Dermatology, hampir seluruh orang pernah atau akan mengalami gangguan pada kuku selama hidupnya.

suplemen kuku

Kuku termasuk salah satu bagian tubuh yang terus menerus membentuk jaringan baru sehingga kuku membutuhkan asupan vitamin, mineral, serta nutrisi yang cukup untuk mendukung pertumbuhan, pembentukan, hingga menjaga kekuatan kuku.

Oleh karena itu, penting untuk menjaga kuku tetap sehat dan kuat. Simak ulasan berikut untuk mengetahui lebih lanjut mengenai kesehatan kuku.

Apakah kuku Anda sehat?

Kuku yang sehat akan tampak berkilau, halus, dan memiliki tampilan permukaan dan konsistensi yang seragam. Kutikula, lipatan kuku, dan lempeng kuku melekat dengan baik. Selain itu, kuku yang sehat juga tidak retak, kaku, maupun mudah patah.

Dasar kuku yang sehat akan terlihat berwarna merah muda dengan batas berwarna putih. Karakteristik lain yang dapat dilihat dari kuku yang sehat adalah permukaan yang mengkilap. Permukaan kuku tidak boleh dikikir karena dapat menyebabkan menipisnya lempeng kuku sehingga membuat kuku mudah pecah.

Bagaimana menjaga agar kuku tetap sehat?

Melakukan perawatan kuku dengan tepat merupakan hal yang penting. Lakukan beberapa hal berikut untuk menjaga agar kuku Anda tetap sehat:

  • Jaga agar kuku tetap bersih dan kering.
  • Gunakan gunting kuku yang tajam ketika menggunting kuku.
  • Potong kuku secara lurus dan bulatkan kuku sedikit di ujungnya.
  • Hindari menggigit kuku atau menghilangkan kutikula kuku karena dapat merusak kuku.
  • Jangan menggunakan kuku Anda sebagai alat untuk mencongkel, seperti untuk membuka kaleng minuman.
  • Potong kuku secara teratur. Menjaga kuku tetap pendek akan mengurangi resiko terjadinya trauma dan cedera pada kuku.
  • Jika kuku kaki tebal dan sulit dipotong, rendam kaki Anda dalam air garam hangat. Campurkan 1 sendok teh garam kedalam 1 liter air dan rendam selama 5 hingga 10 menit.
  • Gunakan alas kaki dengan ukuran yang sesuai.
  • Kenakan alas kaki ketika berada di tempat umum seperti kamar mandi umum atau kolam renang. Hal ini akan mengurangi resiko infeksi kuku yang disebabkan oleh jamur.

Pentingkah konsumsi suplemen kuku?

Selain menjaga kesehatan kuku dari luar, Anda juga perlu memastikan tubuh Anda mendapatkan nutrisi dan vitamin yang baik bagi kesehatan kuku Anda. Beberapa vitamin dan mineral berikut dapat membantu menjaga kesehatan kuku:

Biotin

Biotin atau juga dikenal dengan vitamin B7 dapat menjaga kekuatan kuku. Selain itu, biotin membantu pertumbuhan sel kuku sehingga berperan juga dalam memperbaiki kuku yang rapuh. Anda direkomendasikan untuk mengkonsumsi 2,5 mg biotin untuk menjaga kekuatan kuku Anda.

Vitamin B12

Vitamin B12 berperan dalam proses penyerapan zat besi serta perkembangan sel darah merah. Kedua hal tersebut diperlukan untuk menjaga kuku tetap kuat dan sehat. Kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan kuku menjadi berwarna kebiruan dengan garis-garis gelap yang tampak memanjang serta bergelombang dan tampak pigmentasi kecoklatan. Jumlah kebutuhan vitamin B12 yang diperlukan adalah 2,4 mikrogram per hari.

Asam Folat

Asam folat dapat meningkatkan pertumbuhan sel kuku yang baru sehingga membantu pertumbuhan kuku agar tetap sehat. Kekurangan asupan asam folat dapat menyebabkan kuku berubah warna, serta menjadi kaku dan rapuh. Jumlah asam folat yang direkomendasikan untuk Anda konsumsi adalah sebanyak 400 mikrogram per hari.

Zat besi

Zat besi memiliki peran yang penting dalam pembentukan sel darah merah. Sel darah merah berfungsi untuk membawa asupan oksigen untuk sel tubuh, termasuk sel kuku. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan kuku berubah warna dan bentuk. Jumlah kebutuhan zat besi adalah 18 mg per hari. Makan makanan yang mengandung vitamin C dapat membantu meningkatkan penyerapan zat besi di dalam sistem pencernaan.

Magnesium

Magnesium berperan dalam proses pembentukan atau sintesis protein di dalam tubuh. Protein ini diperlukan agar kuku dapat tumbuh dengan baik. Kekurangan magnesium dapat menyebabkan pertumbuhan kuku terganggu. Salah satu tanda kekurangan magnesium adalah tampak lekukan vertikal pada kuku Anda. Kebutuhan magnesium yang dianjurkan adalah sekitar 400-420 mg per hari.

Agar dapat menjaga kesehatan kuku, Anda perlu mengkonsumsi makanan bergizi yang mengandung vitamin dan mineral. Anda dapat memperoleh zat tersebut dari berbagai sumber, baik dari makanan maupun dari konsumsi suplemen tambahan. Terdapat berbagai manfaat suplemen kuku seperti untuk menjaga agar kuku dapat tumbuh dengan sehat.

Coba Blackmores Evening Primrose Oil dan Fish Oil – Perawatan Kulit, Rambut, dan Kuku (Rp329.840) yang memiliki kandungan omega 3 yang tinggi dan bermanfaat untuk perawatan tubuh terutama kulit, rambut dan kuku. Temukan informasi kesehatan terpercaya lainnya hanya di Jovee. Download aplikasinya juga untuk mendapatkan suplemen dan vitamin personal dalam kemasan praktis. Kamu juga bisa mengetahui vitamin terbaik lewat konsultasi gratis dengan nutrisionis Jovee.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

blackmores untuk kulit

Ini 6 Kandungan Blackmores untuk Kulit yang Perlu Kamu Tahu

Vitamin & Suplemen   20/05/2022
vitamin-caviplex

Mengenal Vitamin Caviplex: Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

Vitamin & Suplemen   04/05/2022
info-pengiriman-2022

Info Pengiriman Pesanan Selama Lebaran 2022

Vitamin & Suplemen   29/04/2022
vitamin-untuk-daya-tahan-tubuh-saat-puasa

7 Rekomendasi Vitamin Terbaik untuk Daya Tahan Tubuh Saat Puasa

Vitamin & Suplemen   28/03/2022
vitamin-puasa

11 Rekomendasi Vitamin untuk Puasa agar Tetap Sehat & Kuat

Vitamin & Suplemen   24/03/2022