fbpx
BerandaKesehatan KulitTampak Seperti Penyakit Kulit Stretch Mark Apakah Berbahaya?

Apakah kamu pernah mendapati kulit di beberapa bagian tubuhmu yang tampak bergurat? Biasanya guratan tersebut adalah stretch mark. Untuk kamu yang mungkin baru menyadarinya, mungkin khawatir apakah penyakit kulit stretch mark itu? Apa penyebabnya dan apakah bisa hilang?

Tak perlu khawatir. Kali ini Jovee merangkum informasi selengkapnya seputar stretch mark yang penting untuk kamu ketahui, terutama untuk remaja perempuan:

Apa itu Stretch Mark?

Stretch mark adalah kondisi kulit yang terjadi saat kulit meregang atau menyusut dengan cepat. Stretch mark ditandai dengan guratan garis-garis yang melintasi kulit.

Tanda-tanda Stretch Mark

Tanda-tanda stretch mark biasanya muncul di:

  • Perut
  • Payudara
  • Lengan bagian atar
  • Paha
  • Pantat

Saat menyentuhnya dengan jari, kamu mungkin akan merasakan sedikit tonjolan atau lekukan di kulit. Pada beberapa kasus, stretch mark menimbulkan rasa gatal atau pun sakit.

Siapa yang Berisiko Memiliki Stretch Mark di Tubuhnya?

Stretch mark sangat umum dialami orang-orang di dunia. Lebih dari 90% orang di dunia ini memilikinya dan lebih banyak dialami oleh perempuan ketimbang laki-laki.

Stretch mark umumnya muncul selama atau setelah kehamilan, atau setelah perubahan berat badan yang terjadi dengan tiba-tiba atau cepat. Pada beberapa remaja yang sedang bertumbuh, stretch mark mungkin saja muncul.

Apa Penyebab Stretch Mark pada Remaja?

Stretch mark tak jarang muncul pada remaja. Terutama karena remaja sedang mengalami pertumbuhan yang pesat yang terkadang diiringi dengan kenaikan berat badan yang cukup signifikan.

Faktor lain yang menyebabkan munculnya stretch mark pada remaja, antara lain:

  • Faktor genetik atau riwayat keluarga dengan stretch mark
  • Kehamilan
  • Kelebihan berat badan atau obesitas
  • Penggunaan steroid topikal atau oral, seperti prednison

Cara Menghilangkan Stretch Mark pada Remaja

Stretch mark adalah hal yang normal dan tidak membahayakan kesehatan. Tetapi pada remaja, guratan kulit ini mungkin menimbulkan rasa minder dan tidak percaya diri. Stretch mark memang dapat mengganggu penampilan apalagi jika muncul di area-area tubuh yang terbuka.

Untuk membantu mengatasi stretch mark pada remaja, sebenarnya tidak memerlukan pengobatan atau tindakan medis khusus. Kamu dapat melakukan perawatan rumahan dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan dan relatif aman.

Bahan-bahan alami untuk menghilangkan stretch mark yang bisa kamu coba antara lain:

  • Bubuk kopi
  • Jus lemon
  • Cocoa butter
  • Minyak vitamin E
  • Glikol

Perlu diingat bahwa bahan-bahan ini mungkin tidak akan menghilangkan stretch mark pada tubuh kamu sepenuhnya. Tetapi bahan-bahan ini dapat melembapkan dan memperbaiki kondisi kulit sehingga stretch mark yang terdapat pada tubuhmu menjadi sedikit tersamarkan. Karena bahan-bahan ini relatif aman, tidak berbahaya jika kamu ingin melakukan perawatan rumahan menggunakannya.

Berapa Lama Stretch Mark Bisa Hilang?

Perlu diketahui bahwa stretch mark tidaklah bisa hilang sepenuhnya dari tubuh kita. Namun, stretch mark dapat memudar seiring berjalannya waktu. Terutama jika stretch mark di tubuh dirawat dengan baik.

Banyak krim atau lotion yang mengklaim dapat mencegah, mengurangi, atau menghilangkan stretch mark. Tetapi hanya sedikit yang terbukti berhasil mengatasinya.

