fbpx
BerandaGaya Hidup SehatTingkatkan Kesuburan Pria dengan 6 Makanan Ini

Kehamilan mungkin menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh sebagian pasangan yang sudah menikah. Peluang terjadinya kehamilan ini bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor, baik dari kondisi tubuh ataupun lingkungan. Tidak hanya wanita, kesuburan pria juga salah satu kunci apabila Anda sedang merencanakan kehamilan.

Tingkatkan Kesuburan Pria dengan 5 Makanan Ini

3 hal yang mempengaruhi kesuburan pria

Berbeda dengan wanita, kesuburan pria dapat diukur melalui kesehatan spermanya. Kualitas sperma dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu jumlah, pergerakan, dan strukturnya. Idealnya, sperma dikatakan sehat dan mampu membuahi sel telur jika jumlah yang dikeluarkan mencapai 15 juta sel sperma per mililiter dalam sekali ejakulasi.

Agar bisa mencapai dan membuahi sel telur, sperma harus mampu berenang dengan gesit melewati leher rahim, rahim, dan tuba falopi wanita. Sebanyak 40% dari seluruh sperma yang dikeluarkan harus memiliki kemampuan gerak yang baik supaya terjadi pembuahan.

Bentuk sperma yang normal, dengan kepala oval dan ekor panjang, akan menunjang kemampuan geraknya menuju sel telur. Peluang terjadinya pembuahan akan meningkat jika seorang pria memiliki setidaknya 50% sperma berbentuk normal.

Makanan yang dapat menurunkan kualitas sperma

Bagi pasangan suami istri yang sedang merencanakan kehamilan, salah satu hal yang harus diperhatikan adalah kesehatan sperma. Kemungkinan pembuahan terjadi akan makin tinggi jika sperma yang dikeluarkan juga berkualitas. Ada banyak faktor yang berperan dalam kesehatan sperma, termasuk asupan makanan.

Gaya hidup dan pola makan sehat bisa mempengaruhi kualitas sperma yang dihasilkan seorang pria. Makanan tinggi lemak dapat menurunkan jumlah sperma. Sedangkan makanan yang mengandung gula tinggi dapat mengarah pada diabetes yang berakibat buruk bagi ereksi dan kesehatan sperma.

Lalu makanan apalagi yang bisa berdampak buruk bagi kualitas sperma? Di bawah ini merupakan makanan yang dapat menurunkan kualitas sperma, yaitu:

  • Kacang kedelai. Kacang ini mengandung hormon estrogen dan konsumsi dalam jumlah banyak bisa menurunkan fungsi sperma.
  • Alkohol. Konsumsi minuman alkohol tidak baik untuk kesuburan.
  • Minuman berkarbonasi. Pria yang terlalu sering mengonsumsi soda dapat mempengaruhi kuantitas dan melemahkan pergerakan sperma.
  • Produk daging olahan. Daging olahan, seperti sosis, bisa menurunkan jumlah sperma yang dikeluarkan.
  • Produk olahan susu. Konsumsi susu dan keju yang berlebihan dapat berpengaruh pada kuantitas, pergerakan, hingga struktur sperma.

Ragam makanan yang meningkatkan kesuburan pria

Untuk meningkatkan kualitas sperma, seorang pria perlu mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang terutama yang kaya akan antioksidan, vitamin C, D, B12, zinc, selenium, likopen, omega 3, dan coenzyme q10. Nutrisi-nutrisi tersebut bisa didapatkan dari makanan sehat untuk kesuburan pria berikut ini.

  • Buah-buahan dan sayuran, terutama yang kaya antioksidan seperti bluberi, stroberi, kol merah, dark chocolate, pisang, bayam, wortel, tomat, semangka, atau brokoli merupakan makanan yang baik untuk kesuburan pria. Kandungan vitamin dan mineral dalam sayur serta buah bisa mencegah kerusakan sperma dan meningkatkan pergerakannya.
  • Walnut. Kacang kenari mengandung asam lemak omega 3 yang dipercaya mampu melancarkan peredaran darah ke alat kelamin dan meningkatkan vitalitas sperma.
  • Ikan. Daging ini juga mengandung omega 3 dan diyakini bisa meningkatkan pergerakan sperma.
  • Bawang putih. Kandungan allicin dan mineral selenium pada bawang melindungi sperma dari kerusakan dan meningkatkan kualitasnya.
  • Gandum utuh. Kandungan zinc di dalamnya berperan dalam meningkatkan jumlah dan kualitas sperma. Selain gandum, zinc juga bisa diperoleh dari kepiting, kerang tiram, lobster, daging merah dan ayam, kacang-kacangan, serta biji-bijian.
  • Cokelat hitam. Termasuk dalam makanan aphrosidiac, cokelat hitam merupakan makanan yang bagus untuk kesuburan pria. Kandungan L-arginine di dalamnya dapat meningkatkan orgasme sekaligus meningkatkan jumlah sperma.

Selain asupan makanan bernutrisi, seorang pria juga harus menerapkan gaya hidup sehat. Hal ini bisa dilakukan dengan menghindari stres, mengurangi konsumsi rokok, dan olahraga teratur sehingga bisa membantu meningkatkan kualitas sperma serta menjaga kesehatan secara keseluruhan. NATUREPLUS ULTRA VIRILE ACTIN TABLET – Suplemen Stamina Pria atau Vitamin Seksual Pria (Rp900.000) mengandung herbal yang dikenal untuk mendukung kesehatan pria.

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tiap harinya, Anda juga dapat mengonsumsi suplemen dan vitamin dari Jovee. Jovee adalah aplikasi yang dapat merekomendasikan suplemen sesuai dengan kebutuhan personal. Aplikasi Jovee tersedia melalui Google Play Store maupun App Store. Jika Anda memiliki penyakit atau alergi tertentu, jangan lupa untuk konsultasikan dengan dokter.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

manfaat minum air putih banyak untuk wajah

Manfaat Minum Air Putih Banyak Untuk Wajah

Gaya Hidup Sehat   23/11/2023
bekam untuk wanita

Manfaat Bekam untuk Wanita, Tertarik Mencoba?

Gaya Hidup Sehat   20/10/2023
kenapa badan terasa lemas

Kenapa Badan Terasa Lemas Sepanjang Hari?

Gaya Hidup Sehat   03/10/2023
shampoo conditioner

Rekomendasi Shampoo Conditioner untuk Rambut Halus dan Lembut

Gaya Hidup Sehat   08/08/2023
udara pagi yang bagus jam berapa

Udara Pagi yang Bagus Jam Berapa Ya?

Gaya Hidup Sehat   29/07/2023