fbpx

Suplemen: Perhatikan Hal Ini Sebelum Mengonsumsinya!

by | Aug 3, 2020 | Vitamin | 0 comments

Cara paling mudah untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian Anda adalah dari makanan sehari-hari. Namun ada kalanya seseorang membutuhkan asupan tambahan, misalnya ibu hamil dan menyusui. Di sinilah suplemen vitamin berperan sebagai pelengkap nutrisi tersebut. Perlu diingat bahwa ada hal-hal penting yang perlu Anda perhatikan sebelum mengonsumsi suplemen.

 

Suplemen vitamin tidak menggantikan, tetapi melengkapi

Suplemen bukan dikonsumsi untuk menggantikan makanan, obat-obatan atau prosedur medis lain. Suplemen hanya bersifat pelengkap yang membantu Anda mencukupi kebutuhan asupan gizi seimbang dari makanan sehari-hari. 

Makanan yang Anda konsumsi sehari-hari merupakan sumber terbaik dari berbagai nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Tidak hanya vitamin dan mineral, tetapi juga serat, karbohidrat, protein dan lemak, serta fitonutrien atau zat kimia dari sumber nabati. 

 

Akibat konsumsi suplemen berlebihan

Walaupun vitamin dan suplemen memiliki manfaat yang baik bagi tubuh, konsumsi berlebihan bisa memberikan dampak buruk untuk kesehatan. Mengonsumsi suplemen melebihi dosis yang dianjurkan tidak membuat Anda makin sehat, malahan bisa menyebabkan overdosis dan keracunan.

Di bawah ini adalah beberapa contoh akibat konsumsi suplemen vitamin dan mineral berlebihan.

  • Vitamin A. Bermanfaat bagi kesehatan mata, perkembangan sel dan fungsi sistem imun, kelebihan 100 kali dosis vitamin ini bisa menyebabkan abnormalitas perkembangan sel dan kematian karena keracunan. Gejalanya bisa berupa kulit dan bibir kering, rambut rontok, muntah-muntah hingga tekanan di otak.
  • Beta karoten. Konsumsi berlebihan karotenoid ini dapat meningkatkan risiko kanker paru bagi perokok.
  • Vitamin D. Kelebihan kalsium dan vitamin D sebanyak 20 – 50x dosis berisiko menyebabkan batu ginjal dan masalah jantung. Bagi wanita hamil, kelebihan konsumsi vitamin D dapat meningkatkan resiko cacat mental pada bayi.
  • Vitamin E. Konsumsi vitamin E berlebih sebanyak 10x dosis akan meningkatkan risiko stroke dan perdarahan.
  • Zat Besi. Kelebihan zat besi sebanyak 10x pada anak-anak dapat mengakibatkan kematian akibat keracunan.
  • Vitamin B6. Kelebihan vitamin B6 dapat menyebabkan keracunan atau kerusakan saraf, gangguan kulit, mual, hingga sensitivitas terhadap cahaya.
  • Vitamin B3. Kelebihan vitamin B3 bisa berdampak pada mual dan keracunan organ hati.
  • Asam folat. Kelebihan asam folat menunjukkan gejala defisiensi B12.
  • Vitamin C. Kelebihan vitamin C sebanyak 100 – 1000x dosis dapat menyebabkan mual, diare dan kram perut. Pada beberapa kasus bahkan bisa menyebabkan batu ginjal.
  • Selenium. Overdosis selenium bisa ditandai dengan rambut rontok, gangguan kesehatan saluran pencernaan, kelelahan, dan rusaknya jaringan saraf.
  • Vitamin B kompleks. Kelebihan vitamin B kompleks dapat menurunkan tekanan darah rendah dan mengganggu fungsi hati. 

Pada beberapa orang, gejala keracunan yang akan muncul berupa mual dan muntah, konstipasi, diare, susah tidur bahkan denyut nadi yang tidak normal.

 

Jangan lupakan hal berikut ini!

Agar Anda mendapatkan manfaat maksimal dari suplemen yang dikonsumsi, berikut ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk mencegah overdosis atau hal-hal yang tidak diinginkan, yaitu:

  1. Suplemen vitamin yang belum terdaftar BPOM dan bersertifikasi halal bisa saja mengandung pencemar seperti zat kimia atau logam;
  2. Suplemen vitamin mungkin memiliki efek samping, apalagi jika dikonsumsi berlebihan. Sebaiknya Anda mencari tahu terlebih dahulu kandungan dan jumlah suplemen tersebut serta mengikuti anjuran penggunaannya;
  3. Beberapa suplemen akan sulit dan terhambat penyerapannya oleh tubuh jika dikonsumsi bersamaan dengan obat-obatan atau suplemen lain, sehingga diskusikan dahulu dengan nutrisionis atau dokter bila mengkonsumsi 2 suplemen secara berbarengan;
  4. Pastikan Anda mengonsumsi suplemen vitamin yang Anda butuhkan sesuai dosis yang dianjurkan; dan
  5. Selalu konsultasikan ke dokter atau nutrisionis Anda terkait vitamin dan kemungkinan efek samping yang akan timbul.

 

Suplemen hanya bersifat sebagai pelengkap dan tidak menggantikan obat-obatan atau penanganan medis. Walaupun suplemen bisa membantu mencukupi kebutuhan nutrisi bagi tubuh, konsumsi berlebihan sangat tidak disarankan.

Untuk memenuhi kebutuhan vitamin harianmu, anda juga bisa mengunduh aplikasi Jovee. Jovee adalah aplikasi yang dapat merekomendasikan suplemen sesuai dengan kebutuhan personal. Aplikasi Jovee tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

 

Ditulis oleh: Alifia Daariy

 

Referensi:

  1. Yenita, DCN. 2018. Suplemen Hanya Diperlukan Pada Kondisi Tertentu Saja.
  2. Institute for Quality and Efficiency in Health Care (IQWiG). 2016. What are dietary supplements?
  3. NIH. 2020. Dietary Supplements: What You Need to Know.
  4. Maryann Tomovich J. 2014. Getting Too Much of Vitamins And Minerals.
  5. Eric W. 2003. Too much of a good thing? Toxic effects of vitamin and mineral supplements.

Beli di Aplikasi Jovee

Aplikasi Jovee berbasis data science.
Cukup jawab beberapa pertanyaan, dan Jovee akan merekomendasikan beberapa paket sesuai kebutuhan dan gaya hidup Anda

Belanja di Jovee Shop

Jovee Shop menawarkan paket suplemen dalam bentuk sachet untuk konsumsi 30 hari atau 7 hari. Suplemen dari Jovee adalah suplemen terbaik, asli dan berlisensi dari partner domestik dan internasional