fbpx
BerandaMakanan SehatTeh Jati Cina

Obat herbal merupakan obat tradisional yang telah digunakan turun-temurun sejak puluhan tahun yang lalu. Namun, penggunaan obat herbal belum tentu aman. Penggunaan obat herbal yang melebihi batas tentu tetap dapat menimbulkan efek samping. Anda tetap harus memperhatikan cara penggunaan obat tersebut dengan benar. 

Salah satu obat herbal yang telah banyak dikenal masyarakat adalah teh jati cina. Teh ini banyak digunakan sebagai obat untuk mengatasi kesulitan buang air besar atau sembelit. Apakah Anda sudah mengetahui mengenai teh jati cina? Mari simak artikel berikut untuk informasi lebih lanjut. 

Mengenal Teh Jati Cina 

Jati cina yang memiliki nama ilmiah Senna alexandrina, merupakan tanaman berbunga dalam kelompok tanaman kacang-kacangan. Tanaman ini merupakan tanaman yang memiliki daun, bunga, hingga buah. Tanaman jati cina merupakan tanaman yang dapat ditemui di hampir seluruh daerah tropis. 

Ekstrak dan teh yang terbuat dari tanaman jati cina telah lama digunakan dalam pengobatan herbal tradisional yang memiliki manfaat sebagai obat pencahar dan stimulan. Saat ini, tanaman jati cina paling sering dijual dalam bentuk teh atau suplemen yang dijual secara bebas. 

Apakah Manfaat Teh Jati Cina? 

Jati cina sering digunakan dalam pengobatan herbal. Manfaat yang paling umum didapatkan adalah untuk merangsang pergerakan usus dan mengurangi sembelit. Jati Cina mengandung senyawa aktif yang dikenal sebagai senna glikosida atau sennosides. Senyawa ini tidak dapat diserap oleh saluran pencernaan Anda, tetapi mereka akan dipecah oleh bakteri di dalam usus Anda. 

Ketika bakteri memecah sennosides, proses ini akan sedikit mengiritasi sel-sel di pada usus besar. Hal tersebut akan merangsang pergerakan usus sehingga menimbulkan efek pencahar. Jati cina banyak digunakan dalam obat pencahar yang dijual bebas di pasaran. Pada sebagian besar orang, jati cina dapat merangsang buang air besar dalam waktu 6 hingga 12 jam setelah dikonsumsi. 

Teh Jati Cina tidak disarankan digunakan untuk menurunkan berat badan. TIdak ada bukti ilmiah yang mendukung penggunaan teh jati cina untuk rutinitas detoksifikasi, pembersihan, maupun penurunan berat badan. 

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa lebih dari 10.000 wanita yang menggunakan obat pencahar untuk menurunkan berat badan memiliki resiko 6 kali lebih tinggi untuk mengalami gangguan perilaku makan (eating disorder).  

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, modifikasi gaya hidup adalah pilihan terbaik yang bisa Anda lakukan. 

Apakah yang perlu diperhatikan apabila akan mengkonsumsi teh ini? 

Beberapa kondisi di bawah ini membutuhkan perhatian khusus apabila akan mengkonsumsi jati cina: 

  • Ibu hamil dan menyusui. 

Belum terdapat penelitian yang cukup untuk membuktikan keamanan jati cina bagi ibu hamil dan menyusui. Jati cina mungkin aman untuk diminum dalam jangka pendek namun mungkin tidak aman bila diminum dalam janga panjang atau dalam dosis yang tinggi. 

  • Orang dengan gangguan elektrolit. 

Penggunaan jati cina pada orang dengan gangguan elektrolit dapat memperparah atau memperburuk kondisi ini. 

  • Dehidrasi atau diare. 

Jati cina tidak disarankan untuk digunakan pada orang yang sedang mengalami kondisi dehidrasi ataupun diare. Penggunaan jati cina pada kondisi ini dapat memperburuk keadaan. 

  • Orang dengan gangguan pencernaan. 

