fbpx
BerandaKesehatan LainnyaSelain untuk Bayi, Ini 4 Manfaat Baby Oil Lainnya

Siapa bilang baby oil hanya diperuntukkan pada anak bayi? Ternyata, baby oil juga punya banyak manfaat bagi orang dewasa lho, Jovians! Mulai dari pelembab wajah hingga kesehatan rambut, yuk simak 10 manfaat baby oil berikut ini!

manfaat-baby-oil-untuk-wajah

Apa itu baby oil?

Baby oil merupakan cairan bening yang terbuat dari mineral oil dan wewangian berbasis minyak bumi. Produk ini telah ada di pasaran selama lebih dari 100 tahun, dan telah lama digunakan sebagai minyak pijat untuk bayi.

Menurut Johnson & Johnson, baby oil dapat membantu melembabkan kulit bayi yang kering, terutama jika dioleskan saat kulit masih lembab seusai mandi.

Cara kerja baby oil ini adalah dengan membentuk penghalang di atas kulit, yang berfungsi sebagai pengunci kelembapan yang sudah ada. Secara umum, baby oil telah diuji secara dermatologi, yang berarti aman untuk digunakan sehari-hari.

Baby oil juga diformulasikan bebas dari paraben, pewarna, pewangi, dan senyawa kimia berbahaya lainnya. Sehingga, baby oil aman digunakan bagi banyak orang tanpa takut akan reaksi alergi.

Berbagai macam manfaat baby oil

Selain untuk melembabkan kulit, ada sejumlah manfaat baby oil lainnya yang bisa kamu peroleh. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini 4 manfaat baby oil untuk rambut, tubuh, dan wajah yang bisa kamu lakukan.

Pelembab wajah

Seperti yang telah dijelaskan di atas, baby oil bersifat noncomedogenic, yang berarti tidak menyumbat pori-pori kamu. Sehingga, kamu bisa gunakan baby oil sebagai pelembab, terutama bagi kamu yang punya kulit kering.

Dalam sebuah studi, ditemukan bahwa baby oil memiliki efek melembabkan terbesar dibandingkan dengan etanol, gliserin, dan air ketika dioleskan ke kulit. Selain itu, para peneliti juga menemukan bahwa mineral oil (kandungan utama baby oil) dapat membantu mengencangkan kulit, dengan meningkatkan hidrasi kulitmu.

Bantu samarkan bekas luka

Belum ada penelitian yang membuktikan manfaat baby oil ini, hanya saja mengoleskan baby oil pada bekas luka dan stretch mark diyakini dapat mengurangi tampilan kasar pada kulit.

Ini dikarenakan bekas luka dan stretch mark yang tertekan ke dalam kulit, dapat terlihat lebih kenyal dan tebal saat dioleskan baby oil. Tentunya, untuk terus terlihat lembab dan kenyal, aplikasi ulang diperlukan pada area ini.

Meredakan gatal pada kulit

Baby oil juga bisa kamu gunakan untuk membantu meringankan ketidaknyamanan pada kulit lho, Jovians. Menurut sebuah studi, baby oil membantu mengurangi rasa gatal secara signifikan setelah dipijat ke bagian tubuh yang gatal setidaknya selama 15 menit.

Merawat kesehatan rambut

Meski belum ada penelitian mengenai penggunaan baby oil pada rambut, baby oil diyakini punya manfaat yang sama dengan minyak tumbuhan alami lainnya.

Johnson & Johnson mengklaim bahwa baby oil dapat meningkatkan kelembapan kulit hingga 10 kali, yang bisa kamu gunakan untuk atasi kulit kepala yang kering. Manfaat baby oil untuk rambut ini tidak hanya membuat kulit kepala lebih lembab, tetapi juga sekaligus mencegah munculnya ketombe, dan membuat rambut menjadi lebih sehat dan kuat.

Selain dengan baby oil, kamu juga bisa konsumsi suplemen untuk merawat kesehatan rambut dan kulit seperti Blackmores Evening Primrose Oil + Fish Oil (Rp344.800).

Apakah baby oil bisa digunakan untuk biang keringat?

Nah, berkat kemampuannya untuk menenangkan sekaligus melembabkan kulit, banyak orang yang beranggapan bahwa baby oil juga bisa mengatasi biang keringat.

Biang keringat terjadi karena cuaca panas dan lembab, yang membuat saluran keringat tersumbat dan menjebak keringat di jaringan bawah kulit.

Sementara, baby oil berfungsi untuk memberikan kelembapan ekstra. Sehingga, menggunakan baby oil untuk atasi biang keringat tidak tepat ya, Jovians. Baby oil akan memperparah biang keringat karena kandungan minyak yang melapisi lapisan terluar kulit.

Hal yang sama berlaku untuk jerawat. Sebaiknya, hindari penggunaan baby oil pada wajah jika kamu punya kulit berjerawat. Meski baby oil tidak menyumbat pori-pori, lapisan yang diciptakan baby oil saat dioleskan ke kulit akan menjadi sarang bakteri dan membuat jerawatmu semakin parah.

Efek samping yang dapat timbul

Umumnya, baby oil dapat digunakan dengan aman bagi seluruh usia. Namun, penggunaan produk apa pun tentunya mempunyai efek sampingnya masing-masing, termasuk baby oil. Sejumlah efek samping yang dapat timbul dari penggunaan baby oil di antaranya,

Reaksi alergi

Menurut penelitian, reaksi alergi terhadap mineral oil, yang merupakan bahan utama baby oil sangat jarang terjadi. Hanya saja, jika kamu punya kulit sensitif dan khawatir akan penggunaan baby oil, kamu bisa lakukan tes alergi kecil terlebih dahulu.

Memicu jerawat

Meski dirancang untuk tidak menyumbat pori-pori, penggunaan baby oil di wajah bisa memicu munculnya jerawat, terlebih pada orang-orang dengan tipe kulit acne prone.

Ketidakmampuan untuk mengeluarkan keringat

Ketika dioleskan ke kulit, baby oil akan membentuk lapisan pelindung untuk mempertahankan kelembapan kulit. Hanya saja, ketika cuaca sedang panas, hal ini akan membuat kulit kesulitan untuk mengeluarkan keringat. Inilah yang memicu terjadinya biang keringat.

Demikianlah manfaat baby oil untuk wajah, rambut, dan tubuh yang bisa kamu lakukan. Simak informasi seputar kesehatan kulit lainnya di sini. Dapatkan juga berbagai produk suplemen kesehatan dengan harga lebih hemat, sudah pasti terdaftar BPOM, dan gratis ongkir hanya di Jovee.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

eosinofil-tinggi

Mengenal Eosinofil dan Fungsinya Bagi Tubuh

Kesehatan Lainnya   28/06/2022
minyak-esensial

4 Tips Membeli Minyak Esensial

Kesehatan Lainnya   27/06/2022
dna-fragmentation-index

Mengenal DNA Fragmentation Index (DFI)

Kesehatan Lainnya   26/06/2022
bahaya-klorin-di-pembalut

Ketahui Bahaya Klorin pada Pembalut Wanita

Kesehatan Lainnya   25/06/2022
bahaya-lsd

Kenali Bahaya LSD, Narkotika Penyebab Halusinasi

Kesehatan Lainnya   24/06/2022