fbpx
BerandaVitamin & SuplemenTips Memilih Suplemen Asam Folat yang Bagus bagi Ibu Hamil

Seorang ibu hamil diwajibkan untuk menjaga asupan nutrisi setiap hari. Salah satunya asam folat yang sangat dibutuhkan selama masa kehamilan. Akan tetapi, kebutuhan zat tersebut tidak akan cukup jika hanya mengandalkan makanan yang dikonsumsi.

asam-folat-ibu-hamil

Maka, solusi alternatif yang bisa Anda lakukan dengan mengonsumsi suplemen asam folat. Ada berbagai jenis produk suplemen asam folat yang bisa Anda pilih. Namun, sebelumnya kami berikan tips terkait aspek-aspek penting apa saja yang perlu Anda perhatikan ketika memilih suplemen asam folat.

Pilih Suplemen Berdasarkan Kandungannya

Hal pertama dan utama yang perlu Anda perhatikan ketika memilih produk suplemen asam folat adalah komposisi yang dikandungnya. Pasalnya, nutrisi dalam suplemen sangat memengaruhi tumbuh kembang kecil. Selengkapnya, simak penjabarannya berikut.

Baca juga: Folat dan Asam Folat, Bukan Hanya untuk Ibu Hamil

Pilih Produk dengan Kandungan 400 mikrogram Asam Folat Sintetis

Menurut pendapat para tenaga kesehatan, kebutuhan asam folat tiap hari yang masih bisa dicerna tubuh minimal 400 mikrogram atau 0.4 mg. Nutrisi tersebut bisa Anda peroleh dari asam folat alami, sintetis, atau ekstrak asam folat berupa ragi. Akan tetapi, tubuh hanya bisa menyerap setengah dari nutrisi asam folat tersebut. Oleh karena itu, supaya kebutuhan asam folat tubuh terpenuhi, konsumsilah makanan yang mengandung asam folat dan suplemen asam folat untuk melengkapinya.

Menurut dr. Irma Lidia, tim dokter Jovee, “Suplemen asam folat sangat penting untuk kehamilan, dianjurkan untuk mengkonsumsi sebelum (masa promil) dan selama kehamilan untuk mencegah cacat lahir pada otak dan sumsum tulang belakang bayi.”

Pilih Suplemen dengan Nutrisi Lain, misalnya Vitamin B12 dan Vitamin C

Meskipun asam folat sangat penting bagi ibu hamil, sebaiknya pilih suplemen dengan asupan nutrisi lain, misalnya vitamin B12 dan vitamin C. Adanya vitamin B12 berguna untuk membantu DNA dan sel darah merah, sementara vitamin C untuk mengaktifkan asam folat yang terserap tubuh. Nutrisi lain yang tidak kalah penting yaitu vitamin B6 untuk membantu meredakan rasa mual ketika pagi hari. Begitupula kandungan kalsium dan zat besi yang baik bagi ibu hamil. Anda dapat memperoleh asam folat beserta dengan nutrisi lain pada Vitamin Folamil Genio (Rp159.600) yang juga mengandung vitamin B1, B2,B12, D3, K1, biotin, kalsium, dan nutrisi lainnya.

Periksa Adakah Komposisi Zat Tambahan di dalamnya?

Ada beberapa produk suplemen vitamin asam folat untuk ibu hamil yang ditambahkan zat aditif. Akan tetapi, demi keamanan ibu hamil dan calon bayinya, sebaiknya pilih suplemen tanpa tambahan zat aditif. Misalnya, zat pewangi, zat pewarna, pemanis buatan, dan lainnya. Ada pula produk suplemen yang mencantumkan keterangan non aditif, namun faktanya ada beberapa bahan yang tidak diperlukan tubuh didalamnya.

Nah, untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya cari tahu komposisi apa saja yang terdapat pada suatu produk suplemen dengan membaca pada kemasan atau website-nya. Benarkah tidak ada bahan yang tidak perlu atau sebaliknya.

Biar Lebih Aman, Pilih Produk Suplemen yang Tergolong Functional Food

Daripada bingung dengan adanya zat tambahan atau tidak pada suatu produk, lebih baik carilah suplemen yang sudah tergolong nutritional functional food. Pasalnya, suplemen ini sudah dipercaya memiliki formula kandungan dan asupan nutrisi yang jelas. Formula kandungan tersebut bersertifikasi dengan bahan yang sesuai standar peraturan pemerintah. Selain itu, jumlah asupan harian dan peraturan pemakaiannya telah disesuaikan dengan standar.

