fbpx
BerandaKesehatan KulitTerlalu Sering Mandi, Waspadai Dampaknya bagi Kulitmu

Menerapkan gaya hidup sehat, mandi rutin merupakan hal wajib untuk menjaga kebersihan tubuh. Aktivitas padat, mobilitas yang tinggi, serta cuaca dan kondisi lingkungan Indonesia juga mengharuskan kita untuk selalu mandi dua kali sehari.

terlalu-sering-mandi

Bahkan ada juga sebagian orang yang mandi lebih dari dua kali sehari, karena merasa gerah atau sehabis menjalani aktivitas luar ruangan. Namun, ternyata terlalu sering mandi punya dampak negatif bagi kulit loh, Jovians.

Alih-alih tubuh menjadi bersih, kamu malah merusak sistem mikroorganisme alami di kulit. Apa saja dampak terlalu sering mandi bagi kulit? Simak selengkapnya di bawah ini!

Dampak terlalu sering mandi bagi kulit

Kulit merupakan organ tubuh yang paling besar, dan terdiri dari berbagai lapisan untuk melindungi tubuh dan organ di dalamnya dari benda asing. Karenanya, menjaga kebersihan kulit sangatlah penting. Sejumlah manfaat mandi, menurut Medical News Today meliputi:

  • Meningkatkan imun tubuh
  • Meredakan pegal dan linu otot
  • Mengurangi pembengkakan
  • Meningkatkan aliran darah
  • Mengurangi kelelahan

Lalu, apakah mandi terlalu sering berikan manfaat yang sama? Sayangnya tidak ya, Jovians. Mandi membersihkan bakteri dan kuman di tubuh, termasuk bakteri kulit yang berperan melindungi kulit dari infeksi.

Selain itu, sabun mandi dan sampo juga cenderung membuat kulit kering, yang menghasilkan rasa kesat bahkan kekeringan usai mandi. Inilah mengapa mengaplikasikan pelembab usai mandi penting dilakukan, untuk mengembalikan kelembapan kulitmu.

Jika dilakukan terlalu sering, mandi dapat membuat kulit menjadi lebih kering atau berminyak, tergantung pada cuaca. Kulit kesat yang kamu rasakan usai mandi bukanlah pertanda tubuh telah bersih, melainkan tanda bahwa kulit terlalu kering.

Hilangnya bakteri baik dari kulit juga akan membuat turunnya sistem pertahanan tubuh untuk melawan mikroorganisme lain. Lalu, kulit yang kering juga kemudian menjadi jalan mudah bagi bakteri dan alergen untuk masuk ke kulitmu.

Namun, bukan berarti kamu tidak perlu mandi ya Jovians! Kuncinya ada pada perilaku yang tidak berlebihan. Karena, jarang mandi juga akan memicu masalah kesehatan lainnya. Minyak dan sel-sel mati yang menumpuk akan menjadi sarang bakteri untuk berkembang biak.

Selain memicu masalah kesehatan, jarang mandi juga dapat memicu masalah kulit seperti jerawat, komedo, hingga kulit kusam.

Baca juga: 7 Cara Mengatasi Kulit Kering

Cara mengatasi efek samping terlalu sering mandi

Jika kamu mandi terlalu sering, kulit akan jadi bersisik dan sangat kering. Ini juga membuat kamu jadi rentan sakit, karena hilangnya bakteri baik yang melindungi kulit dari infeksi. Lalu, bagaimana cara mengatasi efek samping terlalu sering mandi?

Sebenarnya, tidak ada aturan khusus mengenai berapa jumlah mandi dalam sehari. Semuanya kembali pada gaya hidup masing-masing, apakah kamu sering beraktivitas di luar? Atau kamu jarang melakukan aktivitas berat dan berkeringat?

Namun, jika kamu merasa kulitmu jadi kering seusai mandi, mungkin itu pertanda bahwa kamu mandi terlalu sering atau terlalu lama. Kamu bisa sesuaikan lagi jadwal mandi menjadi dua kali sehari.

Menggunakan sampo dan sabun yang lembut, dengan klaim ‘moisturizing’ juga bisa mencegah kulitmu menjadi kering seusai mandi. Sebaiknya pilih sabun dan sampo tanpa pewangi tambahan, karena zat pewangi juga turut berkontribusi dalam kulit kering dan meningkatkan risiko alergi.

Perlu diingat, tak hanya mandi terlalu sering, tetapi mandi terlalu lama juga dapat membuat kering kulitmu. Hindari penggunaan air panas saat mandi. Sebaiknya, batasi lama waktu mandi agar kelembapan kulit tetap terjaga.

Gunakan handuk kering seusai mandi. Handuk yang lembab menjadi tempat berkembangnya bakteri, sehingga menjemur handuk usai digunakan sangat penting ya, Jovians.

Terakhir, jangan lupa gunakan body lotion dan pelembap untuk mengembalikan kelembapan kulitmu. Pilih pelembab tubuh sesuai dengan jenis kulit, agar tidak menimbulkan masalah kulit baru. Kamu bisa gunakan Scarlett Body Lotion Original untuk kembalikan kelembapan alami kulitmu.

Itulah penjelasan mengenai dampak dari terlalu sering mandi bagi kulit. Terapkan hidup sehat, lakukan perawatan tubuh dengan tidak berlebihan. Cek artikel seputar kesehatan lainnya hanya di Jovee, pusat vitamin harian personalmu. Follow juga media sosial Jovee, @jovee.id di Instagram dan Tiktok untuk dapatkan promo menarik dan informasi kesehatan lainnya.

Apa Itu Jovee?

Jovee adalah pusat suplemen dan vitamin yang menawarkan produk original, lengkap, dengan harga yang murah. Kamu bisa temukan vitamin dan suplemen berdasarkan kebutuhan nutrisi tubuh dengan harga yang lebih murah dan gratis ongkir.

Setiap vitamin dan suplemen yang dijual di Jovee telah mendapatkan nomor BPOM, sehingga dijamin keaslian produknya. Jovee menawarkan pengalaman beli vitamin dan skincare yang mudah, hemat, dan gratis ongkir.

Kamu bisa membeli vitamin dan kebutuhan kesehatan melalui Jovee Official Store di Shopee, Tokopedia, dan Lazada. Nikmati belanja lebih mudah, promo lebih banyak, serta gratis ongkir hanya di Jovee Official Store melalui platform e-commerce ternama dan terbesar di Indonesia.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

panthenol-untuk-wajah

Mengenal 5 Manfaat Panthenol untuk Kulit Wajah

Kesehatan Kulit   07/10/2022
wajah-cerah

7 Tips untuk Dapatkan Kulit Wajah Cerah Alami

Kesehatan Kulit   06/10/2022
contoh-makanan-vegetarian

7 Contoh Makanan Vegetarian untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Makanan Sehat   04/10/2022
jus-buah-untuk-kesehatan-kulit-wajah

5 Jus Buah untuk Kesehatan Kulit Wajah

Kesehatan Kulit   30/09/2022
kacang-kacangan-yang-bagus-untuk-kesehatan-kulit

Tak Bikin Jerawat, Ini 5 Jenis Kacang yang Baik bagi Kulitmu

Kesehatan Kulit   29/09/2022