fbpx
BerandaVitamin & SuplemenSuplemen Kulit

Tahukah anda bahwa kulit merupakan organ terluas yang kita miliki dan berperan penting dalam perlindungan tubuh? Kulit diciptakan sesempurna mungkin dimana ia terdiri dari berbagai lapisan yang berguna untuk menjalankan fungsi-fungsi yang bervariasi dan kompleks. Secara garis besar, kulit berfungsi dalam:

  • Proteksi/pertahanan pertama tubuh dari berbagai faktor lingkungan seperti kuman, zat kimiawi (korosif, iritasi, dan alergenik) serta faktor fisik (cahaya matahari, radiasi, faktor suhu dan mekanik)
  • Regulasi cairan tubuh dengan mengatur keseimbangan air dan elektrolit (keringat)
  • Regulasi suhu (thermoreceptors)
  • Regulasi respon imun
  • Organ sensori, dimana kulit merupakan indra untuk merasakan sentuhan
  • Kosmetik

Salah satu permasalahan paling umum dalam menjaga dan memelihara kesehatan kulit kita adalah proses penuaan kulit. Proses ini merupakan proses yang alami dan kompleks, melibatkan berbagai faktor intrinsik (genetik dan kronologis) dan faktor ekstrinsik (faktor lingkungan seperti radiasi UV, polusi, dan merokok).

Kedua faktor tersebut akan menghasilkan radikal bebas dan stress oksidatif yang mempengaruhi kesehatan kulit. Kulit yang menua akan memiliki karakteristik kerutan, kehilangan elastisitas, perubahan warna, kering, pembesaran pembuluh darah, dan penurunan regenerasi kulit.

Bagaimana cara memelihara kesehatan kulit?

Pencegahan adalah cara terbaik dan paling efektif untuk melawan efek dari penuaan kulit. Banyak studi yang membahas strategi pencegahan dari efek buruk radikal bebas dan stress oksidatif melalui regulasi kebiasaan hidup yang baik (restriksi kalori, perawatan tubuh dan aktivitas fisik untuk tubuh), kondisi stress rendah, dan diet nutrisi seimbang (termasuk makanan yang mengandung banyak antioksidan).

Salah satu poin penting yang perlu diberi penekanan adalah hubungan antara diet nutrisi yang seimbang terhadap fungsi serta penampilan fisik dari kulit. Konsumsi nutrisi yang esensial secara rutin merupakan salah satu faktor penting yang berpengaruh terhadap proses biologis kulit dan dinilai mampu mengurangi proses penuaan kulit. Beberapa nutrisi penting yang diperlukan untuk menjaga kesehatan kulit, yaitu: vitamin A, C dan E, selenium, zinc, silicon, polyphenols, carotenoids, omega-3 serta omega-6. Zat-zat ini umumnya dapat diperoleh dari konsumsi adekuat makanan bernutrisi ataupun melalui suplemen kulit.

Manfaat dan kegunaan suplemen kulit

Manfaat suplemen kulit adalah untuk membantu tubuh mendapatkan nutrisi-nutrisi yang dibutuhkan untuk menjaga kulit dari stress oksidatif, radiasi UV, dehidrasi dan kehilangan elastisitas. Zat-zat yang terkandung dalam suplemen kulit mampu melengkapi kebutuhan nutrisi kulit anda dan bertindak preventif terhadap hal-hal yang dapat merusak kulit. Berikut kegunaan suplemen kulit, terutama zat-zat yang terkandung di dalamnya:

  • Vitamin A

Vitamin adalah zat esensial yang dibutuhkan tubuh manusia. Vitamin A memiliki efek yang signifikan dalam menjaga kesehatan kulit, dimana ia berperan aktif dalam pengaturan produksi protein, pembelahan sel-sel kulit, fungsi kelenjar minyak, serta pertumbuhan kuku dan rambut. Vitamin A juga dapat mengurangi kerutan dan hiperpigmentasi kulit, serta meningkatkan kelembutan kulit.

