fbpx
BerandaKesehatan KulitTips Menjaga Kulit Saat Berpuasa

Sebentar lagi kita akan menyambut bulan Ramadan, bulan yang dinanti-nantikan oleh seluruh umat Muslim di seluruh dunia. Di bulan Ramadan, seperti yang kita ketahui, kita akan menjalankan puasa selama kurang lebih 13 jam jika tinggal di Indonesia. Waktu puasa akan lebih panjang jika di negara lain.

Dengan menahan hawa nafsu, terutama untuk makan dan minum, ternyata berpuasa memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh. Sebagian orang juga merasakan manfaat berpuasa yang baik untuk kesehatan kulitnya. Namun, masih banyak orang yang merasa justru kesehatan kulitnya terganggu selama berpuasa.

Faktanya, saat berpuasa justru sel-sel kulit kita punya waktu untuk beregenerasi lho. Supaya bisa mendapatkan manfaatnya, penting untuk mengetahui cara menjaga kesehatan kulit saat puasa.

Berikut ini Jovee punya beberapa tips menjaga kulit saat puasa yang dapat kamu lakukan di bulan Ramadan.

Menjaga Hidrasi Tubuh

Meski harus menahan haus selama belasan jam, jangan sampai tubuh kamu tidak terhidrasi dengan baik ya. Minum cukup air sangat bermanfaat untuk kulit di bulan puasa.

Minumlah setidaknya delapan gelas air antara buka puasa dan sahur. Hindari minum minuman berkarbonasi atau minuman yang mengandung gula tinggi seperti soda dan jus. Kamu juga perlu menghindari minum minuman yang mengandung kafein, seperti kopi dan teh, karena dapat menyebabkan dehidrasi.

Jika kamu tidak suka minum air putih, kamu bisa membuat infused water dengan memasukkan potongan buah-buahan ke dalam wadah berisi air putih. Infused water dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengeluarkan racun, membuat kamu tetap terhidrasi, serta bebas kalori.

Memenuhi kebutuhan cairan tubuh adalah cara mudah menjaga kesehatan kulit saat puasa.

Hindari Terlalu Sering Mencuci Wajah

Selama bulan Ramadan, kulit berisiko mengalami dehidrasi karena berpuasa belasan jam lamanya. Hal ini dapat diperparah jika kamu terlalu sering mencuci wajah.

Memang mencuci wajah di siang hari di bulan Ramadan dapat memberikan kesegaran. Tetapi untuk mencegah risiko dehidrasi kulit, kamu dapat menggantinya dengan menyemprotkan face mist. Simpan face mist di lemari es untuk kesejukan ekstra.

Jangan Lupa Menggunakan Sunscreen

Di siang hari di bulan Ramadan, kulitmu perlu mendapatkan perlindungan dari sinar matahari yang kuat. Gunakan sunscreen di siang hari, minimal yang mengandung SPF 30. Ulangi penggunaan sunscreen jika kamu berada di luar ruangan selama lebih dari tiga jam.

Konsumsi Makanan Sehat

Setelah berpuasa hampir seharian, terkadang muncul rasa ingin membalas rasa haus dan lapar dengan menyantap makanan yang lezat. Apalagi di bulan puasa banyak orang menyajikan makanan yang bersantan, gorengan, hingga minuman-minuman yang manis.

Meskipun begitu, bijaklah dalam mengonsumsi makanan selama bulan puasa ya. Jika kamu ingin memiliki kulit yang tampak cerah dan sehat meski sedang berpuasa, tingkatkan asupan makanan yang mengandung antioksidan tinggi saat berbuka puasa dan sahur. Makanlah makanan yang kaya serat dan antioksidan, seperti sayur-sayuran hijau, buah-buahan berry, kacang-kacangan, dark chocolate, atau buah delima. Selain memberi rasa kenyang yang lebih lama, makanan-makanan ini adalah sumber vitamin dan mineral yang dibutuhkan kulit setelah seharian berpuasa.

Tetap Jalankan Rutinitas Perawatan Kkulit

Sekalipun berpuasa, jangan melewatkan rutinitas perawatan kulit seperti biasanya ya. Gunakan masker wajah satu hingga dua kali seminggu. Selain itu, pastikan melakukan eksfoliasi secara teratur minimal satu kali seminggu. Eksfoliasi secara rutin membantu membersihkan pori-pori yang tersumbat dan kulit terasa lebih halus serta glowing.

Jangan Lupa Melembapkan Bibir

Terakhir, saat berpuasa mungkin kamu mendapati bibirmu terasa lebih kering dari biasanya. Hal ini wajar, mengingat selama belasan jam kamu tidak mengonsumsi cairan apapun.

Untuk mengatasinya, gunakan lip balm yang mengandung beeswax, cocoa butter, dan minyak kelapa murni. Semua bahan ini dapat membantu mengunci kelembapan pada bibir, mencegahnya pecah-pecah dan mengering.

Itulah beberapa tips mudah menjaga kesehatan kulit saat puasa yang dapat kamu ikuti. Semoga tips menjaga kesehatan kulit saat puasa ini dapat bermanfaat untuk kamu ya!

Cek artikel seputar kesehatan lainnya hanya di Jovee. Follow juga media sosial Jovee, @jovee.id di Instagram dan Tiktok untuk dapatkan promo menarik dan informasi kesehatan lainnya.

Apa Itu Jovee?

Jovee adalah pusat suplemen dan vitamin yang menawarkan produk original, lengkap, dengan harga yang murah. Kamu bisa temukan vitamin dan suplemen berdasarkan kebutuhan nutrisi tubuh dengan harga yang lebih murah dan gratis ongkir.

Setiap vitamin dan suplemen yang dijual di Jovee telah mendapatkan nomor BPOM, sehingga dijamin keaslian produknya. Jovee menawarkan pengalaman beli vitamin dan skincare yang mudah, hemat, dan gratis ongkir.

Kamu bisa membeli vitamin dan kebutuhan kesehatan melalui Jovee Official Store di Shopee, Tokopedia, dan Lazada. Nikmati belanja lebih mudah, promo lebih banyak, serta gratis ongkir hanya di Jovee Official Store melalui platform e-commerce ternama dan terbesar di Indonesia.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

hydroquinone

Mengenal Apa Itu Hydroquinone dan Efeknya Bagi Kulit

Kesehatan Kulit   27/05/2023
skincare untuk menghilangkan urat di wajah

Skincare untuk Menghilangkan Urat di Wajah

Kesehatan Kulit   26/05/2023
manfaat masker beras untuk wajah

Manfaat Masker Beras untuk Wajah, Yuk Bikin Sendiri di Rumah

Kesehatan Kulit   25/05/2023
kenapa wajah jadi kusam setelah pakai skincare

Kenapa Wajah Jadi Kusam Setelah Pakai Skincare?

Kesehatan Kulit   23/05/2023
kenapa wajah gatal saat memakai skincare

Kenapa Wajah Gatal Saat Memakai Skincare?

Kesehatan Kulit   23/05/2023