fbpx

Tanda Seseorang Kekurangan Vitamin B6 HCL

by | May 6, 2020 | Vitamin & Suplemen | 0 comments

Memperhatikan dari segi kesehatan tubuh memang sangat penting dilakukan untuk bisa memastikan bahwa Anda benar-benar memiliki tubuh yang sehat dan tidak mengalami sakit apapun. Salah satu kebutuhan yang harus diperhatikan yaitu kebutuhan akan vitamin B6 HCL yang mana untuk vitamin B6 ini menjadi vitamin yang dapat larut dalam air. Manfaat vitamin B6 untuk kesehatan adalah menghasilkan energi dari karbohidrat, lemak, dan protein.

Hal ini berarti bahwa untuk vitamin B6 ini dapat disimpan dalam jangka waktu yang lebih lama di dalam tubuh. Sementara untuk vitamin dari B6 yang ada di dalam tubuh inilah yang nantinya akan disaring ginjal dan akan dikeluarkan bersama dengan urine. Orang yang kekurangan vitamin B6 ini maka akan menunjukkan beberapa tanda yang sebaiknya diperhatikan dengan baik.

Deskripsi Obat

Suplemen vitamin ini dapat dikonsumsi oleh orang dewasa dan anak-anak. Tetapi, selalu konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi sebelum Anda mengonsumsi suplemen atau memberikan vitamin ini pada anak.

Suplemen vitamin B6 HCl bisa ditemukan dalam bentuk sirup dan tablet. Vitamin B6 bisa digunakan untuk kondisi apa saja? Dosis suplemen vitamin B6 tablet untuk kondisi anemia sideroblastik disarankan, maksimal, sebesar 400 mg per hari. Sedangkan, dosis vitamin B6 yang dianjurkan untuk morning sickness sebanyak 75 mg, 1 kali sehari.

Tanda Seseorang Kekurangan Vitamin B6 Hcl

Bibir pecah-pecah

Tanda yang paling mudah diketahui pada saat diri seseorang kekurangan vitamin B6 yaitu bibir mengalami pecah-pecah. Kondisi seperti ini tidak hanya disebabkan karena seseorang kekurangan air putih ataupun cuaca yang kering saja, akan tetapi hal ini juga menunjukkan bahwa tubuh kekurangan vitamin B6. 

Kondisi seperti ini tidak boleh dibiarkan secara terus-menerus, karena jika hal ini tidak segera ditangani, maka area bibir yang pecah-pecah akan menimbulkan luka bakar, sehingga menimbulkan infeksi. Dengan kondisi seperti ini tentu Anda tidak akan merasa nyaman sebab itu penuhi kebutuhan B6 dengan baik.

Suasana hati mudah berubah 

Manfaat vitamin b6 untuk kesehatan lainnya adalah mengatur hormon “bahagia” alias serotonin. Karenanya, vitamin B6 diyakini dapat mencegah stres. Naik dan turunnya suasana hati seseorang bisa dipengaruhi akibat kekurangan vitamin B6. Sehingga jangan menganggap bahwa suasana hati yang mudah berubah dipengaruhi oleh situasi maupun sikap orang yang ada di lingkungan sekitar.

Namun sayangnya banyak orang yang tidak mengetahui hal ini karena banyak orang yang beranggapan bahwa perubahan pada suasana hati hanya disebabkan pada lingkungan sekitar.

Penelitian juga sudah dilakukan dan hasil menunjukkan bahwa untuk vitamin B6 sangat bermanfaat bagi tubuh. Untuk mengatasi permasalahan suasana hati yang seringkali terjadi, terutama pada wanita selama masa periode PMS. Kandungan vitamin B6 inilah yang akan membantu untuk meningkatkan produksi asam gamma-aminobutyric dan serotonin di dalam otak.

