fbpx
BerandaKesehatan LainnyaTelat Haid? Coba 5 Cara Agar Cepat Haid Saat Telat Ini

Telat haid sering menjadi masalah bagi banyak wanita. Meski kerap kali dikaitkan dengan tanda-tanda kehamilan, penyebab telat menstruasi tak melulu disebabkan oleh kehamilan. Lalu, bagaimana cara melancarkan haid saat telat? Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah!

cara-agar-cepat-haid-saat-telat

Penyebab haid tidak teratur

cara-agar-cepat-haid-saat-telat

Siklus haid setiap wanita berbeda-beda, namun normalnya berlangsung selama 21 hingga 35 hari. Variasi siklus haid setiap bulannya bisa berbeda, yang tergantung pada banyak hal. Namun, jika setelah lebih dari 20 hari kamu belum juga haid, ini bisa dikategorikan sebagai telat haid atau haid yang tidak teratur.

Ada beberapa penyebab telat haid, mulai dari perubahan gaya hidup hingga kondisi kesehatan. Di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Stres

Penyebab telat haid yang paling sering terjadi disebabkan oleh stres. Stres yang tinggi akan menyebabkan gangguan pada hormon yang berperan penting dalam proses haid. Gangguan pada hormon ini akan menyebabkan organ reproduksi tidak dapat melakukan proses ovulasi, sehingga haid tidak terjadi ataupun terlambat.

2. Kekurangan atau kelebihan berat badan

Perubahan drastis pada berat badan dapat mengganggu siklus haidmu. Peningkatan ataupun penurunan berat badan yang ekstrem dapat memicu ketidakseimbangan hormon, sehingga haid jadi terlambat. Studi menyatakan tingginya IMT dapat menyebabkan tidak terjadinya haid, haid yang lebih banyak dan lama, serta nyeri saat haid.

3. Olahraga berat

Saat tubuh terlalu banyak membakar kalori, tubuh jadi tidak memiliki energi yang cukup untuk menjalankan fungsinya pada masing-masing sistem. Olahraga memiliki banyak manfaat, namun studi memperlihatkan bahwa olahraga berat dan intensif mempengaruhi siklus haid. Meski begitu, masih banyak faktor lain yang juga memainkan peran penting dalam siklus haid.

4. PCOS

Sindrom ovarium polikistik (PCOS) adalah sekumpulan gejala yang disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon reproduksi. Salah satu tanda dari PCOS adalah sistem reproduksi yang tidak berovulasi secara teratur. Perempuan dengan PCOS sering memiliki kadar hormon androgen yang tinggi. Kadar androgen yang tinggi akan mengganggu ovulasi. Dengan begitu akan terjadi lebih banyak masalah dengan siklus haid yang menjadi salah satu dari banyak gejala PCOS.

5. Konsumsi Pil KB

Penyebab telat haid selanjutnya adalah penggunaan pil KB. Umumnya, pil KB dapat membantu melancarkan siklus haid. Namun, pada beberapa orang justru sebaliknya. Terutama pada periode awal penggunaan pil. Ini dikarenakan kontrasepsi hormonal dapat mempengaruhi siklus haid, diantaranya menyebabkan siklus haid yang lama ataupun menghentikan sebagian atau seluruh dari siklus haid normal.

6. Penyakit kronis

Sejumlah penyakit kronis terkadang dapat dikaitkan dengan siklus haid yang tidak teratur. Sejumlah penyakit ini di antaranya seperti diabetes dan penyakit autoimun.

Baca juga: Penyebab Wanita Telat Menstruasi

Cara agar cepat haid saat telat

cara-agar-cepat-haid-saat-telat

Sejumlah perawatan, metode pengobatan, dan perubahan gaya hidup tertentu dapat menjadi cara agar cepat haid saat telat. Tentunya, keberhasilan cara-cara ini bergantung pada kondisi tubuh dan penyebab dari haid telat.

Dilansir dari Healthline, berikut sejumlah cara agar cepat haid saat telat yang bisa kamu lakukan di rumah. Perlu diperhatikan, sebaiknya periksakan diri ke dokter untuk memastikan penyebab dari telat haid.