  • Vitamin C

Vitamin C sebagai antioksidan dapat meningkatkan sintesis kolagen, menjaga integritas kulit (protektif dan mengurangi kerutan), melindungi dari radiasi UVA, dan mencegah hiperpigmentasi kulit seperti melasma dan bintik-bintik penuaan.

  • Vitamin E

Vitamin E merupakan vitamin yang penting untuk mencegah penuaan kulit dengan melawan radikal bebas, mengurangi hiperpigmentasi, dan meningkatkan tampilan fisik kulit (elastisitas, tekstur, serta hidrasi kulit)

  • Selenium (Se)

Selenium adalah mineral yang fungsinya esensial di dalam tubuh, terutama karena sifatnya sebagai antioksidan kuat dan melindungi dari kerusakan DNA. Berkaitan dengan fungsinya pada kulit, selenium mampu mencegah penuaan kulit dengan melindungi sel induk kulit (keratinosit), mencegah kerutan dengan proteksi dari radiasi UV, dan mendorong regenerasi sel kulit.

  • Zinc (Zn)

Zinc diregulasi di banyak organ dalam tubuh seperti otot, tulang, kulit, hati, hingga otak, ginjal, pankreas, dan limpa. Ia memiliki fungsi penting dalam regulasi lemak, protein, dan pembentukan DNA. Zinc memberikan stabilitas terhadap struktur dan fungsi dari kulit. Selain itu, zinc mampu mengatur peran imun di kulit sehingga dapat mencegah proses peradangan dan kerusakan dari kulit.

  • Silicon (Si)

Silicon dibutuhkan dari makanan ataupun suplemen dalam jumlah yang sedikit dan terlibat dalam pembentukan tulang, gigi, serta tulang rawan. Zat ini juga terdapat di kulit, rambut, dan kuku. Ia berperan penting dalam struktur kulit, pembentukan kolagen, memperkuat jaringan ikat, serta mencegah terjadinya alopecia (kebotakan).

  • Omega-3 dan Omega-6

Kedua zat ini adalah asam lemak esensial yang tidak diproduksi oleh tubuh, tetapi dapat diperoleh dari diet ataupun suplemen. Keduanya dikenal mampu mencegah penyakit jantung serta peradangan/alergi. Selain itu, perannya dalam fungsi dan struktur kulit juga sangatlah penting. Mereka bekerja sebagai agen protektif terhadap peradangan, hidrasi kulit, serta mencegah kulit kering dan penipisan kulit.

Contoh suplemen kulit yang yang mengandung zat-zat diatas adalah Blackmores Evening Primrose Oil + Fish Oil (Rp347.998). Kedua suplemen Blackmores untuk kulit ini mendukung kelengkapan nutrisi yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit.

Blackmores Evening Primrose Oil + Fish Oil mengandung omega-3 dan omega-6 yang memiliki mekanisme kerja anti peradangan sehingga bersifat protektif terhadap kesehatan kulit dan mencegah proses penuaan kulit dan kondisi kulit kering.

Jika Anda ragu, Anda dapat melakukan konsultasi kepada Dokter terlebih dahulu sebelum mengkonsumsi suplemen tersebut.

Konsultasi gratis dengan dokter umum dan beli obat rutin. Download aplikasi Lifepack di Play Store dan App Store, apotek online untuk tebus resep obat. Solusi berobat bebas antri. Asli, Lengkap, Mudah.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

Pilihan Rekomendasi Vitamin untuk Ibu Menyusui

Vitamin & Suplemen   27/02/2023
vitamin-untuk-paru-paru

4 Vitamin untuk Memelihara Kesehatan Paru-paru

Vitamin & Suplemen   28/11/2022
vitamin-untuk-anak-telat-bicara

5 Jenis Vitamin untuk Anak Telat Bicara

Vitamin & Suplemen   27/09/2022
vitamin-untuk-anak-terlambat-jalan

4 Rekomendasi Vitamin untuk Anak Terlambat Jalan

Vitamin & Suplemen   23/09/2022
vitamin-untuk-anak-yang-sering-batuk-pilek

7 Vitamin untuk Anak yang Sering Batuk Pilek

Vitamin & Suplemen   12/09/2022