fbpx
BerandaGaya Hidup SehatTahapan Fase Pertumbuhan Anak yang Perlu Dipahami Orang Tua

Bagi sebagian besar orang tua, fase tumbuh kembang anak adalah salah satu proses yang harus dijalani setelah proses kelahiran. Orang tua memiliki peran yang cukup penting pada fase pertumbuhan anak karena anak bergantung sepenuhnya kepada perlakuan dan pemberian nutrisi yang diberikan orang tua. Maka dari itu pertumbuhan anak memerlukan perhatian dan juga bimbingan khusus dari orang tua agar masa pertumbuhan anak dapat berjalan dengan baik.

Seiring dengan usia anak yang bertambah, karakter anak juga akan semakin berkembang. Hal tersebut juga memaksa setiap orang tua untuk dapat mencukupi segala kebutuhan dari anak mulai dari kebutuhan pendidikan hingga aspek bermain. Salah satu aspek yang paling penting adalah kebutuhan gizi yang mencukupi.

Untuk membantu orang tua, artikel ini akan menjelaskan dengan lengkap fase pertumbuhan anak yang perlu diketahui dan dipahami orang tua.

Fase Pertumbuhan Pada Anak

Pada pertumbuhan yang normal, pertumbuhan anak akan dibagi menjadi beberapa fase yang melingkupi beberapa proses. Berikut penjelasan akan fasenya:

  •         Fase Janin atau Fase Intrauterin

Fase awal dari pertumbuhan janin secara utama dinamakan intrauterin, di mana pretin pengikat dan insulin berperan cukup penting guna pertumbuhan fetus. Fase ini berada pada masa kehamilan di mana rentang antara 20 hingga 24 minggu merupakan fase pertumbuhan yang cepat. Hal tersebut ditandai dengan laju pertumbuhan janin yang selalu bertambah 2,5 cm.

  •         Fase Bayi

Pada fase ini pertumbuhan tubuh anak dinilai cukup cepat, yakni sekitar 25 cm dalam setahun. Pada masa kelahiran awal, bayi akan cepat bertumbuh sesuai dengan genetik yang dibawanya. Tentunya ukuran anak akan jauh lebih berkembang bila dibandingkan ketika dalam kandungan. Asupan nutrisi berperan sangat penting pada fase awal kelahiran bayi ini.

  •         Fase Anak-Anak

Normalnya, anak akan mengalami pertumbuhan yang cukup konstan dimana kondisi fisik bertumbuh sekitar 4,5 hingga 7 cm setiap tahunnya. Pada anak perempuan, pertumbuhan tubuh akan berlangsung cepat sebelum tiba masa haid dibandingkan laki-laki. Hal ini dikarenakan pertumbuhan perempuan baru akan melambat setelah anak mengalami haid. 

Oleh karena itu, orang tua diharapkan untuk memberikan nutrisi yang cukup pada perempuan ketika masih berusia anak dan belum haid. Hal tersebut akan memberikan potensi pertumbuhan yang baik pada fisik dari anak perempuan sebelum tiba masa haid, yang mana merupakan puncak dari masa pubertas.

  •         Fase Pubertas

Di fase pubertas, kecepatan pertumbuhan anak akan meningkat sekitar 8-14 cm setiap tahunnya. Hal ini karena adanya peningkatan produksi steroid dan juga sekresi hormon khusus pertumbuhan. Maka pada saat anak sebelum mencapai puncak pubertas, pertumbuhan akan berlangsung dengan cepat dan akan melambat pada fase puncak pubertas.

Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan pada Anak

Terdapat beberapa faktor yang dapat berpengaruh pada proses pertumbuhan anak, beberapa faktor tersebut di antaranya:

  •         Jenis Kelamin

Laki-laki dan perempuan memiliki proses tumbuh dan berkembang yang cukup berbeda. Tak hanya secara fisik, namun juga psikis. Dalam hal ini pertumbuhan dan perkembangan menjadi dewasa secara cepat dirasakan oleh perempuan ketimbang laki-laki.

  •         Hormon

Hormon memegang peranan yang penting pada proses pertumbuhan. Produksi hormon yang cukup pada seorang anak akan memberikan dampak pertumbuhan dan juga perkembangan yang berjalan dengan baik.

  •         Genetik Atau keturunan

Penampilan fisik pada anak seperti berat, tinggi, warna kulit, kecerdasan, struktur tubuh dan bakat umumnya diturunkan dari faktor genetik dari orang tua. Sehingga tak heran jika  genetik juga berperan dalam proses pertumbuhan anak.

Agar anak dapat bertumbuh kembang dengan optimal, usahakan untuk selalu memenuhi kebutuhan anak dengan asupan makanan dan vitamin yang sesuai. Vegeblend 21 Jr Sari Sayuran Alami (Rp117.128) merupakan suplemen makanan dengan kandungan 21 macam ekstrak sayuran yang dilengkapi dengan mineral, vitamin, serat dan probiotik. Vegeblend 21 Jr diformulasikan untuk memenuhi kebutuhan gizi yang seimbang serta meningkatkan nafsu makan sang buah hati.

Penuhi kebutuhan suplemen harian Anda dengan mengunduh aplikasi Jovee pada Google Play Store maupun App Store sekarang. Ingat, vitamin terbaik hanya diperoleh dari Jovee.

 

 

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

Cara Aman Untuk Mempercepat Pembukaan Persalinan

Gaya Hidup Sehat   26/11/2021

Cara Alami Atasi Ambeien Dengan Mudah

Gaya Hidup Sehat   22/11/2021

Tahapan Pertumbuhan Gigi Pada Anak

Gaya Hidup Sehat   17/11/2021
Makanan_Pemicu_Kanker

Waspadai Makanan Penyebab Kanker Yang Perlu Dihindari

Gaya Hidup Sehat   01/10/2021
Jerawat_Pasir

Kenali Cara Membasmi Jerawat Pasir yang Membandel

Gaya Hidup Sehat   13/09/2021