fbpx
BerandaGaya Hidup SehatTips Meningkatkan Imunitas di Era Adaptasi Kebiasaan Baru

Pandemi Covid 19 telah berjalan sejak bulan Maret 2020 dan membuat perubahan segala sisi kehidupan manusia. Menjaga imunitas adalah suatu keharusan saat pandemi untuk menghindari dan menurunkan tingkat penyebaran Covid-19. Inilah beberapa tips meningkatkan imunitas dari tim Sehatpedia.

Tips Meningkatkan Imunitas di Era Adaptasi Kebiasaan Baru

Berbagai modifikasi lingkungan dan juga cara kerja dilakukan guna menghambat transmisi penularan Covid 19, mulai dari cara konvensional hingga pemanfaatan teknologi paling mutakhir. Perubahan situasi dan kondisi yang sangat cepat di segala bidang menuntut seluruh manusia untuk dapat beradaptasi dengan kebiasaan baru dalam berkegiatan.

Namun sayang, tidak semua orang sanggup menyesuaikan diri dengan tuntutan kecepatan bertransformasi, sehingga banyak timbul permasalahan baru seperti peningkatan angka kejadian stress, peningkatan penyalahgunaan NAPZA (Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif Lainnya), dan berbagai gangguan kesehatan lainnya yang dapat memicu penurunan imunitas.

Padahal di satu sisi, untuk menghindari risiko penularan Covid 19 diperlukan imunitas yang baik, sehingga diperlukan berbagai upaya untuk meningkatkan imunitas.

Tips Menjaga Imunitas

Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan untuk meningkatkan imunitas :

1. Mengelola stress

Stress dapat mempengaruhi imunitas, karena stress menyebabkan perubahan banyak hormon di dalam tubuh manusia. Pengendalian stress dapat dilakukan dengan berbagai seperti, selalu berpikiran positif, usahakan untuk menyelesaikan masalah secepat mungkin, hadapi segala permasalahan dengan pikiran tenang, batasi menonton atau mendengarkan berita-berita menyedihkan terutama tentang Covid 19, luangkan waktu untuk relaksasi, tingkatkan hubugan yang baik dengan anggota keluarga dan saling memberikan dukungan. Hal paling penting yang tidak boleh dilewatkan adalah meningkatkan ibadah sesuai dengan agama dan keyakinan yang dianut.

2. Mengatur pola makan

Pola makan yang tidak benar justru akan menurunkan imunitas. Terapkan pola makan tiga kali sehari makan besar dan dua kali makanan selingan. Upayakan pemenuhan gizi seimbang dalam setiap porsi makan besar, yaitu setengah piring sayur dan buah, seperempat piring karbohidrat, dan seperempat piring protein. Lengkapi dengan segelas susu setiap hari. Usahakan makan pada jam yang sama setiap hari.

Pilihlah buah untuk makanan selingan karena buah mengandung banyak vitamin yang diperlukan tubuh untuk membentuk imunitas. Untuk menambah asupan vitamin, disarankan menambah konsumsi vitamin C seperti Holisticare Ester-C 1000 – 30 Tablet – Vitamin C (Rp119.351). Kamu juga dapat mengkonsumsi vitamin D dan E setiap hari.

3. Olahraga

Olahraga penting untuk meningkatkan kebugaran. Semua jenis olahraga direkomendasikan untuk meningkatkan kebugaran, idealnya gabungan antara kardio dan latihan beban. Olahraga yang aman adalah yang mampu dilakukan sesuai dengan kemampuan fisik seseorang, terukur, dan dilaksanakan secara teratur.

Lakukan olah raga secara rutin dengan durasi 150 menit per minggu untuk latihan kardio dan 2 – 3 kali per minggu untuk latihan beban. Olahraga dapat dilakukan outdoor maupun indoor, jika memilih olahraga indoor, pastikan ventilasi udara di dalam ruangan baik. Sebaiknya hindari olahraga berkelompok untuk mencegah risiko penularan.

4. Istirahat cukup

Adanya work from home dan juga school from home, membuat jadwal kegiatan menjadi tidak menentu dan menuntut untuk selalu di depan komputer. Radiasi yang dipancarkan dari monitor komputer dan posisi statis dalam waktu lama dapat menyebabkan kelelahan.