1. Lakukan yoga

Yoga mungkin bisa menjadi perawatan yang efektif untuk mengatasi masalah seputar menstruasi. Yoga ditemukan dapat membantu mengurangi nyeri dan perubahan emosi yang berkaitan dengan menstruasi seperti depresi dan kecemasan.

Lakukan yoga 30 sampai 40 menit sehari lima kali seminggu untuk membantu meregulasi hormon dan siklus haid. Tak hanya itu, yoga juga dapat mengurangi gejala PMS.

2. Jaga berat badan ideal

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, perubahan drastis pada berat badan dapat membuat haid terlambat. Menjaga berat badan ideal dapat merupakan salah satu cara agar cepat haid saat telat.

Kamu bisa lakukan konsultasi pada dokter atau nutrisionis untuk dapatkan saran mengenai cara mencapai berat badan ideal dan jumlah asupan nutrisi seimbang yang dibutuhkan.

3. Olahraga dengan teratur

Olahraga teratur punya banyak manfaat bagi kesehatan, termasuk sistem reproduksi. Selain membantu jaga berat badan ideal, olahraga juga direkomendasikan sebagai bagian dari perawatan PCOS.

4. Bahan-bahan alami

Bahan alami rumahan seperti jahe bisa dikonsumsi untuk melancarkan haid yang terlambat. Meski belum ada bukti ilmiah yang membuktikan manfaat jahe pada siklus haid, jahe dapat memberi manfaat yang berkaitan dengan menstruasi. Misalnya, mengurangi rasa nyeri haid, serta untuk mencegah dan mengurangi volume pendarahan yang banyak.

5. Konsumsi vitamin

Studi tahun 2018 menunjukkan Individu yang mengalami gangguan pada siklus haid ditemukan memiliki konsentrasi vitamin D yang rendah dalam darah. Selain itu, suplementasi vitamin D dosis tinggi dapat mengurangi kejadian PMS dan nyeri selama haid. Vitamin D bisa didapatkan dari sejumlah makanan dan sinar matahari. Kamu bisa coba konsumsi Nutrimax Vitamin D3 1000 IU – 60 Kapsul (Rp101.715).

Baca juga: Apakah Boleh Minum Es Saat Haid?

Demikianlah sejumlah cara agar cepat haid saat telat yang dapat kamu coba lakukan. Meski cara ini dapat membantu, sebaiknya periksakan diri ke dokter untuk mengetahui pasti penyebab dan penanganan tepat untuk telat haid yang dialami.

Cek artikel seputar kesehatan lainnya hanya di Jovee, pusat vitamin harian personalmu. Follow juga media sosial Jovee, @jovee.id di Instagram dan Tiktok untuk dapatkan promo menarik dan informasi kesehatan lainnya.

Apa Itu Jovee?

Jovee adalah pusat suplemen dan vitamin yang menawarkan produk original, lengkap, dengan harga yang murah. Kamu bisa temukan vitamin dan suplemen berdasarkan kebutuhan nutrisi tubuh dengan harga yang lebih murah dan gratis ongkir.

Setiap vitamin dan suplemen yang dijual di Jovee telah mendapatkan nomor BPOM, sehingga dijamin keaslian produknya. Jovee menawarkan pengalaman beli vitamin dan skincare yang mudah, hemat, dan gratis ongkir.

Kamu bisa membeli vitamin dan kebutuhan kesehatan melalui Jovee Official Store di Shopee, Tokopedia, dan Lazada. Nikmati belanja lebih mudah, promo lebih banyak, serta gratis ongkir hanya di Jovee Official Store melalui platform e-commerce ternama dan terbesar di Indonesia.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

pakai-koyo-saat-hamil

Bolehkah Pakai Koyo Saat Hamil?

Kesehatan Lainnya   29/08/2022
ciri-ciri-jerawat-akan-sembuh

Seperti Apa Ciri-ciri Jerawat Akan Sembuh?

Kesehatan Lainnya   26/08/2022
sakit-kepala-di-bagian-belakang

Sakit Kepala Bagian Belakang: Penyebab & Cara Mengatasi

Kesehatan Lainnya   24/08/2022
mimisan-saat-hamil

Sering Mimisan Saat Hamil? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Kesehatan Lainnya   23/08/2022
toxic-relationship-adalah

Kenali Penyebab Utama dan Cara Penularan HIV/AIDS

Kesehatan Lainnya   22/08/2022