fbpx
BerandaGaya Hidup SehatTahapan Pertumbuhan Gigi Pada Anak

Setelah melahirkan bayi akan bertumbuh kembang sesuai dengan asupan nutrisi yang diberikan. Nutrisi yang diberikan harus mencukupi agar dapat menunjang serangkaian pertumbuhan yang diperlukan tubuh bayi, tak terkecuali pada gigi. Pertumbuhan gigi pada anak bayi mulai terjadi pada masa kandungan sekitar lima minggu yang ditandai dengan tumbuhnya gigi sulung.

Gigi sulung muncul pada saat rahang janin masih berada dalam kandungan, sehingga ketika lahir, sekitar 20 gigi sulung yang terletak pada rahang atas, rahang bawah, dan gusi telah terbentuk. Namun, pertumbuhan gigi berlangsung secara lebih cepat setelah bayi lahir.

Tumbuhnya gigi setelah bayi dilahirkan ditandai dengan tumbuhnya gigi-gigi primer, seperti gigi sulung, gigi susu dan gigi bayi. Pertumbuhan gigi yang berlangsung pada anak berbeda pada setiap fasenya. Hal tersebut dapat dipengaruhi oleh nutrisi yang diberikan hingga kondisi dari anak tersebut. Berikut penjelasan lengkap terkait dengan tahapan dari tumbuhnya gigi pada anak.

Tahapan Pertumbuhan Gigi Anak

Pertumbuhan gigi primer pada anak akan dimulai pada saat awal kelahiran, yakni rentang usia 6-12 bulan. Pada umumnya bayi di masa tersebut akan cenderung melakukan eksplorasi pada mulutnya dengan banyak memasukkan jari tangan. Pertumbuhan gigi juga disertai dengan banyaknya air liur yang diproduksi.

Gigi yang pertama tumbuh adalah gigi yang terletak pada bagian depan bawah, yakni gigi seri bagian tengah bawah. Setelah bayi memasuki 8-12 bulan, gigi yang terletak pada bagian atas akan bertumbuh. Namun, ada juga beberapa bayi yang gigi atas dan bawahnya tumbuh secara bersama.

Adapun tahapan dari pertumbuhan gigi yang berlangsung pada anak yakni sebagai berikut:

  •         Gigi seri bagian tengah di rahang bawah: antara 6-10 bulan.

. Gigi seri bagian tengah di rahang atas: 8-12 bulan.

. Gigi seri bagian samping di rahang atas: 9-13 bulan.

. Gigi seri bagian samping di rahang bawah: 10-16 bulan.

. Gigi geraham pertama bagian rahang atas: 13-19 bulan.

.      Gigi geraham pertama bagian rahang bawah: 14-18 bulan.

.      Gigi taring rahang bagian atas: 16-22 bulan.

.      Gigi taring rahang bagian bawah: 17-23 bulan.

.      Gigi geraham kedua rahang bagian bawah: 23-31 bulan.

.      Gigi geraham kedua rahang bagian atas: 25-33 bulan.

Faktor Penentu Tumbuh Gigi Anak

Hal yang perlu diperhatikan adalah bahwa proses pertumbuhan gigi dari masing-masing anak umumnya berbeda-beda. Hal tersebut dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, di antaranya seperti nutrisi yang dikonsumsi hingga faktor genetik dari bayi. Maka dari itu orang tua tak perlu khawatir bila pertumbuhan tidak sesuai dengan acuan yang telah disampaikan di atas.

Guna menunjang pertumbuhan gigi secara optimal, orang tua perlu memberikan nutrisi yang cukup pada anak. Dalam hal ini zat besi dan kalsium sangat berperan aktif dalam proses pertumbuhan gigi dan tulang pada anak. Selain itu, vitamin A,D,E dan K juga berperan penting dalam pertumbuhan gigi.

Selalu pastikan untuk memberikan makanan yang memiliki kandungan gizi dan vitamin secara rutin, baik ketika dalam kandungan maupun setelah kelahiran. Kandungan nutrisi yang cukup dan tepat dapat membantu proses pembentukan tulang dan juga pertumbuhan gigi pada anak sehingga dapat berjalan secara optimal dan tumbuh dengan baik.

Orang tua dapat memberikan anak NATURES PLUS ANIMAL PARADE – MULTIVITAMIN DAYA TAHAN TUBUH – 90 Kaplet (Rp468.000). Natures Plus Animal Parade memiliki kandungan berupa kalsium dan magnesium yang akan mendukung pertumbuhan tulang dan gigi. Ekstrak brokoli, wortel, papaya, apel, nanas,dan ceri yang merupakan fitonutrisi untuk metabolisme, akan menunjang tumbuh kembang anak dengan optimal.

Simak artikel seputar tips dan trik kesehatan lainnya dari Jovee, pusat vitamin terlengkap. Unduh juga aplikasi Jovee melalui Play Store dan App Store serta dapatkan suplemen personalmu. Cari tahu pula tentang suplemen yang kamu butuhkan dengan berkonsultasi secara gratis dengan nutrisionis Jovee.

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

Cara Aman Untuk Mempercepat Pembukaan Persalinan

Gaya Hidup Sehat   26/11/2021

Cara Alami Atasi Ambeien Dengan Mudah

Gaya Hidup Sehat   22/11/2021

Tahapan Fase Pertumbuhan Anak yang Perlu Dipahami Orang Tua

Gaya Hidup Sehat   17/11/2021
Makanan_Pemicu_Kanker

Waspadai Makanan Penyebab Kanker Yang Perlu Dihindari

Gaya Hidup Sehat   01/10/2021
Jerawat_Pasir

Kenali Cara Membasmi Jerawat Pasir yang Membandel

Gaya Hidup Sehat   13/09/2021