Jika diperhatikan, ada beberapa suplemen asam folat dengan kandungan setengah dari standar asupan yang ditetapkan. Sebaliknya, ada juga kandungan asam folat yang tidak sesuai antara label kemasan dengan jumlah sebenarnya (Baca juga Buah-Buahan yang Mengandung Asam Folat)

Masalahnya, produk suplemen asam folat di Indonesia yang tergolong pangan fungsional bernutrisi masih belum ditemukan. Jadi, pandai-pandai dalam memilih suplemen yang tepat ya!

asam-folat-ibu-hamil

Pilih Produk Suplemen yang Sudah Tersertifikasi oleh GMP atau CPMB

Untuk urusan perkembangan calon bayi, aspek keamanan dan kualitas sistem kontrol yang baik adalah hal yang penting. Nah, untuk memastikan hal tersebut, pilihlah produk suplemen yang bersertifikat GMP atau CPMB. Kedua standar tersebut telah ditetapkan oleh pemerintah terkait konsistensi kualitas produk dilihat dari aspek material, proses pembuatan, dan pengirimannya.

Permasalahannya, produk suplemen tidak wajib lolos kedua uji tersebut. Meski demikian, tetap ada produsen yang telah mengajukan produk supaya bersertifikat GMP atau CPMB. Untuk Indonesia sendiri, Anda dapat memilih produk suplemen yang sudah lolos sertifikat BPOM untuk memastikan produk tersebut juga halal. Oleh karena itu, lebih aman pilih suplemen yang telah tersertifikasi tersebut ya!

Pastikan untuk Konsumsi Suplemen secara Rutin

Suplemen asam folat ini harus dikonsumsi secara rutin, mulai dari sebelum hamil, selama masa kehamilan, hingga menyusui. Jadi, aspek lain yang perlu dipertimbangkan adalah soal harga. Tidak perlu membeli suplemen yang mahal karena nutrisi dan material di dalamnya yang paling penting.

Suplemen dengan Rasa, Aroma, dan Ukuran yang Pas akan Lebih Menyenangkan untuk Diminum

Tidak dipungkiri, ibu hamil sering mengalami mual pada pagi hari. Oleh karena itu, suplemen dengan rasa, ukuran, dan aroma yang pas bisa jadi pertimbangan untuk dikonsumsi. Pilihlah suplemen dengan rasa dan aroma yang tidak memicu rasa mual. Begitupula soal ukuran yang mudah untuk ditelan. Jika masih belum tahu pilihan suplemen yang tepat, bisa coba-coba dulu dengan memanfaatkan promo diskon yang ada.

Satu lagi, jika Anda membeli suplemen asam folat secara online, pilih penjual yang membantu aspek privacy Anda. Misalnya, mengemas sedemikian rupa supaya tidak terlihat bahwa di dalamnya adalah suplemen asam folat.

Dapatkan suplemen asam folat terbaik hanya dari Jovee. Untuk mengetahui rekomendasi vitamin harianmu, anda juga bisa mengunduh aplikasi Jovee. Jovee adalah aplikasi yang dapat merekomendasikan suplemen sesuai dengan kebutuhan personal. Aplikasi Jovee tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

vitamin-untuk-paru-paru

4 Vitamin untuk Memelihara Kesehatan Paru-paru

Vitamin & Suplemen   28/11/2022
vitamin-untuk-anak-telat-bicara

5 Jenis Vitamin untuk Anak Telat Bicara

Vitamin & Suplemen   27/09/2022
vitamin-untuk-anak-terlambat-jalan

4 Rekomendasi Vitamin untuk Anak Terlambat Jalan

Vitamin & Suplemen   23/09/2022
vitamin-untuk-anak-yang-sering-batuk-pilek

7 Vitamin untuk Anak yang Sering Batuk Pilek

Vitamin & Suplemen   12/09/2022
vitamin-untuk-anak-yang-susah-buang-air-besar

Bantu Atasi Sembelit, Ini 3 Vitamin untuk Anak yang Susah BAB

Vitamin & Suplemen   07/09/2022