Untuk mencegah timbulnya kelelahan, maka upayakan untuk relaksasi selama 10 menit setiap 2 jam berada di depan komputer, upayakan posisi duduk ergonomis, dan gunakan alat bantu untuk menghindari posisi janggal. Buat jadwal penyelesaian tugas sehingga dapat menghindari kerja lembur dan begadang. Upayakan tidur setidaknya 5 – 6 jam per hari pada jam yang sama.

5. Hindari penggunaan alkohol, rokok, narkotika, dan obat-obat terlarang

Penggunaan alkohol, rokok, narkotika, dan obat-obatan terlarang bagi sebagian orang merupakan salah satu upaya untuk menghindar dari masalah. Alkohol, rokok, narkotika, dan obat- obatan mengganggu sistem imun tubuh akibat gangguan yang ditimbulkan pada susunan saraf pusat.

6. Kendalikan penyakit penyerta

Beberapa penyakit penyerta seperti penyakit jantung, hipertensi, penyakit paru, dan diabetes meningkatkan kerentanan seseorang terhadap infeksi Covid 19. Pengendalian beberapa penyakit penyerta tersebut sangat penting untuk menurunkan risiko penularan.

Lakukan kontrol secara teratur sesuai jadwal yang telah ditentukan, baik melalui daring maupun luring. Minum obat yang telah diresepkan dokter secara teratur dan kendalikan faktor risiko. Jalankan pola hidup sehat. Jika sewaktu-waktu mengalami kekambuhan maka segera berobat ke fasilitas kesehatan, jangan pernah menunda untuk berobat karena dapat memperburuk keadaan.

7. Jalankan protokol kesehatan

Selalu gunakan masker ketika berada di luar rumah. Gunakan masker medis saat sakit. Jalankan etika batuk ketika batuk. Selalu cuci tangan baik dengan sabun dan air mengalir selama 20 detik atau dengan menggunakan hand sanitizer. Hindari kerumunan dan selalu jaga jarak minimal 1.5 meter dengan orang lain. Lakukan desinfeksi ruangan, tempat kerja, dan peralatan yang digunakan secara berkala.

8. Vaksinasi

Fungsi dari vaksin adalah untuk memicu respon imun tubuh terhadap suatu penyakit. Pemerintah saat ini tengah berupaya keras untuk menemukan vaksin Covid 19 yang sesuai dengan strain di Indonesia melalui beberapa tahapan uji klinis. Jika nantinya telah mendapatkan ijin edar dari Badan POM, maka jangan ragu untuk melakukan vaksinasi sebagai upaya untuk meningkatkan imunitas tubuh. Pemberian vaksinasi akan membentuk herd immunity yang sejati.

Tidak ada yang tahu kapan pandemi ini akan berakhir, sehingga sangat penting untuk meningkatkan imunitas tubuh agar terhindar dari risiko penularan Covid 19. Sistem imun yang baik dapat membantu tubuh menangkal berbagai penyakit, termasuk Covid 19. Mari putus rantai penularan Covid 19 dengan menjalankan pola hidup bersih dan sehat.

Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee. Untuk mengetahui rekomendasi vitamin harian, Anda bisa juga mengunduh aplikasi Jovee. Jovee adalah aplikasi yang dapat merekomendasikan suplemen sesuai dengan kebutuhan personal Anda. Aplikasi Jovee tersedia melalui Google Play Store maupun App Store

Ditulis oleh: : Dr. Dyah Purwaning Rahayu, MM, SpOk (Spesialis Kedokteran Okupasi, RSKO Jakarta)

 

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

gejala-kanker-ovarium

Kanker Ovarium: Pahami Gejala dan Penyebabnya

Gaya Hidup Sehat   23/11/2022
infeksi-superbug

Infeksi Superbug: Bakteri Super yang Kebal Antibiotik

Gaya Hidup Sehat   16/11/2022
dampak-resistensi-antibiotik

Dampak Resistensi Antibiotik: Penyebab, Gejala, Cara Mencegah

Gaya Hidup Sehat   15/11/2022
manfaat-deep-talk

Perkuat Hubungan, Ini 5 Manfaat Deep Talk

Gaya Hidup Sehat   08/11/2022
manfaat-meditasi-pernapasan

Kurangi Stres, Kenali Beragam Manfaat Meditasi Pernapasan

Gaya Hidup Sehat   07/11/2022