fbpx
BerandaGaya Hidup Sehat4 Tips Merawat Pasien HIV untuk Mencegah Penularan

Jadi caregiver (orang yang merawat) pasien HIV, sebenarnya kamu tak perlu cemas untuk tertular karena potensinya yang sangat kecil dan jarang terjadi. Meski begitu, menerapkan pencegahan penularan tetap perlu dilakukan untuk meminimalisir risiko. Ini sejumlah tips merawat pasien HIV di rumah yang perlu kamu perhatikan.

tips-merawat-hiv

Mengenal HIV dan Pengobatannya

Sebelum mengetahui tips merawat HIV, kenali terlebih dahulu mengenai cara penularan dan faktor risiko terpapar virus HIV. HIV merupakan penyakit mematikan, yang menyerang sistem imun akibat infeksi virus HIV (human immunodeficiency virus). Jika penangangan tidak segera dilakukan, maka HIV akan berkembang menjadi AIDS yang merupakan tahap akhir dari perkembangan virus. Pada tahap ini, berbagai gejala serius akan mulai bermunculan.

Penularan HIV sendiri yakni melalui cairan tubuh, yakni darah, cairan vagina, dan air mani. Seorang ibu juga dapat menularkan HIV pada bayi yang dilahirkan melalui persalinan dan menyusui.

Saat ini, belum ditemukan obat untuk menyembuhkan HIV. Pengobatan yang dilakukan hanya bertujuan untuk menekan perkembangan virus agar tidak menyerang lebih banyak sel darah putih dan menyebabkan sakit.

Maka dari itu, pencegahan dengan melakukan seks aman dan menghindari narkoba penting dilakukan untuk turunkan risiko penularan.

Baca juga: Kenali Penyebab Utama dan Cara Penularan HIV/AIDS

Tips Merawat Pasien HIV

Karena tidak ditularkan lewat droplets atau udara, merawat pasien HIV sebenarnya punya risiko yang kecil untuk tertular dari interaksi biasa. Hanya saja, karena punya daya tahan tubuh lemah pasien HIV jadi rentan terserang penyakit. Mulai dari bapil, sakit tenggorokan, hingga penyakit lainnya.

Maka dari itu, sebagai caregiver kamu juga perlu menjaga diri dan melakukan tindakan preventif agar tak ikut terserang virus penyakit. Ini sejumlah tips merawat pasien HIV yang bisa kamu lakukan agar kesehatan tetap terjaga.

1. Jaga kesehatan dengan penuhi asupan nutrisi

Meski cara merawat pasien HIV punya risiko penularan yang kecil, kamu tetap perlu melindungi diri dari virus dengan memenuhi asupan makanan yang sehat dan seimbang.

Istirahat yang cukup, minum cukup air putih dan perbanyak gerak tubuh. Dengan begitu, daya tahan tubuh akan lebih kuat dari virus penyakit. Pasalnya, pasien HIV/AIDS dapat mengalami infeksi oportunistik sehingga membawa virus penyakit lain.

Begitupun bagi kamu seorang caregiver, kamu harus bisa menjaga kesehatan untuk menghindari diri menjadi sumber penyakit bagi pasien HIV/AIDS. Jaga imunitas, bila perlu konsumsi vitamin daya tahan tubuh seperti Blackmores Multivitamin & Mineral (Rp118.569).

2. Bersihkan cairan tubuh dan gunakan kantong sampah khusus

Tidak semua cairan tubuh dapat menularkan virus HIV. Air ludah, keringat, feses tidak dapat menularkan HIV. Namun, kamu tetap perlu berhati-hati karena luka terbuka dapat menjadi pintu masuk virus ke tubuh, terlebih lagi jika pasien telah mengalami AIDS yang jumlah virus di dalamnya sangat tinggi.

Pastikan untuk membersihkan seluruh cairan tubuh dari pasien pada permukaan benda dengan disinfektan alkohol. Selain itu, gunakan juga kantong khusus untuk membuang benda-benda yang terpapar darah atau cairan kelamin penderita. Jangan lupa, gunakan sarung tangan latex saat membersihkan cairan tubuh dari pasien. Dengan cara merawat HIV ini, kamu dapat mengurangi risiko penularan virus.

3. Cuci tangan sebelum dan setelah membersihkan cairan tubuh pasien

Sebelum menggunakan sarung tangan untuk membersihkan cairan tubuh pasien HIV, jangan lupa untuk mencuci tangan terlebih dahulu. Begitu juga setelah melepas sarung tangan. Cuci tangan merupakan cara terbaik untuk membasmi virus, bakteri, kuman, dan kotoran dari tangan. Gunakan air mengalir, sabun, dan cuci tangan selama kurang lebih 40 detik untuk memastikan kotoran dan virus telah hilang dengan sempurna.

4. Jangan berbagi penggunaan barang pribadi

Jangan berbagi penggunaan handuk, sikat gigi, alat cukur, dan alat pribadi lainnya. Luka terbuka dan cairan mani atau vagina dapat menularkan virus HIV. Selain itu, berbagi penggunaan barang pribadi juga bisa tingkatkan risiko penularan penyakit lain, seperti infeksi jamur.

Kamu juga perlu berhati-hati pada penggunaan jarum suntik saat pasien sedang menyuntikkan obat HIV. Jika tidak sengaja terkena jarum, risiko penularan jadi sangat tinggi. Pastikan untuk selalu gunakan sarung tangan lateks saat membuang atau memegang benda tajam dari pasien, serta berhati-hati saat menggunakan jarum suntik.

Itulah sejumlah tips merawat pasien HIV yang bisa kamu lakukan untuk cegah penularan virus. Cek artikel seputar kesehatan lainnya hanya di Jovee, pusat vitamin harian personalmu. Follow juga media sosial Jovee, @jovee.id di Instagram dan Tiktok untuk dapatkan promo menarik dan informasi kesehatan lainnya.

Apa Itu Jovee?

Jovee adalah pusat suplemen dan vitamin yang menawarkan produk original, lengkap, dengan harga yang murah. Kamu bisa temukan vitamin dan suplemen berdasarkan kebutuhan nutrisi tubuh dengan harga yang lebih murah dan gratis ongkir.

Setiap vitamin dan suplemen yang dijual di Jovee telah mendapatkan nomor BPOM, sehingga dijamin keaslian produknya. Jovee menawarkan pengalaman beli vitamin dan skincare yang mudah, hemat, dan gratis ongkir.

Kamu bisa membeli vitamin dan kebutuhan kesehatan melalui Jovee Official Store di Shopee, Tokopedia, dan Lazada. Nikmati belanja lebih mudah, promo lebih banyak, serta gratis ongkir hanya di Jovee Official Store melalui platform e-commerce ternama dan terbesar di Indonesia.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

hari-lanjut-usia-internasional

Peringati Hari Lanjut Usia Internasional, Ini 5 Tips Merawat Lansia

Gaya Hidup Sehat   01/10/2022
dampak-friends-with-benefit

Waspadai Risikonya, Apa Dampak dari Friends with Benefits (FWB)?

Gaya Hidup Sehat   08/09/2022
jantung-koroner

Jantung Koroner: Pembunuh Nomor 1, Kenali Penyebab & Cara Mencegah

Gaya Hidup Sehat   01/09/2022
manfaat-self-talk

Manfaat Positive Self Talk bagi Kesehatan Mental

Gaya Hidup Sehat   22/07/2022
cabin-fever-adalah

Mengenal Cabin Fever dan Cara Mengatasinya

Gaya Hidup Sehat   18/07/2022