fbpx
BerandaKesehatan KulitTak Bikin Jerawat, Ini 5 Jenis Kacang yang Baik bagi Kulitmu

Kacang sering dihindari bagi para pemilik kulit berjerawat. Ini dikarenakan kacang kaya akan kandungan asam fitat, yang dapat memicu pertumbuhan jerawat. Meski begitu, ternyata tak semua kacang sebabkan jerawat loh, Jovians!

kacang-kacangan-yang-bagus-untuk-kesehatan-kulit

Apa saja jenis kacang yang tidak menyebabkan jerawat? Dilansir dari berbagai sumber, yuk ketahui kacang-kacangan yang bagus untuk kesehatan kulit di artikel ini!

Kenapa kacang bisa sebabkan jerawat?

Kacang seringkali disebut sebagai makanan penyebab jerawat. Lalu, apakah benar kacang menyebabkan jerawat? Nah, meski benar kacang dapat memunculkan jerawat, munculnya jerawat usai konsumsi kacang juga tergantung dari jenis kacangnya nih, Jovians.

Kenapa kacang bisa sebabkan jerawat? Kacang-kacangan umumnya kaya akan kandungan asam lemak omega 6. Tak seperti omega 3 yang mengandung antiinflamasi, omega 6 merupakan asam lemak yang memicu inflamasi.

Kebanyakan jenis kacang kaya akan asam lemak omega 6, oleh sebab itulah kacang-kacangan dinilai dapat memicu pertumbuhan jerawat dibandingkan makanan lainnya.

Kacang-kacangan yang bagus untuk kesehatan kulit

Meski kacang umumnya tinggi kandungan omega 6, ternyata tak semua jenis kacang memicu pertumbuhan jerawat loh Jovians. Apa saja jenis kacang yang tidak menyebabkan jerawat? Berikut ini 5 jenis kacang-kacangan yang bagus untuk kesehatan kulit.

1. Kacang Almond

Tak seperti kacang-kacangan lainnya, kacang almond merupakan sumber vitamin E terbaik yang sarat akan prebiotik dan tinggi magnesium. Vitamin E telah lama dikenal sebagai vitamin kulit, yang menjaga kesehatan kulit dengan antioksidannya yang tinggi.

Selain itu, kacang almond juga kaya akan protein, yang mendorong penyembuhan luka di kulit.

2. Kacang Walnut

Kacang walnut juga merupakan salah satu kacang-kacangan yang bagus untuk kesehatan kulit. Kenapa? Karena, kacang jenis ini mengandung asam lemak omega 3, yang berperan sebagai antiinflamasi. Tak hanya itu, kacang walnut juga dapat meningkatkan kadar vitamin B tubuh yang bertanggung jawab dalam kesehatan kulit.

3. Kacang Cashew

Cukup berbeda dengan kacang-kacang lainnya, kacang cashew hanya punya sedikit lemak dan protein. Namun, kacang jenis ini miliki kandungan asam fitat dan omega 6 yang rendah sehingga risiko pertumbuhan jerawat dapat dikurangi.

4. Kacang Pecans (Pikan)

Punya rasa lezat dan juga bergizi, kacang pecans termasuk dalam daftar kacang-kacangan yang bagus untuk kesehatan kulit. Tinggi protein, rendah karbohidrat dan asam fitat. Hanya saja, kacang pecans punya kandungan asam lemak omega 6 yang cukup tinggi. Konsumsi kacang ini secukupnya saja ya, Jovians.

5. Kacang Hazelnut

Kacang hazelnut adalah sumber vitamin E, mangan, dan magnesium yang baik untuk kesehatan kulit. Tak hanya itu, kacang hazelnut juga tinggi protein dan rendah karbohidrat. Punya kandungan asam lemak omega 6 yang lebih rendah, kacang hazelnut juga dapat direndam untuk mengurangi asam fitat di dalamnya.

Makanan penyebab jerawat yang harus dihindari

Sebenarnya jika kamu tidak punya alergi pada kacang, kacang tak akan memicu jerawat jika dikonsumsi dengan tidak berlebihan. Konsumsi segala sesuatu dengan porsi secukupnya adalah kunci untuk kulit dan hidup yang sehat.

Selain kacang, ada juga beberapa makanan yang perlu kamu hindari untuk mencegah timbulnya jerawat, seperti di bawah ini.

  • Makanan tinggi gula dan karbohidrat. Soda, roti putih, nasi putih, dan dessert cenderung masuk ke dalam darah dengan cepat, yang mempengaruhi gula darah. Jika insulin yang dikeluarkan untuk menurunkan gula darah meningkat, hal ini juga mempengaruhi hormon lain yang meningkatkan produksi minyak di kulit.
  • Susu sapi. Susu dikenal dapat meningkatkan kadar insulin serta kandungannya yang dapat meningkatkan hormon sex, dapat memperparah kondisi jerawat, yang dapat memperparah kondisi jerawat. Meski begitu, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui hubungan antara susu dan inflamasi jerawat.
  • Makanan cepat saji. Tinggi kalori, lemak, dan karbohidrat menjadikan makanan cepat saji meningkatkan risiko munculnya jerawat.
  • Cokelat (dark chocolate). Belum dapat dipastikan kenapa cokelat memicu jerawat, hanya saja sebuah studi menemukan bahwa konsumsi cokelat dapat meningkatkan reaktivitas sistem kekebalan terhadap bakteri penyebab jerawat.

Selain menghindari makanan penyebab jerawat, terapkanlah gaya hidup sehat untuk menunjang kesehatan kulit dari dalam. Itulah 5 jenis kacang yang tidak menyebabkan jerawat.

Cek artikel seputar kesehatan lainnya hanya di Jovee, pusat vitamin harian personalmu. Follow juga media sosial Jovee, @jovee.id di Instagram dan Tiktok untuk dapatkan promo menarik dan informasi kesehatan lainnya.

Apa Itu Jovee?

Jovee adalah pusat suplemen dan vitamin yang menawarkan produk original, lengkap, dengan harga yang murah. Kamu bisa temukan vitamin dan suplemen berdasarkan kebutuhan nutrisi tubuh dengan harga yang lebih murah dan gratis ongkir.

Setiap vitamin dan suplemen yang dijual di Jovee telah mendapatkan nomor BPOM, sehingga dijamin keaslian produknya. Jovee menawarkan pengalaman beli vitamin dan skincare yang mudah, hemat, dan gratis ongkir.

Kamu bisa membeli vitamin dan kebutuhan kesehatan melalui Jovee Official Store di Shopee, Tokopedia, dan Lazada. Nikmati belanja lebih mudah, promo lebih banyak, serta gratis ongkir hanya di Jovee Official Store melalui platform e-commerce ternama dan terbesar di Indonesia.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

benzoyl-peroxide-acne

Baik untuk Jerawat, Apa Itu Benzoyl Peroxide Acne?

Kesehatan Kulit   01/12/2022
manfaat-sandalwod-untuk-kulit

Tak Hanya Kesehatan, Ini 5 Manfaat Sandalwood untuk Kulit

Kesehatan Kulit   29/11/2022
kandungan-gliserin

Gliserin untuk Skincare, Apa Kegunaannya bagi Kulit?

Kesehatan Kulit   22/11/2022
manfaat-cleansing-balm

Bersih Maksimal, Ini 4 Manfaat Cleansing Balm

Kesehatan Kulit   21/11/2022
hydroquinone-tretinoin

Tretinoin dan Retinol: Apa Perbedaan dan Fungsinya?

Kesehatan Kulit   18/11/2022