Tubuh merasa cepat lelah

Selain gejala yang ada di atas, tubuh yang kekurangan vitamin B6 HCl juga bisa menunjukan gejala lain seperti tubuh akan terasa cepat lelah. Namun sayangnya ada beberapa orang yang beranggapan bahwa tubuh yang mudah lelah ini dikarenakan kurangnya jam istirahat dan jam tidur. Padahal hal ini tidak hanya alasan itu saja karena untuk ibu yang kekurangan B6 juga memiliki pengaruh terhadap tubuh yang lebih cepat lelah.

Vitamin B6 memiliki peran yang sangat penting pada proses pembentukan hemoglobin. Sementara untuk hemoglobin tersebut merupakan protein yang terdapat di dalam sel darah merah yang memiliki kegunaan dalam membantu mengantarkan oksigen menuju keseluruh tubuh. Sebab itu untuk produksi dari hemoglobin yang terlalu sedikit justru membuat sel-sel tubuh tidak bisa mendapatkan oksigen.

Terjadinya ruam pada kulit

Penyebab dari ruam pada kulit ternyata mengarah pada jenis penyakit dermatitis seboroik yang mana hal ini bisa dipicu adanya kekurangan vitamin B6. Hal ini dipertegas melalui penelitian yang dilakukan International Union of Biochemistry and Molecular Biology. Kandungan vitamin B6 inilah yang dapat membantu adanya proses penyerapan collagen supaya tampilan kulit menjadi lebih sehat.

Dalam kondisi seperti ini maka apabila seseorang kekurangan vitamin B6 maka akan menimbulkan dampak buruk adanya peradangan dalam kulit. Selain itu Anda pun juga menyadari bahwa kulit akan terlihat kering, merah dan juga disertai rasa gatal. Untuk memudahkan diri Anda dalam memenuhi kebutuhan vitamin B6, bisa menggunakan produk yang ditawarkan oleh Jovee.

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Berbagai Manfaat Vitamin B3 untuk Tubuh
Manfaat Vitamin B2 Bagi Tubuh, apa saja?
Buah Yang Mengandung Vitamin E dan C
Manfaat Jintan Hitam atau Habbatussauda, Seberapa Ampuh?
Manfaat Vitamin B1 untuk Kesehatan Tubuh
Magnesium Oxide: Fungsi dan Cara Penggunaan

Tubuh mengalami kejang 

Tubuh yang mengalami kejang tidak hanya menjadi gejala dari epilepsi saja. Akan tetapi yang kekurangan vitamin B6 juga menjadi penyebab dari tubuh mengalami kejang-kejang. Kejang-kejang pada tubuh tersebut disebabkan karena bagian saraf tidak bisa bekerja dalam mengirim ataupun menerima sinyal secara tidak optimal.

Sementara untuk kerja saraf yang terhambat pada saat mengirimkan informasi pada bagian-bagian tubuh yang mana hal ini akan menimbulkan adanya respon gerak yang ada di luar kendali, sehingga hal inilah yang memunculkan kejang pada tubuh.

Itulah sejumlah gejala dan dampak kekurangan vitamin B6. Salah satu manfaat vitamin B6 adalah melawan infeksi, dan kekurangannya dapat membuat Anda jadi rentan sakit. Orang yang mengalami kekurangan vitamin tentu saja akan menimbulkan beberapa gejala seperti tubuh yang kekurangan vitamin B6.

Melihat hal ini maka bisa dipastikan supaya Anda tidak kekurangan vitamin B6. Tujuannya yaitu agar tidak mendapatkan penyakit yang lain seperti yang sudah dijelaskan di atas. Vitamin B6 ini didapatkan dari beberapa suplemen yang bisa dibeli melalui produk Jovee atau juga melalui beberapa jenis makanan lainnya.

Untuk memenuhi kebutuhan vitamin harianmu, anda juga bisa mengunduh aplikasi Jovee. Jovee adalah aplikasi yang dapat merekomendasikan suplemen sesuai dengan kebutuhan personal. Aplikasi Jovee tersedia melalui Google Play Store maupun App Store

Referensi:

Analisis Vitamin B6 (Piridoksin) pada Sediaan Tablet Multivitamin Neurotropik Menggunakan Spektrofotometri UV-Vis | Maritha | Jurnal Farmasi Sains dan Terapan

Brands