Jati cina tidak disarankan untuk digunakan pada pasien yang memiliki riwayat gangguan pada pencernaan seperti penyumbatan usus, penyakit crohn, kolitis ulseratif, radang usus buntu, radang perut, prolaps dubur, ataupun wasir (ambeien). 

Jika Anda memiliki kondisi khusus di atas namun ingin mengkonsumsi teh jati cina, konsultasikan kepada dokter terlebih dahulu agar Anda mendapatkan saran yang tepat sesuai dengan kondisi Anda.  

Adakah efek samping teh jati cina? 

Teh jati cina umumnya dianggap aman untuk kebanyakan orang dewasa dan anak-anak di atas usia 12 tahun. Meskipun demikian, teh jati cina memiliki beberapa resiko dan efek samping. 

Efek samping yang paling umum dijumpai pada penggunaan teh jati cina adalah kram perut, mual, dan diare. Namun, gejala yang muncul biasanya relatif ringan dan cenderung sembuh dengan cepat. 

Beberapa orang ada yang mengalami reaksi alergi terhadap teh jati cina ini. Jika Anda pernah memiliki riwayat alergi pada produk yang mengandung jati cina, Anda juga sebaiknya menghindari teh ini. 

Teh jati cina ditujukan untuk obat sembelit jangka pendek. Anda tidak boleh menggunakannya selama lebih dari 7 hari berturut-turut kecuali Anda menggunakannya dalam saran dan pengawasan petugas kesehatan. 

Penggunaan jangka panjang, frekuensi sering, atau penggunaan dosis tinggi dikaitkan dengan efek samping yang serius termasuk kemungkinan terjadinya ketergantungan pencahar dan kerusakan hati. Hal ini dapat terjadi karena jati cina dapat mengubah fungsi jaringan usus normal. 

Bagaimana cara penggunaan teh jati cina? 

Dosis suplemen berbasis jati cina ini adalah 15-30 mg per hari dan dapat digunakan selama tidak lebih dari 1 minggu. Namun, hingga saat ini, belum ada rekomendasi dosis teh jati cina yang jelas. 

Dosis teh jati cina sulit ditentukan dengan tepat karena konsentrasi sennosides yang ada dalam teh akan sangat bervariasi tergantung pada berapa lama teh diseduh. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mengikuti instruksi dan petunjuk penggunaan yang terdapat dalam kemasan. Jangan menggunakan lebih dari anjuran yang dituliskan di dalam kemasan. 

Apabila Anda ragu untuk mengkonsumsinya, konsultasikan kepada dokter atau petugas kesehatan. Jika Anda ingin mencoba mengonsumsi TEH JATI OTENTIK 60 GR 20’S (Rp19.000) untuk memperlancar pencernaan, Anda bisa mendapatkannya di Jovee.

Konsultasi gratis dengan dokter umum dan beli obat rutin. Download aplikasi Lifepack di Play Store dan App Store, apotek online untuk tebus resep obat. Solusi berobat bebas antri. Asli, Lengkap, Mudah.

 

Referensi: 

  1. WebMD. Senna. WebMD website. 2021 [online]
  2. Hill A. What is senna tea, and is it safe?. Healthline website. 2020 [online] 
  3. Vilanova-sanchez A, et al. Are senna based laxatives safe when used as long term treatment for constipation in children?. J Pediatr Surg. 2018;53(4):722-727. 
  4. <a href=’https://www.freepik.com/photos/coffee’>Coffee photo created by jcomp – www.freepik.com</a> 

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

Ketahui Efek Samping Daun Sirsak Sebagai Obat Herbal

Makanan Sehat   25/11/2021

Apakah Fungsi Karbohidrat Bagi Tubuh Sangat Penting?

Makanan Sehat   16/11/2021

Ekstrak Citrus Bioflavonoid

Makanan Sehat   18/10/2021

Kolagen Alami

Vitamin & Suplemen   18/10/2021

Goji Berry

Makanan Sehat   13/10/2021