Memang ada beberapa perawatan yang menghilangkan stretch mark, seperti penggunaan krim retinoid atau pun mikrodermabrasi. Namun krim retinoid tidak boleh digunakan dalam jangka waktu panjang. Sedangkan mikrodermabrasi menimbulkan rasa sakit. Semua perawatan ini tidak menjamin stretch mark hilang selamanya karena bisa saja muncul di kemudian hari.

Cushing’s Syndrome, Penyakit Kulit seperti Stretch Mark yang Perlu Diwaspadai

Stretch mark pada umumnya bukanlah penyakit yang berbahaya sehingga tidak perlu dikhawatirkan. Tetapi, kamu perlu jeli melihat jika adanya gejala-gejala penyakit lain yang menyertai kemunculan stretch mark di tubuh kamu karena bisa menjadi pertanda penyakit yang disebut dengan Cushing’s syndrome.

Cushing’s syndrome adalah penyakit langka yang terutama disebabkan karena konsumsi steroid dalam waktu yang lama. Konsumsi steroid menyebabkan tubuh memproduksi terlalu banyak kortisol. Di satu sisi, meski sangat jarang terjadi, Cushing’s syndrome juga bisa disebabkan karena tubuh seseorang yang secara alami memproduksi terlalu banyak kortisol.

Gejala Cushing’s syndrome dimulai secara tiba-tiba atau pun bertahap. Kondisi ini dapat memburuk secara perlahan jika tidak segera ditangani.

Salah satu tanda utamanya adalah penambahan berat badan dan lebih banyak lemak di tubuh, seperti peningkatan lemak di bagian dada dan perut, tetapi lengan dan kaki ramping. Tanda lain yang biasanya muncul adalah stretch mark di tubuh yang berwarna keunguan dengan guratan yang besar.

Cushing’s syndrome juga dapat menyebabkan tekanan darah tinggi yang bisa berdampak serius jika tidak diobati.

Apabila kamu mendapati gejala-gejala seperti di atas, segera konsultasikan kondisi kesehatanmu kepada dokter agar mendapatkan diagnosis dan perawatan yang tepat.

Cek artikel seputar kesehatan lainnya hanya di Jovee. Follow juga media sosial Jovee, @jovee.id di Instagram dan Tiktok untuk dapatkan promo menarik dan informasi kesehatan lainnya.

Apa Itu Jovee?

Jovee adalah pusat suplemen dan vitamin yang menawarkan produk original, lengkap, dengan harga yang murah. Kamu bisa temukan vitamin dan suplemen berdasarkan kebutuhan nutrisi tubuh dengan harga yang lebih murah dan gratis ongkir.

Setiap vitamin dan suplemen yang dijual di Jovee telah mendapatkan nomor BPOM, sehingga dijamin keaslian produknya. Jovee menawarkan pengalaman beli vitamin dan skincare yang mudah, hemat, dan gratis ongkir.

Kamu bisa membeli vitamin dan kebutuhan kesehatan melalui Jovee Official Store di Shopee, Tokopedia, dan Lazada. Nikmati belanja lebih mudah, promo lebih banyak, serta gratis ongkir hanya di Jovee Official Store melalui platform e-commerce ternama dan terbesar di Indonesia.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

hydroquinone

Mengenal Apa Itu Hydroquinone dan Efeknya Bagi Kulit

Kesehatan Kulit   27/05/2023
skincare untuk menghilangkan urat di wajah

Skincare untuk Menghilangkan Urat di Wajah

Kesehatan Kulit   26/05/2023
manfaat masker beras untuk wajah

Manfaat Masker Beras untuk Wajah, Yuk Bikin Sendiri di Rumah

Kesehatan Kulit   25/05/2023
kenapa wajah jadi kusam setelah pakai skincare

Kenapa Wajah Jadi Kusam Setelah Pakai Skincare?

Kesehatan Kulit   23/05/2023
kenapa wajah gatal saat memakai skincare

Kenapa Wajah Gatal Saat Memakai Skincare?

Kesehatan Kulit   23/05/2023